Fakta Unik: Jersey Putih Pembawa Hoki di Piala Eropa 2020

Kebetulan atau memang pembawa keberuntungan?

Jakarta, IDN Times - Formasi semifinal Piala Eropa 2020 sudah lengkap. Inggris, Italia, Spanyol, dan Denmark, telah memastikan diri beradu kuat untuk bersaing demi tiket ke final mulai Rabu 7 Juli 2021 dini hari WIB.

Dari empat tim tersebut, ada fakta unik yang menaunginya. Keempatnya kompak punya jersey putih, membuat semifinal Piala Eropa 2020 menjadi satu warna.

Meski tak semuanya menjadikan jersey putih sebagai yang utama, tetap saja fakta ini menarik untuk diulas. Sebenarnya, apakah jersey berwarna putih ini pembawa keberuntungan atau hanya kebetulan?

Baca Juga: Fakta Inggris dan Italia: Tertangguh di Piala Eropa 2020

1. Italia

Fakta Unik: Jersey Putih Pembawa Hoki di Piala Eropa 2020Jersey timnas Italia di Piala Eropa 2020 (Instagram.com/azzurri)

Italia mengenakan jersey putihnya kala melakoni babak perempat final melawan Belgia. Padahal, warna jersey utama Italia sebenarnya berwarna biru. Julukan mereka saja Gli Azzurri yang berarti Si Biru.

Namun, Italia malah lolos ke semifinal dengan menggunakan jersey putih saat jumpa Belgia. Mereka begitu dominan ketika jumpa Belgia. Di babak pertama saja, Italia sudah bisa jebol gawang Belgia dua kali.

Nicolo Barella dan Lorenzo Insigne mampu membawa Italia unggul sejak menit 31 serta 44. Sedangkan, Belgia membalasnya lewat Romelu Lukaku pada masa injury time babak pertama. Namun, di babak kedua baik Italia dan Belgia tak mampu cetak gol. Pada akhirnya Italia yang lolos ke final four.

2. Spanyol

Fakta Unik: Jersey Putih Pembawa Hoki di Piala Eropa 2020Jersey timnas Spanyol di Piala Eropa 2020 (Instagram.com/sefutbol)

Spanyol juga lolos ke semifinal saat menggunakan jersey putih. Padahal, warna utama jersey Spanyol adalah merah, sesuai dengan julukannya, La Furia Roja, yang berarti Si Merah Membara. 

Bertanding melawan Swiss di Kretsovsky Stadium, St Petersburg, Spanyol harus susah payah menang.

Mereka cuma bisa main imbang 1-1 hingga 120 menit. Spanyol baru bisa lolos setelah memenangkan adu penalti dengan skor 3-1.

3. Denmark

Fakta Unik: Jersey Putih Pembawa Hoki di Piala Eropa 2020Jersey timnas Denmark di Piala Eropa 2020 (Instagram.com/@herrelandsholdet)

Denmark juga dinaungi keberuntungan saat pakai jersey putih. Berhadapan dengan Republik Ceko, Denmark mampu tampil eksplosif layaknya dinamit.

Mereka mampu menjebol gawang Ceko saat laga baru berusia lima menit lewat aksi Thomas Delaney. Kemudian, di menit 42 Kasper Dolberg mencetak gol kedua Denmark lewat sontekannya dari jarak dekat.

Ceko cuma bisa sekali membalasnya, yakni lewat tendangan Patrik Schick di menit 49. Keunggulan 2-1 buat Denmark bertahan hingga laga berakhir.

4. Inggris

Fakta Unik: Jersey Putih Pembawa Hoki di Piala Eropa 2020Timnas Inggris di Piala Eropa 2020 (Instagram.com/euro2020)

Inggris memang menjadikan jersey putih sebagai yang utama. Kali ini, jersey itu memberikan hoki tersendiri buat Inggris.

The Three Lions tampil begitu eksplosif sepanjang turnamen. Menggunakan jersey putih, mereka selalu menang tanpa pernah kebobolan.

Total, Inggris tak kebobolan sejak fase grup hingga semifinal. Ini menjadi rekor terpanjang dari satu tim yang pernah tampil di Piala Eropa.

Kemenangan terbesar Inggris mengenakan jersey putih di Piala Eropa 2020 lahir saat berhadapan melawan Ukraina di Stadio Olimpico, Roma, Minggu dini hari WIB (4/7/2021). Mereka menang empat gol tanpa balas lewat brace Harry Kane, dan satu gol masing-masing dicetak Harry Maguire serta Jordan Henderson.

Baca Juga: Tiga Catatan Menarik dari Kemenangan Italia Atas Belgia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya