PBSI Pastikan Pelatih Baru Tunggal Putra Ada Sebelum Olimpiade 2024 

PBSI masih mencari pelatih untuk dampingi coach Irwansyah

Jakarta, IDN Times - Kabid Bina Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky, mengatakan, pelatih baru di sektor tunggal putra bulu tangkis Indonesia dipastikan ada sebelum gelaran Olimpiade Paris 2024 dimulai.

Sektor tunggal putra saat ini tengah menjadi sorotan. Pasalnya, Irwansyah yang kini menjadi pelatih tunggal Jonatan Christie dan kawan-kawan, masih berstatus asisten pelatih dan bukan pelatih kepala.

"Saya rasa jelang Olimpiade sudah dapat (pelatih)," ujar Rionny kepada IDN Times, ditemui di Pelatnas PBSI, Senin (25/7/2022).

Namun Rionny menegaskan, pelatih baru tunggal putra tersebut nantinya akan menjadi pendamping Irwansyah dan belum tentu menjadi pelatih kepala.

1. Sosok seperti apa yang dicari?

PBSI Pastikan Pelatih Baru Tunggal Putra Ada Sebelum Olimpiade 2024 Asisten pelatih tunggal putra PBSI, Irwansyah bersama dua tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo dan Jonatan Chirstie (Instagram.com/jonatanchristieofficial)

Rionny blak-blakan soal kriteria yang PBSI miliki untuk mencari amunisi baru pelatih tunggal putra. Menurut dia, disiplin dan kualitas diri yang tinggi menjadi salah satunya.

Sosok baru nanti juga diharapkan sudah berpengalaman menangani atlet-atlet yang masuk jajaran elite dunia.

"Pelatih yang rajin, pintar, bagaimana mengevaluasi pemain. Apalagi yang dia sudah berpengalaman," kata Rionny.

Menurut dia, posisi pelatih di tunggal putra utama PBSI terbilang diuntungkan dengan sosok atlet macam Anthony Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, dan lainnya. Pasalnya, mereka merupakan pemain terdidik dengan disiplin yang cukup baik.

Baca Juga: Tak Punya Pelatih Kepala, PBSI Sebut Tunggal Putra Masih Bagus

Baca Juga: PBSI Sebut Ada Peluang Irwansyah Jadi Pelatih Kepala Tunggal Putra

2. Belum tentu jadi pelatih kepala

PBSI Pastikan Pelatih Baru Tunggal Putra Ada Sebelum Olimpiade 2024 Pelatih tunggal putra Indonesia, Irwansyah (dok. PBSI)

Meski demikian, Rionny menegaskan, sosok pelatih baru tunggal putra nantinya akan menjadi pendamping Irwansyah. Status asisten pelatih atau pelatih kepala akan ditentukan kemudian.

"Memang harus ada yang membantu. Kita akan lihat juga pelatih yang masuk ini kualitasnya. Misalnya, kita pilih nanti memang Irwansyah lebih di atas, ya dia (yang baru), asisten. Kalau dia (yang baru) lebih mampu, ya mungkin dianya yang jadi kepala," kata Rionny.

3. PBSI sebut tunggal putra baik-baik saja

PBSI Pastikan Pelatih Baru Tunggal Putra Ada Sebelum Olimpiade 2024 Tim bulu tangkis tunggal putra yang tergabung dalam tim Thomas Cup 2020 (Instagram.com/jonatanchristieofficial)

PBSI agaknya enggan ambil pusing soal kosongnya posisi pelatih kepala di sektor tunggal putra Pelatnas.

Setelah ditinggal Hendry Saputra, Jonatan Christie dan kawan-kawan, kini hanya dibina oleh Irwansyah. PBSI sendiri merasa tidak ada masalah dengan formasi pelatih dan atlet tunggal putra saat ini.

"Tunggal putra kan manage-nya juga masih bagus. Saya lihat dibantu pelatih-pelatih pratama dan saya juga turun tangan. Jika mereka bisa, saya rasa tak akan menggangu sih," kata Rionny.

Baca Juga: 5 Tunggal Putra Bulu Tangkis dengan Win Streak Terlama

Baca Juga: Sempat Diragukan, Tunggal Putra Indonesia Diam-diam Amankan 3 Gelar

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya