4 Pasangan Serba Pertama di Kejuaraan Asia 2023

Termasuk Ariyani/Fadia

Jakarta, IDN Times - Sebanyak empat ganda Indonesia akan mencicipi atmosfer Kejuaraan Asia 2023 sebagai pasangan untuk pertama kalinya. Berlaga di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Al Nasr Club, Dubai, Uni Emirat Arab, keempatnya berharap bisa menciptakan kejutan.

Menariknya, dua dari empat ganda yang menjalani turnamen pertama terbesar Asia ini, baru saja dipasangkan setahun lalu. Siapa saja mereka?

1. Apriyani/Fadia

4 Pasangan Serba Pertama di Kejuaraan Asia 2023Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di babak final Singapore Open 2022 (dok. PP PBSI)

Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Silva Ramadhanti sebenarnya sudah sempat main di Kejuaraan Asia. Namun, edisi 2023 menjadi yang pertama buat keduanya sebagai pasangan.

Baru dipasangkan pada 2022 lalu, Apriyani/Fadia justru datang ke Kejuaraan Asia dengan status unggulan. Mereka merupakan unggulan kelima di turnamen ini

Namun, ujian berat sudah dihadapi oleh keduanya di babak pertama. Mereka harus menghadapi ganda Thailand, Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard. Ini akan jadi kali kedua Apriyani/Fadia bersua dengan Aimsaard bersaudara.

Keduanya terakhir kali bertemu di penyisihan grup Kejuaraan Beregu Campuran Asia 2023. Kala itu, Apriyani/Fadia menang dalam rubber game, 18-21, 21-16, 21-14.

Baca Juga: Jadwal Tim Indonesia di Kejuaraan Asia Hari Ini: Ujian Dejan/Gloria

2. Leo/Daniel

4 Pasangan Serba Pertama di Kejuaraan Asia 2023Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (pbsi.id)

Ganda putra muda Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, akhirnya menjalani debut di Kejuaraan Asia 2023. Pada edisi 2022 lalu, keduanya belum masuk dalam skuad karena belum di luar empat besar nasional.

Sialnya, pada debut kali ini, Leo/Daniel langsung menghadapi lawan tangguh. Mereka harus bentrok dengan unggulan kedua asal Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Ini akan jadi pertemuan keenam Leo/Daniel dengan peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 tersebut. Kedua pasangan terakhir bersua di All England 2023 yang dimenangkan Leo/Daniel dengan skor 21-18, 14-21, 21-13.

3. Lanny/Ribka

4 Pasangan Serba Pertama di Kejuaraan Asia 2023Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto di BWF Super 100 Indonesia Masters 2022 (dok.PP PBSI)

Ribka Sugiarto juga sudah sempat mencicipi panasnya persaingan di Kejuaraan Asia. Sama seperti Apriyani/Fadia, Ribka harus start dari nol di turnamen ini karena memiliki pasangan baru, Lanny Tria Mayasari.

Pada putaran pertama Kejuaraan Asia 2023, Lanny/Ribka akan berduel dengan pasangan India, Treesa Jolly/Gayatri Gopichand Pullela. Ini menjadi pertemuan kedua bagi mereka setelah bentrok di Bahrain International Challenge 2022.

4. Dejan/Gloria

4 Pasangan Serba Pertama di Kejuaraan Asia 2023Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja di Australia Open 2022 (dok. PP PBSI)

Bagi Gloria Emanuelle Widjaja, Kejuaraan Asia 2023 bukan yang pertama. Namun, bagi pasangan mainnya, Dejan Ferdinansyah, ini merupakan turnamen pertamanya.

Dejan/Gloria akan tampil pertama kali sebagai pasangan di Kejuaraan Asia 2023. Pada putaran pertama, pasangan non-pelatnas binaan PB Djarum ini akan berjumpa dengan unggulan keenam asal China, Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping.

Baca Juga: Ujian Perdana Indra Wijaya: Kejuaraan Asia 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya