Leo/Daniel Antisipasi Strategi Bunglon Ganda Malaysia

Chia/Soh dikenal memiliki gaya main yang adaptif

Jakarta, IDN Times - Ganda putra Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, telah menyiapkan strategi khusus saat menghadapi unggulan kedua asal Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik di babak 32 besar Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2023. Dengan strategi itu, Leo/Daniel berharap bisa mengulang sukses mengalahkan Chia/Soh seperti di All England 2023 lalu.

Ya, pada babak 32 besar All England 2023 lalu, Chia/Soh dibuat kewalahan. Mereka keok dalam drama tiga game dari Leo/Daniel kala itu, dengan skor 21-18, 14-21, 21-13.

1. Waspada perubahan Chia/Soh

Leo/Daniel Antisipasi Strategi Bunglon Ganda MalaysiaLeo Rolly Carnando/Daniel Marthin di perempat final Indonesia Masters 2023 (dok. PP PBSI)

Perubahan cair dari Chia/Soh paling diwaspadai oleh Leo/Daniel. Menurut The Babies, situasi nonteknis di Kejuaraan Asia berbeda. Chia/Soh, menurut mereka, juga memiliki permainan yang adaptif dan bisa saja mengecoh.

"Kami tidak pernah tahu apa yang lawan siapkan. Tapi, kami meyakini bakal ada perubahan dan perbedaan dari pertemuan terakhir lalu," kata Leo mengutip rilis resmi PBSI, Selasa (25/4/2023).

Baca Juga: 4 Pasangan Serba Pertama di Kejuaraan Asia 2023

2. Perbaiki fokus dan stamina

Leo/Daniel Antisipasi Strategi Bunglon Ganda MalaysiaLeo Rolly Carnando/Daniel Marthin di Japan Open 2022 (dok. PP PBSI)

Demi mengantisipasi permainan cair Chia/Soh, Leo/Daniel mencoba untuk meningkatkan staminanya sepanjang masa persiapan. Diharapkan, dengan daya tahan yang lebih tinggi, fokus keduanya bisa terjaga.

Apalagi, pasca All England 2023, mereka sadar kalau konsentrasinya sering hilang akibat staminanya yang terkuras.

"Berdasarkan evaluasi pelatih, semua sisi saya harus perbaiki. Teknis maupun nonteknis. Dengan waktu yang singkat untuk persiapan ke sini, saya rasa semuanya sudah cukup baik. Semoga nanti hasilnya bisa terlihat di lapangan," ujar Daniel.

3. Chia/Soh masih terlalu tangguh untuk Leo/Daniel

Leo/Daniel Antisipasi Strategi Bunglon Ganda MalaysiaAaron Chia/Soh Wooi Yik (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Berdasarkan head to head, Chia/Soh masih terlalu tangguh untuk Leo/Daniel. Pasangan nomor satu Malaysia ini sudah tercatat lima kali bersua dengan Leo/Daniel dengan catatan kemenangan 4-1.

Terakhir kali, Chia/Soh menaklukkan Leo/Daniel di ajang Indonesia Masters 2022. Kala itu laga berlangsung panas dengan kemenangan Chia/Soh dengan skor 27-25, 21-14.

Baca Juga: Jadwal Tim Indonesia di Kejuaraan Asia Hari Ini: Ujian Dejan/Gloria

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya