4 Ganda Putra Indonesia Saling Sikut di Babak Awal All England 2022

Empat pasangan ganda putra harus saling kalahkan sejak awal

Jakarta, IDN Times - Hasil undian All England 2022 untuk sektor ganda putra terbilang kurang menguntungkan bagi wakil Indonesia. Empat dari enam pasangan Merah Putih akan berhadapan di babak pertama.

Kepastian itu didapat usai Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) merilis hasil undian All England 2022 pada Selasa (22/2/2022). Walhasil, Dua pasangan yang jadi wakil tanah air dipastikan gugur, karena harus menjalani "perang saudara" di babak awal.

Turnamen bulu tangkis BWF Super 1000 ini dijadwalkan digelar di Utilita Arena, Birmingham, Inggris pada 16-20 Maret 2022. Termasuk enam ganda putra, tak kurang dari 15 wakil Indonesia akan ambil bagian dalam ajang turnamen bulu tangkis tertua itu.

1. Drawing babak pertama All England 2022 untuk ganda putra Indonesia

4 Ganda Putra Indonesia Saling Sikut di Babak Awal All England 2022Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di Kejuaraan Beregu Asia (BATC) 2022 (Dok.PBSI)

Duel satu negara harus dilalui pasangan ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melawan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Hal itu tak lepas dari peringkat kedua pasangan ini yang berbeda cukup jauh.

Fajar/Rian yang berada di peringkat sembilan dunia masuk pool atas. Sementara, Leo/Daniel berada di pool bawah dalam undian, karena masih bercokol di peringkat 29 dunia.

Tak hanya itu, dua pasangan ganda putra Indonesia lainnya juga terpaksa saling sikut di babak awal All England tahun ini. Yeremia Yacob Rambitan/Pramudya Kusumawardana yang berada di peringkat 21 dunia, ditantang koleganya M Shohibul Fikri/Bagas Maulana yang ada di posisi 28 dunia

Baca Juga: Yuk Intip Hasil Undian Wakil Indonesia di All England 2022

2. Resiko kirim banyak pasangan

4 Ganda Putra Indonesia Saling Sikut di Babak Awal All England 2022Kepala pelatih ganda putra Indonesia, Herry IP (Dok.PBSI)

Hasil undian yang lebih baik didapatkan dua pasangan ganda putra Indonesia yang kini jadi unggul di All England 2022. Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, yang notabene jadi unggulan pertama, bakal bentrok dengan pasangan non unggulan wakil Korea Selatan, Choi Sol Gyu/Seo Seung Jae.

Sementara, pasangan gaek, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan bakal ditantang pasangan ganda putra asal India, M R Arjun/Dhruv Kapila. Keduanya diprediksi bisa melaju mulus ke fase selanjutnya di All England nanti. 

Kepala Pelatih Ganda Putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi pun menanggapi hasil drawing yang tak menguntungkan itu. Dia menilai, kondisi ini merupakan risiko dari banyaknya wakil yang dikirim.

Dia pun memastikan jika hasil undian yang tak menguntungkan ini menjadi proses yang dialami semua negara.

"Ganda putra sekarang ada enam pasangan di All England. Risikonya akan bertemu sendiri, tapi kan tidak semua. Namun, proses itu harus kita lewati, karena peringkat tiga pasangan yaitu Pramudya/Yeremia, Leo/Daniel dan Bagas/Fikri masih berada di 20-an. Jadi peluang bertemu sendirinya besar," kata Herry dalam keterangan tertulis PBSI. 

3. Herry IP pastikan pemain tak terpengaruh hasil drawing

4 Ganda Putra Indonesia Saling Sikut di Babak Awal All England 2022Kepala pelatih ganda putra Indonesia, Herry IP (Dok.PBSI)

Herry pun memastikan anak asuhnya tidak terpengaruh dengan hasil undian tersebut. Yang jadi fokus para pemain ganda putra adalah melakukan persiapan matang jelang keberangkatan ke Eropa yang semakin dekat.

"Untuk persiapan sudah bagus. Bagi yang tidak ikut Kejuaraan Asia Beregu kemarin latihannya sudah kontinu. Tinggal mematangkan pola main dan jaga kondisi terutama untuk Fajar/Rian yang akan main ke Jerman Terbuka dahulu. Target ganda putra di All England itu ke final dulu, nanti di final kan apa pun bisa terjadi," kata Herry.

 

Hasil undian ganda putra Indonesia di ajang All England 2022

Fajar Alfian/ Muhammad Rian Ardianto (INA) vs Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (INA).

Yeremia Yacob Rambitan/Pramudya Kusumawardana (INA) vs M Shohibul Fikri/Bagas Maulana (INA).

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon (INA) vs Choi Sol-gyu/Seo Seung-jae (KOR)

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (INA) vs M R Arjun/Dhruv Kapila (IND)

Baca Juga: Gregoria Punya Motivasi Berlipat di All England Usai Juara BATC

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya