Menang Mudah Atas Ginting, Shi Yu Qi: Mungkin Dia Lelah 

Shi Yu Qi masih terlalu kuat untuk Anthony Ginting

Jakarta, IDN Times - Tunggal putra China, Shi Yu Qi, memenangkan duel melawan wakil Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. Dalam duel babak 16 besar Indonesia Masters 2023, itu dia berhasil mengalahkan Ginting dua gim langsung, 21-19, 21-16.

Kemenangan di Istora Senayan, Jakarta pada Kamis (26/1/2023), mengantarkan Shi Yu Qi ke melaju babak perempat final turnamen BWF Super 500 tersebut.

Bagi Shi Yu Qi, kemenangannya kali ini tak lepas dari faktor kelelahan yang dialami lawannya. Maklum, Ginting sudah melewati tiga turnamen dalam tiga pekan berturut-turut.

1. Shi Yu Qi duga Ginting kelelahan

Menang Mudah Atas Ginting, Shi Yu Qi: Mungkin Dia Lelah Anthony Sinisuka Ginting di Indonesia Masters 2023 (dok. PP PBSI)

Shi Yu Qi tak memungkiri ada rasa gembira ketika berhasil mengalahkan Anthony Ginting. Namun, dia menduga, faktor kelelahan yang dialami lawannya itu menjadi salah satu faktor pembawa keberuntungan baginya dalam memenangkan laga.

"Mungkin hari ini dia agak lebih lelah, jadi saya bisa menang," kata Shi Yu Qi ditemui usai pertandingan.

Kemenangan bagi Shi Yu Qi ini jadi yang ketujuh kalinya atas Ginting. Catatan head to head kini menunjukkan jika tunggal putra China ini unggul 7-1 atas Ginting.

Baca Juga: Indonesia Masters 2023: Anthony Ginting Kalah Lawan Shi Yu Qi

2. Ginting tak mau pakai alasan kelelahan

Menang Mudah Atas Ginting, Shi Yu Qi: Mungkin Dia Lelah Anthony Sinisuka Ginting tumbang di 16 besar Indonesia Masters 2023 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Ginting tak mau memungkiri bahwa tubuhnya tak sebugar biasanya. Maklum saja, Ginting sudah turun di tiga turnamen beruntun di tiga pekan terakhir. Dimulai dari Malaysia Open 2023, India Open 2023, dan Indonesia Open 2023.

Namun, Ginting ogah untuk menjadikan kondisi ini sebagai alasan kekalahannya melawan Shi Yu Qi.

"Gak bisa dibohongi memang pasti ada faktor itu (kelelahan). Karena kan ini di minggu ketiga. Tapi gak bisa jadi alasan juga, karena Shi Yu Qi juga ikut ketiganya juga," kata Ginting.

Atlet tepok bulu asal Cimahi itu mengatakan, dia terlalu terbawa dengan pola main yang diterapkan Shi Yu Qi. Ini jelas merugikan Ginting yang dengan mudah kehilangan angka.

"Intinya saya lebih masuk ke pola permainan dia (Shi Yu Qi), khususnya di poin-poin terakhir," kata Ginting.

3. China pastikan satu tiket ke semifinal

Menang Mudah Atas Ginting, Shi Yu Qi: Mungkin Dia Lelah Tunggal putra China, Shi Yu Qi melaju ke perempat final Indonesia Masters 2023 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Lolos ke babak perempat final Indonesia Masters 2023, Shi Yu Qi akan berduel dengan rekan senegaranya, Lu Guang Zu. Ini memastikan tunggal putra China punya satu wakil di babak semifinal.

Laga tersebut akan jadi kali kelima Shi Yu Qi bersua dengan Lu Guang Zu. Catatan head to head menunjukkan Shi Yu Qi unggul 3-1.

Keduanya terakhir bersua di Australian Open 2022 yang dimenangkan Shi Yu Qi dengan skor 21-19, 18-21, 21-5.

Baca Juga: Momentum Ginting dan Jonatan Juara Indonesia Masters 2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya