Berkah Asian Games, Pariwisata Diprediksi Kecipratan Rp 3,6 Triliun

150 ribu wisatawan asing ditargetkan datang ke Indonesia

Jakarta, IDN Times - Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus - 2 September mendatang tak hanya akan berdampak positif pada dunia olahraga tanah air, tapi juga bagi dunia pariwisata.

Sebab jutaan orang dari seluruh Asia akan datang ke Indonesia saat Asian Games 2018 digelar. Ini, tentu saja, menjadi berkah buat dunia pariwisata.

1. Ditargetkan menyedot 150 ribu penonton asing

Berkah Asian Games, Pariwisata Diprediksi Kecipratan Rp 3,6 Triliuninstagram.com/asiangames2018

Menteri Pariwisata Arief Yahya menargetkan hajatan olahraga terbesar di Asia ini akan menyedot tak kurang dari 150 ribu penonton atau wisatawan asing. Arief menduga mereka datang ke Indonesia tidak hanya untuk mendukung negaranya, tapi sekaligus juga untuk berwisata.

2. Sebanyak 30 ribu wisatawan asing diprediksi membeli paket wisata

Berkah Asian Games, Pariwisata Diprediksi Kecipratan Rp 3,6 TriliunANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Arief melanjutkan, dari 150 ribu wisatawan asing tersebut, sebanyak 20 persen atau 30 ribu di antaranya akan membeli paket wisata. Selebihnya akan membeli paket wisata secara go show. Mereka yang membeli secara go show karena tak yakin negaranya akan melaju ke babak tertentu di Asian Games 2018.

3. Wisatawan terbanyak dari China, Singapura, Malaysia

Berkah Asian Games, Pariwisata Diprediksi Kecipratan Rp 3,6 Triliunmineski.net

Menteri Arief juga menyebutkan, saat Asian Games 2018 digelar, wisatawan terbanyak kemungkinan akan mengalir dari China, Singapura, dan Malaysia. Ketiganya selama ini memang menjadi target utama wisata Indonesia.

4. Total pengeluaran peserta dan wisatawan diprediksi tembus Rp 3,6 triliun

Berkah Asian Games, Pariwisata Diprediksi Kecipratan Rp 3,6 Triliun

Total pengeluaran 150 ribu wisatawan yang ditargetkan akan berlibur di Indonesia selama Asian Games berlangsung tersebut diperkirakan mencapai Rp 3,6 triliun!

Nah, untuk menampung duit tersebut, Menteri Arief mengatakan pihaknya telah menyiapkan 75 paket wisata yang bisa dipilih wisatawan asing.

5. Berkah Asian Games 2018 tak hanya dirasakan Jakarta dan Palembang

Berkah Asian Games, Pariwisata Diprediksi Kecipratan Rp 3,6 TriliunANTARA FOTO/Feny Selly

Dari 75 paket wisata tersebut, terdapat beberapa paket destinasi unggulan, seperti Jawa Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Yogyakarta, Banyuwangi dan tentu saja Bali. Sehingga berkah Asian Games kali ini tak hanya akan dirasakan oleh Jakarta dan Palembang saja.

Baca Juga: Asian Games 2018: Aries Susanti, Spider Woman Indonesia!

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya