DKI Jakarta dan Jawa Timur Berbagi Medali Emas di PON Papua

Jakarta dan Jawa Timur dapat emas dalam kategori berbeda

Jakarta, IDN Times - Tim DKI Jakarta dan Jawa Timur berbagi medali emas di cabang olahraga renang perairan terbuka nomor 5 kilometer putra dan putri dalam PON XX Papua 2021 dalam laga di Teluk Yos Sudarso, Jayapura, Senin (4/2021). Medali emas yang diraih Jakarta dan Jawa Timur berasal dari kategori berbeda.

Pada nomor renang putra, medali emas diraih oleh wakil Jakarta. Sedangkan Jawa Timur meraih medali emas.

1. Drama di nomor putra

DKI Jakarta dan Jawa Timur Berbagi Medali Emas di PON PapuaPodium renang perairan terbuka nomor lomba 5 kilometer putra dan putri pada PON XX Papua (Dok.PB PON XX)

Medali emas Jakarta disumbangkan oleh perenang Ernest Fabian. Ernest sukses meraih emas dengan catatan waktu satu jam tiga menit 48 detik. Pesaingnya asal Jawa Timur, Nanda Wahyu Jendro, terbilang rapat jaraknya dengan Ernest.

Sebab, Nanda meraih perak dengan catatan waktu satu jam tiga menit 54 detik, artinya cuma beda enam detik saja dari Ernest. Sementara, perenang Jawa Barat, Rashief Amila Yaqien, berhak atas medali perunggu dengan catatan satu jam tiga menit 55 detik. Ya, beda sedetik saja dari Nanda.

Baca Juga: PON XX Papua: Disambut Prokes Ketat Sejak Mendarat di Jayapura

2. Jatim bawa pulang emas di nomor putri

DKI Jakarta dan Jawa Timur Berbagi Medali Emas di PON PapuaPodium renang perairan terbuka nomor lomba 5 kilometer putra dan putri pada PON XX Papua (Dok.PB PON XX)

Di nomor pertandingan putri, Jawa Timur bawa pulang medali emas lewat perwakilannya, Ressa Kania Dewi. Medali emas disabet Ressa dengan catatan waktu satu jam enam menit empat detik.

Kania meninggalkan jauh pesaing terdekatnya, Raina Saumi Grahana. Raina cuma mencatatkan waktu satu jam 10 menit dan 12 detik.

Sementara, medali perunggu direbut Valerie Peulini Yuwono asal DI Yogyakarta dengan waktu satu jam 13 menit dan 21 detik.

3. Demi emas PON, Fabian lakukan persiapan tiga bulan

DKI Jakarta dan Jawa Timur Berbagi Medali Emas di PON PapuaMedali PON XX Papua 2021. Dok. PB PON

Bawa pulang medali emas, Ernest mengaku menyiapkan diri selama tiga bulan bersama klubnya, Millenium Akuatik. Buat Ernest, pertandingan di PON Papua terbilang cukup berat.

Arus kencang menjadi tantangan buatnya. Sehingga, tenaga yang lebih besar harus dikeluarkan Ernest. 

"Cukup berat PON kali ini, karena tadi arusnya besar. Saya berenang sekuat tenaga untuk bisa finis karena jarak dengan perenang kedua dan ketiga sangat dekat," Ernest.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya