Comscore Tracker

Legenda Indonesia Rexy Mainaky Merapat ke Malaysia

Rexy tinggalkan Thailand

Jakarta, IDN Times - Mantan pebulu tangkis Indonesia, Rexy Mainaky, resmi ditunjuk sebagai Wakil Direktur Bidang Kepelatihan Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM). Informasi ini disampaikan BAM lewat akun twitternya, @BA_Malaysia, Senin (25/10/2021).

"Penunjukkan ini merupakan bagian integral dalam memperkuat kemajuan yang telah dibuat asosiasi dalam beberapa tahun terakhir untuk mengejar kesuksesan," ujar BAM dalam rilisnya.

1. Gabung Malaysia usai cabut dari Thailand

Legenda Indonesia Rexy Mainaky Merapat ke MalaysiaRexy Mainaky kepala pelatih bulu tangkis Thailand (YouTube/BWF TV)

Rexy gabung dengan BAM setelah cabut dari Thailand. Dia memutuskan tak memperpanjang kontraknya bersama Asosiasi Bulu Tangkis Thailand (BAT) sebagai pelatih kepala.

Dengan jabatan barunya, pria 53 tahun ini akan menghadapi tantangan yang cukup menarik. Dia diminta mengembangkan pembinaan usia dini bulu tangkis Malaysia dan mulai bekerja di Akademi Badminton Malaysia (ABM), Bukit Kiara, per 1 Desember 2021 mendatang.

Baca Juga: Hasil Final Denmark Open 2021: Jepang Mendominasi

2. Salah satu legenda

Legenda Indonesia Rexy Mainaky Merapat ke MalaysiaPeraih medali emas ganda putra Olimpiade Atlatna 1996, Rexy Mainaky/Ricky Subagja asal Indonesia (Youtube.com/Olympic)

Rexy Mainaky merupakan salah satu bagian trah Mainaky bersama dua saudaranya yang juga legenda bulu tangkis Indonesia, Richard dan Riony.

Nama Rexy mulai naik daun saat berpasangan dengan Ricky Subagja di sektor ganda putra. Sederet prestasi diraih Rexy mulai dari kejuaraan Open hingga gelar juara Olimpiade Atlanta 1996.

Rexy pensiun pada 2000 lalu dan sempat menjadi pelatih. Dia juga pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PBSI, dan menjadi salah satu aktor keberhasilan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir juara Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

3. Bukan satu-satunya orang Indonesia yang melatih Malaysia

Legenda Indonesia Rexy Mainaky Merapat ke MalaysiaFlandy Limpele dan Eng Hian reuni di laga BWF World Tour Finals sebagai sesama pelatih (Instagram.com/badminton.ina)

Rexy bukan satu-satunya mantan pebulu tangkis Indonesia yang gabung dengan Malaysia. Hal serupa juga dilakukan Hendrawan yang melatih sektor tunggal putra.

Selain itu, sektor ganda putra juga diasuh mantan pebulu tangkis Indonesia, Flandy Limpele. Indra Wijaya juga memperkuat tim pelatih Malaysia di sektor tunggal putri. Di sektor ganda campuran, Malaysia berada di bawah didikan Paulus Firman.

Baca Juga: An Se Young Mundur, Akane Yamaguchi Juara Denmark Open 2021

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya