Anthony Ginting Tembus 3 Besar Dunia Geser Jonatan Christie

Capaian tertinggi Ginting sepanjang karier

Jakarta, IDN Times - Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, berhasil menembus posisi tiga besar dunia versi BWF pekan ini. Ginting melakukannya setelah menggeser posisi rekan sepelatnasnya, Jonatan Christie.

Dengan begitu, Ginting akhirnya kembali merasakan manisnya duduk di tiga besar dunia. Ya, sebelumnya, Ginting pernah mencicipi posisi ini, namun sudah begitu lama.

1. Imbas lolos perempat final Malaysia Open 2023

Anthony Ginting Tembus 3 Besar Dunia Geser Jonatan ChristieAnthony Sinisuka Ginting di laga pertama penyisihan grup B BWF World Tour Finals 2022 (dok. PP PBSI)

Ginting duduk di posisi tiga besar usai mengoleksi 76.299 poin dari 17 turnamen. Karena tembus perempat final Malaysia Open 2023 pekan lalu, Ginting berhak atas posisi tersebut.

Kini, pria kelahiran Cimahi itu ada di belakang tunggal Malaysia, Lee Zii Jia, yang mengoleksi 76.588 poin dari 15 turnamen. Tapi, Ginting dan Lee tertinggal jauh dari tunggal Denmark, Viktor Axelsen. Dia memang tak terbendung karena mengoleksi 114.006 poin hanya dari 14 turnamen.

2. Geser posisi Jonatan Christie

Anthony Ginting Tembus 3 Besar Dunia Geser Jonatan ChristieAnthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie akan jalani perang saudara di semifinal BWF World Tour Finals 2022 (dok. PP PBSI)

Dengan begitu, Ginting menggeser posisi rekan sepelatnasnya, Jonatan Christie. Jonatan menempati ranking tiga dunia hanya dalam tempo dua pekan.

Jojo mengoleksi 75.812 poin dari 18 turnamen yang diikuti dan kini ada di peringkat empat dunia.

3. Bukan kali pertama tempati ranking tiga dunia

Anthony Ginting Tembus 3 Besar Dunia Geser Jonatan ChristieAnthony Sinisuka Ginting di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022 (Dok. PP PBSI)

Sebenarnya, ini bukan kali pertama Ginting duduk di posisi tiga besar dunia. Dia pernah merasakannya pada 18 Februari 2020 silam.

Bukan tak mungkin peringkat Ginting naik lagi. Sebab, dia masih berjuang di India Open 2023. Kalau Ginting melaju jauh dan Lee terjungkal, bukan tak mungkin posisi kedua direbutnya.

Baca Juga: Selamat dari Lubang Jarum, Ginting Lolos ke 16 Besar India Open

Baca Juga: 6 Lawan Berat Indonesia di Hari Kedua India Open 2023, Waspada!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya