Ginting dan Jojo Mundur dari Korea Open 2023, Ini Penjelasan Pelatih

Bersiap untuk rentetan turnamen besar

Jakarta, IDN Times - Pelatih kepala tunggal putra PBSI, Irwansyah mengungkapkan alasan dua anak asuhnya, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, mundur dari turnamen Korea Open 2023.

Kondisi fisik keduanya membuat sang pelatih memutuskan untuk menarik mundur Anthony dan Jonatan dari ajang BWF Super 500 yang berlangsung pada 18-23 Juli 2023 tersebut.

Mundurnya dua tunggal putra utama Indonesia itu memastikan skuad Garuda hanya punya Chico Aura Dwi Wardoyo yang turun di nomor tunggal putra.

Baca Juga: Marselino Ferdinan dan Anthony Ginting Masuk Nominasi Penghargaan

1. Alasan pelatih tarik mundur Ginting dan Jojo

Ginting dan Jojo Mundur dari Korea Open 2023, Ini Penjelasan PelatihAnthony Sinisuka Ginting dan pelatih kepala tunggal putra Indonesia, Irwansyah di final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2023 (dok. PP PBSI)

Irwansyah mengatakan, melepas gelaran Korea Open 2023 merupakan salah satu strategi untuk menjaga kebugaran fisik Ginting dan Jojo, sapaan akrab Anthony dan Jonatan.

Maklum, dalam rangkaian kualifikasi menuju Olimpiade Paris 2024, masih banyak rangkaian turnamen yang harus diikuti Ginting dan Jojo. Selaku pelatih, Irwansyah hanya ingin memastikan kondisi fisik anak didiknya tetap prima.

"Karena buat strateginya juga. Kalau terlalu banyak kejuaraan (khawatir) kondisi badan mereka mau drop banget atau nanti (bisa) cedera," kata Irwansyah ditemui di Pelatnas PBSI pada Rabu (28/6/2023).

Baca Juga: Viktor Axelsen Ungkap Rahasia Pecundangi Ginting di Istora

2. Bersiap untuk turnamen lain

Ginting dan Jojo Mundur dari Korea Open 2023, Ini Penjelasan PelatihPelatih tunggal putra Indonesia, Irwansyah (dok. PBSI)

Meski melepas satu turnamen, Ginting dan Jojo diagendakan mengikuti sejumlah turnamen besar lain secara berturut-turut.

Ginting dan Jojo akan mengikuti ajang Japan Open 2023 (25-30 Juli 2023) dan Australia Open 2023 (1-6 Agustus 2023) sebelum menyongsong Kejuaraan Dunia 2023 (21-27 Agustus 2023) di Denmark.

"(Kejuaraan) yang lain kan masih banyak. Saya juga maunya beberapa kejuaraan saya siapkan untuk ke depannya benar-benar solid. Kalau bisa mereka juara dari satu minggu ke minggu lainnya," kata Irwansyah.

Baca Juga: Jadwal 7 Wakil Tuan Rumah di Indonesia Open 2023: Ada Ginting Vs Jojo

3. Sisakan Chico di Korea Open 2023

Ginting dan Jojo Mundur dari Korea Open 2023, Ini Penjelasan PelatihChico Aura Dwi Wardoyo tersisih dari Indonesia Open 2023. (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Meski Ginting dan Jojo batal tampil, tunggal putra bukan tanpa wakil di Korea Open 2023. Tunggal putra muda Chico Aura Dwi Wardoyo menjadi satu-satunya wakil tunggal putra PBSI di ajang tersebut.

Irwansyah mengatakan memang sengaja mengirimkan Chico seorang diri ke Korea Open 2023. Di putaran pertama, Chico yang baru saja memenangkan titel juara Taiwan Open 2023 akan berduel dengan wakil Jepang, Koki Watanabe.

Baca Juga: 8 Perubahan Peringkat Tunggal Putra Dunia setelah Taipei Open 2023

Baca Juga: Marselino Ferdinan dan Anthony Ginting Masuk Nominasi Penghargaan

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya