Bawa Perak di Kejuaraan Dunia 2022, Hendra/Ahsan Minta Maaf

Kekalahan pertama Hendra/Ahsan di Kejuaraan Dunia

Jakarta, IDN Times - Ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, harus puas membawa pulang medali perak di ajang Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022. Mereka gagal jadi juara usai kalah di final melawan pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik 19-21, 4-21 pada Minggu (28/8/2022).

Gagal memberikan hasil maksimal dalam ajang yang digelar Tokyo Metropolitan Gymnasium, Jepang, Hendra/Ahsan pun meminta maaf dan berterima kasih kepada masyarakat Indonesia.

"Kami juga meminta maaf kepada semua masyarakat Indonesia karena belum bisa membawa medali emas," kata Ahsan dalam keterangan tertulis.

1. Puja-puji Hendra/Ahsan untuk Chia/Soh

Bawa Perak di Kejuaraan Dunia 2022, Hendra/Ahsan Minta MaafPodium ganda putra di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 (Dok.PP PBSI)

Hendra/Ahsan tetap bersyukur walau hanya jadi runner-up di ajang ini. The Daddies pun mengucapkan terima kasih untuk semua dukungan yang mereka dapatkan selama ini.

Mereka menilai, Chia/Soh memberikan kesulitan dalam laga final. Terlebih, pasangan Malaysia tersebut mengubah pola permainan di tengah pertandingan.

"Kami akui mereka bermain sangat rapat dan tidak banyak mati sendiri," kata Hendra.

Baca Juga: Chia/Soh Bekuk Hendra/Ahsan, Malaysia Ukir Sejarah

2. Kekalahan pertama Hendra/Ahsan di Kejuaraan Dunia

Bawa Perak di Kejuaraan Dunia 2022, Hendra/Ahsan Minta MaafPodium ganda putra di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 (Dok.PP PBSI)

Kekalahan ini jadi kekalahan pertama Hendra/Ahsan selama empat kali keikutsertaannya mentas di Kejuaraan Dunia. Tiga edisi sebelumnya, The Daddies selalu keluar sebagai juara (2013, 2015, 2019).

Walau rekor 100 persen kemenangan terhenti, Hendra/Ahsan tidak mau ambil pusing. Mereka pun mulai fokus untuk mentas di ajang internasional yang akan datang.

"Kami tidak memikirkan statistik. Tidak masalah rekor 100 persen itu terhenti. Kami mau fokus untuk coba lagi di Japan pekan depan," kata Ahsan.

3. Indonesia punya 2 medali dari ganda putra

Bawa Perak di Kejuaraan Dunia 2022, Hendra/Ahsan Minta MaafPodium ganda putra di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 (Dok.PP PBSI)

Selain medali perak dari Hendra/Ahsan, ganda putra Indonesia juga membawa pulang medali perunggu dari pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Langkah pasangan ini terhenti di semifinal saat melawan Hendra/Ahsan, 21-23, 21-12, 16-21.

Capaian Fajar/Rian sama dengan kala keduanya turun bertanding di Kejuaraan Dunia 2019 lalu.

Baca Juga: 5 Deretan Rekor Ahsan/Hendra di Kejuaraan Dunia BWF, Jadi Runner-up

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya