Comscore Tracker

Fajar/Rian Ingin Beri Kado untuk Indonesia di Kejuaraan Dunia 2022

Ada 4 ganda putra Indonesia yang turun di ajang ini

Jakarta, IDN Times - Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bertekad memberikan kado istimewa untuk Indonesia yang merayakan Hari Ulang Tahun ke-77. Pasangan ganda putra tanah air ini ingin membawa gelar di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Fajar/Rian memang mengincar gelar juara dunia perdana dalam kariernya. Namun, hal itu tak akan berjalan mudah. Selain bersaing dengan tiga ganda campuran Indonesia lainnya, mereka juga harus bentrok dengan wakil-wakil negara lain yang punya kualitas jempolan.

Untuk itu, mereka pun harus menunjukkan kemampuan terbaiknya pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 yang bakal bakal digelar di Tokyo, Jepang pada 22-28 Agustus 2022. 

1. Fajar/Rian sudah melakukan persiapan matang untuk bisa menjadi juara

Fajar/Rian Ingin Beri Kado untuk Indonesia di Kejuaraan Dunia 2022Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di final Malaysia Open 2022 (dok. PP PBSI)

Fajar/Rian mengaku sudah menjalani persiapan dengan maksimal jelang Kejuaraan Dunia 2022. Menurut Fajar, tahapan latihan kini sudah banyak masuk ke bagian teknik.

"Yang pasti kami mau menampilkan yang terbaik buat Indonesia, ganda putra dan semuanya. Ada tambahan semangat juga karena hari ini Indonesia merayakan hari ulang tahun kemerdekaan ke-77, semoga kami bisa memberikan kado untuk bangsa nantinya," kata Fajar dalam keterangan tertulis, Rabu (17/8/2022).

Baca Juga: Tampil Konsisten, Fajar/Rian Berpeluang Jadi Juara Dunia 2022

2. Paling siap diturunkan di Kejuaraan Dunia

Fajar/Rian Ingin Beri Kado untuk Indonesia di Kejuaraan Dunia 2022Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juara di Swiss Open 2022 (Dok.PP PBSI)

Fajar/Rian terbilang jadi wakil ganda putra yang paling siap menjalani Kejuaraan Dunia 2022. Para pelatih bahkan mengatakan Fajar/Rian berpeluang besar membawa pulang gelar juara pada ajang tersebut di edisi kali ini.

Penampilan konsisten di beberapa turnamen terakhir dengan catatan tujuh kali final dengan tiga juara dan empat runner-up menjadi modal penting bagus bagi Fajar/Rian mewujudkan mimpinya ini.

"Kepercayaan pelatih juga menjadi tambahan motivasi dan percaya diri buat kami, tapi kami juga harus bisa mengatur pikirannya, jangan berekspektasi terlalu tinggi," ujar Rian.

3. Soal drawing ganda putra di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Fajar/Rian Ingin Beri Kado untuk Indonesia di Kejuaraan Dunia 2022Pelatih ganda putra Indonesia, Aryono Miranat (Dok.PBSI)

Skuad Indonesia akan menurunkan empat wakil di sektor ganda putra dalam Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Tiga ganda putra berada di bagan atas undian Kejuaraan Dunia.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo masih menjadi unggulan pertama. Kemudian, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berada di urutan ketiga dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di peringkat lima, atau berada dalam satu pool.

Satu-satunya pasangan yang berada di bagan bawah adalah Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri (15).

Asisten pelatih ganda putra Aryono menganggap ada untung dan rugi dengan hasil undian ini.

"Menguntungkannya, bila bertemu, kita sudah pasti ada wakil di babak-babak selanjutnya juga karena semua statusnya unggulan jadi mendapat bye di babak 64 besar. Tapi tidak menguntungkannya bertemu sesama di babak-babak awal membuat rugi karena satu pasangan akan tersingkir. Ada plus-minusnya," kata Aryono.

Baca Juga: Perang Saudara Ganda Putra di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya