Duo Minions Comeback di Piala Sudirman 2023

PBSI bawa tiga ganda putra ke Piala Sudirman

Jakarta, IDN Times - Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PBSI) memutuskan untuk membawa tiga ganda putra untuk berlaga di Piala Sudirman 2023 yang akan berlangsung pada 14-21 Mei 2023 mendatang di Suzhou Olympic Sports Centre, Suzhou, China.

Memang cukup pas-pasan jumlahnya. Tapi, itu sudah masuk akal karena dua ganda putra lainnya, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, akan turun di SEA Games 2023, Myanmar.

"Ganda putra tiga (pasangan). Kan yang SEA Games ada Bagas/Fikri dan Pram/Yere. Sisanya di Piala Sudirman," ujar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) , Rionny Mainaky  ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta, Rabu (12/4/2023).

Baca Juga: Menerka Pendamping Rinov/Pitha di Piala Sudirman 2023

1. Minions is back!

Duo Minions Comeback di Piala Sudirman 2023Kabid Binpres PP PBSI, Rionny Mainaky (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Dengan Bagas/Fikri dan Pramudya/Yeremia yang absen, praktis PBSI cuma punya empat pasangan tersisa untuk main di Piala Sudirman 2023. Mereka adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardinato, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Namun, Hendra/Ahsan sebelumnya sudah memutuskan tidak akan ikut turun bertanding di Piala Sudirman 2023. Dengan kondisi ini, hampir dipastikan Fajar/Rian, Leo/Daniel, dan Kevin/Marcus yang masuk skuad Piala Sudirman 2023. "Iya, mereka sisanya," ujar Rionny mengonfirmasi.

2. Tak pusing meski stok pas

Duo Minions Comeback di Piala Sudirman 2023Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 (dok. PP PBSI)

Meski bawa stok yang minim di sektor ganda putra ke Piala Sudirman 2023, Rionny tak gusar. Sebaliknya, Rionny beranggapan strategi untuk skuad ganda putra justru lebih maksimal di Piala Sudirman 2023 mendatang.

Sebab, bagi Rionny, kekuatan tiga pasangan yang berpeluang dibawa ke China ini terbilang rata. Fajar/Rian kini menduduki tahta ganda putra nomor satu dunia, Leo/Daniel juga dinilai prima perkembangannya sebagai pemain muda, dilengkapi dengan Kevin/Marcus, sang mantan raja ganda putra yang disebut-sebut Rionny sudah mulai kembali ke performa awalnya.

"Mereka sudah selevel, bagus. Strateginya jadi enak, karena kekuatannya sama," ujar Rionny.

3. Peluang bongkar pasang

Duo Minions Comeback di Piala Sudirman 2023Ganda putra Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, usai juara Indonesia Masters 2023 (IDN Times / Tata Firza)

Kekuatan ganda putra yang merata, disebut Rionny, membuat opsi bongkar-pasangan pemain saat berlaga bukan tak mungkin untuk dilakukan.

Kini, pelatih dan tim pendukung serta pemain harus lebih jeli menilai apakah bongkar-pasang perlu dan baik untuk dilakukan saat pertandingan. Siapa yang akan menjadi pesaing menjadi salah satu pertimbangan.

"Untuk latihan, aman. Untuk pertandingan, aman juga, tapi tergantung situasi," ujar Rionny.

Baca Juga: Piala Sudirman 2023: Indonesia Masuk Grup B

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya