Kevin/Marcus Mundur dari All England 2023, Kenapa?

Kevin Sanjaya belum siap tanding usai terserang DBD

Jakarta, IDN Times - Kabar mengejutkan datang dari ganda putra Indonesia. Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon memutuskan mundur dari gelaran All England 2023.

Keputusan ini diambil lantaran Kevin Sanjaya belum sepenuhnya pulih dari Demam Berdarah Dengue (DBD) yang dialaminya. Alhasil, dia memilih tak tampil dalam ajang bergengsi ini.

Gelaran BWF Super 1000 All England 2023 dijadwalkan berlangsung di Utilita Arena Birmingham, Inggris pada 14-19 Maret 2023.

1. Kevin belum siap tanding

Kevin/Marcus Mundur dari All England 2023, Kenapa?Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 (dok. PP PBSI)

Kevin Sanjaya Sukamuljo diketahui terjangkit DBD 10 hari jelang keberangkatab ke All England 2023. Setelah mendapat pengobatan, Kevin mengaku belum 100 persen pulih dan siap bertanding.

Kepala pelatih ganda putra PBSI Herry Iman Pierngadi mengatakan, sebenarnya persiapan pasangan yang akrab dijuluki The Minions itu sudah cukup baik. Kevin bahkan sudah kembali berlatih bersama skuad sejak Rabu, 8 Maret 2023 lalu.

"Lalu Marcus/Kevin berdiskusi, Kevin mengatakan dia tidak bisa siap 100 persen. Akhirnya setelah konsultasi dengan saya dan Aryono, diputuskan bersama untuk tidak berangkat," kata Herry dikutip rilis resmi PBSI.

Baca Juga: Target PBSI di All England 2023: Ganda Putra All Indonesia Final

2. Kevin absen latihan hingga lima hari

Kevin/Marcus Mundur dari All England 2023, Kenapa?Kevin Sanjaya/Marcus Gideon di Indonesia Open 2022. (IDN Times/ Reynaldy Wiranata)

Di mata Herry, kondisi Kevin memang terbilang belum fit. Saat latihan, Kevin disebut belum kembali bertenaga setelah absen empat hingga lima hari. Herry berpendapat, memang lebih baik jika Kevin menjalani pemulihan lebih dulu.

Herry menegaskan tidak ada alasan lain dibalik mundurnya Marcus/Kevin di All England 2023 ini.

"Tidak ada alasan lain. Mereka sangat fokus untuk main. Bahkan menurut saya di sesi latihan sebelum sakit, Kevin sangat ngotot dalam latihan. Semua program dijalankan dengan baik, tidak ada yang ditinggalkan," kata Herry.

"Ini murni karena sakit DBD yang menyerangnya," lanjut dia.

3. Masih ada lima pasangan lainnya

Kevin/Marcus Mundur dari All England 2023, Kenapa?Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di All England 2022 (Instagram.com/bwf.official)

Mundurnya Kevin/Marcus memastikan ganda putra PBSI menyisakan lima wakil di ajang All England 2023.

Pasangan ranking satu dunia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan pasangan ranking tiga dunia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, masih dipastikan ikut bertanding.

Demikian pula dengan pasangan muda Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan yang akan menjajal turnamen bulu tangkis tertua dunia tersebut.

Ganda putra Indonesia juga membawa sang juara bertahan, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri untuk berlaga di All England 2023.

Baca Juga: 5 Lawan Ganda Putra Indonesia di Babak Pertama All England 2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya