8 Cabor SEA Games 2023 yang Dikuasai Indonesia

Indonesia juara umum di delapan cabor SEA Games 2023

Jakarta, IDN Times - Indonesia berhasil mencatatkan torehan baru di SEA Games 2023 dalam kurun waktu satu dasawarsa terakhir. Sebanyak 87 emas diraih Indonesia sepanjang SEA Games tahun ini, jadi salah satu yang tertinggi sejak 2013 silam.

Jika ditotal, Indonesia meraih 276 medali sepanjang SEA Games 2023. Torehan 87 emas Indonesia di SEA Games 2023 dilengkapi oleh 80 perak dan 109 keping perunggu. Pun, Indonesia juga mampu menguasai sejumlah cabang olahraga di SEA Games 2023.

Ada sekitar delapan cabor yang dikuasai Indonesia dengan status juara umum. Apa saja?

1. Pencak silat

8 Cabor SEA Games 2023 yang Dikuasai IndonesiaAtlet pencak silat Indonesia, Safira Dwi Meilani (instagram.com/safiradwimeilani)

Pencak Silat sudah pasti dikuasai Pasukan Merah Putih. Sepanjang turnamen multievent di Kamboja itu, Indonesia meraih 16 medali dari semua kelas dan nomor yang diikuti.

Sebanyak delapan emas direbut Indonesia, dilengkapi tujuh perak dan satu perunggu. Medali emas dipersembahkan oleh nomor regu artistik putra, tanding kelas A (45kg-50kg) putra, tanding kelas B (50kg-55kg) putra, tanding kelas E (65kg-70kg) putram tanding kelas F (70kg-75kg) putra, artistik tunggal putri, tanding kelas C 955kg-60kg) putri, dan tanding kelas D (60kg-65kg) putri.

Baca Juga: Indonesia Kuasai Bulu Tangkis SEA Games 2023

2. Wushu

8 Cabor SEA Games 2023 yang Dikuasai IndonesiaBintang Reindra Nada Guitara sambil menggigit medali emas saat naik podium juara di Sea Games Kamboja. (IDN Times/Dok Humas Unnes)

Wushu juga dikuasai oleh Indonesia dengan torehan 14 keping medali. Skuad Indonesia mengantongi enam emas, enam perak, dan dua perunggu di cabor ini sepanjang SEA Games 2023.

Kejutan muncul dari nomor sanda dengan meraih empat emas. Padahal, Indonesia biasanya keteteran di nomor ini.

Jika dirunut, emas dari wushu dipersembahkan oleh Edgar Xavier Marvelo (changquan putra), Muhammad Daffa Golden Boy (jianshu dan qiangshu putra), Laksamana Pandu Pratama (sanda 52kg putra), Bintang Reindra Nada Guitara (sanda 56kg putra), Rosa Beatrice Malau (sanda 45kg putri), dan Tharisa Dea Florentina (sanda 52kg putri).

3. Bulu tangkis

8 Cabor SEA Games 2023 yang Dikuasai IndonesiaTim beregu putra Indonesia meraih medali emas dari SEA Games 2023 (dok. PP PBSI)

Skuad bulu tangkis Indonesia juga keluar sebagai juara umum. Sebanyak 11 medali diamankan tim Indonesia dengan rincian lima emas, tiga perak, dan tiga perunggu.

Capaian ini melampaui target yang ditetapkan yaitu empat emas. Medali emas di cabor ini datang dari nomor beregu putra, tunggal putra, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Baca Juga: Indonesia Kuasai Pencak Silat SEA Games 2023

4. Angkat besi

8 Cabor SEA Games 2023 yang Dikuasai IndonesiaEko Yuli Irawan. (Instagram/ekopower61)

Tim angkat besi Indonesia juga keluar sebagai yang terbaik di SEA Games 2023. Sebanyak 11 medali diamankan tim Indonesia yang terdiri dari lima emas, dua perak, dan empat perunggu.

Sederet rekor juga dipecahkan oleh para lifter Indonesia. Lifter senior, Eko Yuli Irawan, pun sukses memecahkan rekor di SEA Games. Dia berhasil mencetak rekor baru di clean and jerk dengan angkatan 170 kilogram. Catatannya unggul satu kilogram atas lifter Vietnam, Thach Kim Tuan.

5. Tenis

8 Cabor SEA Games 2023 yang Dikuasai IndonesiaAldila Sutjiadi (ANTARA FOTO/INASGOC/M N Kanwa)

Tenis Indonesia tampaknya mulai menunjukkan momen kebangkitan. Buktinya, di SEA Games 2023, Tim tenis Indonesia berhasil menjadi juara umum.

Total, sembilan medali dikumpulkan tim tenis Indonesia yang terdiri dari empat emas, dua perak, dan tiga perunggu. Empat medali emas dipersembahkan dari sektor tunggal putra, ganda campuran, tunggal putri, dan beregu putri.

6. Balap sepeda

8 Cabor SEA Games 2023 yang Dikuasai IndonesiaAtlet balap sepeda Indonesia meraih medali emas dari ajang SEA Games 2023 (dok. PB ISSI/Nick Hanoatubun)

Balap sepeda Indonesia pun ikut keluar sebagai juara umum dengan total capaian delapan medali. Sebanyak lima medali emas, dua medali perak, dan satu medali perunggu dibawa pulang tim Indonesia ke Tanah Air.

Sebanyak medali emas Indonesia datang dari nomor men's mountain bike cross-country olympic, men's road criterium, mixed mountain bike cross-country relay, women's mountain bike cross-country olympic, dan women's mountain bike eliminate.

Pada dasarnya, Indonesia bisa menguasai mountain bike cross-country olympic putra dan putri, karena tiga besar diisi para pembalap nasional. Namun, karena aturan aneh SEA Games, salah satu pembalap Indonesia harus rela turun ke posisi empat dan medali perunggu diberikan ke negara lain.

Baca Juga: Balap Sepeda dan Wushu Sumbang Medali Emas di SEA Games 2023

7. E-Sports

8 Cabor SEA Games 2023 yang Dikuasai IndonesiaTim Indonesia melakukan protes karena merasa dicurangi di final cabor E-Sports SEA Games 2023 (instagram.com/esports_id)

Sebanyak lima medali diamankan tim e-Sports Indonesia dari SEA Games 2023. Tiga medali emas dan dua perak membawa skuad Garuda keluar sebagai juara umum e-Sports di SEA Games 2023.

Medali emas dipersembahkan oleh nomor Mobile Legends: Bang Bang (Mobile) Women's Event, PUBG Mobile Mixed Team Event, dan Valorant (PC) Mixed Team Event.

8.Voli

8 Cabor SEA Games 2023 yang Dikuasai IndonesiaTimnas Voli Indonesia putra raih medali emas di SEA Games 2019. (Instagram/@diozulfikri).

Berbekal empat medali, tim voli Indonesia keluar sebagai yang terbaik di SEA Games 2023. Dua keping emas, satu perak, dan satu perunggu diraih skuad Garuda.

Medali emas disabet tim voli pantai putra dan tim indoor putra. Medali perak diraih tim voli pantai putri sedangkan perunggu diamankan tim indoor putri.

Baca Juga: Tim Tenis Indonesia Diguyur Bonus Usai Jadi Juara Umum SEA Games 2023

Baca Juga: Daftar Juara Umum SEA Games dari 1959-2021, Lengkap

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya