Comscore Tracker

Penerus Greysia/Apriyani Dapat Ujian di Piala Sudirman

Saat Greysia/Apriyani belum pulih, siapa andalan Indonesia?

Jakarta, IDN Times - Kondisi fisik ganda putri andalan Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, belum pulih. Keduanya hingga kini masih berada dalam level di bawah 100 persen jelang Piala Sudirman 2021.

Atas kondisi itu, Greysia/Apriyani tak diberikan beban tinggi. Tim pelatih justru memindahkan beban yang lebih berat kepada pasangan lainnya.

"Banyak pihak pasti menanyakan kondisi Greys/Apri dan saya bisa sampaikan kalau mereka kondisinya secara mental sudah siap bertarung tapi secara fisik belum 100 persen," ucap kepala pelatih ganda putri, Eng Hian, Jumat (17/9/2021).

Baca Juga: Hendra Setiawan atau Greysia Polii Jadi Kapten Tim Piala Sudirman?

1. Kondisi Greysia/Apriyani baru mencapai 80 persen

Penerus Greysia/Apriyani Dapat Ujian di Piala SudirmanIDN Times/PBSI

Eng Hian menyatakan kondisi Greysia/Apriyani sampai sekarang masih berada di kisaran 70 hingga 80 persen. Sebab, mereka memang harus diberi napas lebih panjang karena baru saja menjalani kompetisi ketat di Olimpiade Tokyo 2020.

"Saat ini, secara fisik baru mencapai 70 hingga 80 persen. Tapi, kami harapkan seiring masih berjalannya waktu hingga menjelang pertandingan pertama di Finlandia, mereka bisa memaksimalkan jeda waktu untuk meningkatkan kondisi," kata Didi (sapaan Eng Hian).

2. Tak mau ganggu Greysia

Penerus Greysia/Apriyani Dapat Ujian di Piala SudirmanKepala pelatih ganda putri PBSI, Eng Hian (Dok.PBSI)

Didi juga memikirkan hal lain terkait Greysia/Apriyani. Mereka diberikan waktu bersantai bersama keluarga usai melakoni agenda ketat jelang Olimpiade Tokyo.

Maka dari itu, Didi tak memaksakan Greysia dan Apriyani untuk melakoni persiapan padat. Apalagi Greysia yang belum lama menikah, diberikan waktu lebih panjang untuk menghabiskan waktu bersama sang suami,"

"Dia sempat izin beberapa hari untuk berkumpul bersama keluarga lalu dan kami berikan. Tujuannya, agar di Piala Sudirman mental Greys lebih siap dan lepas," ujar Didi.

3. Beban piala Sudirman diletakkan pada Fadia/Ribka

Penerus Greysia/Apriyani Dapat Ujian di Piala SudirmanPasangan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto lolos ke babak perempat final SEA Games 2019 (IDN Times/PBSI)

Dengan kondisi itu, Didi fokus untuk memberikan ujian dan tantangan yang lebih berat kepada ganda putri nomor dua Indonesia, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto. Piala Sudirman akan menjadi ujian buat Fadia/Ribka dalam membuktikan kapasitasnya sebagai penerus Greysia/Apriyani.

Secara performa, Fadia/Ribka mengalami perkembangan positif. Hanya saja, soal stamina memang belum menjanjikan.

"Memang dari pola permainan kami ubah, mungkin akan lebih lambat. Tapi, dari sisi kebutuhan, untuk fisik dan stamina sudah banyak kemajuan. Tapi kembali lagi, kalau hanya latihan tanpa dicoba di pertandingan tidak akan kelihatan. Nanti kita coba uji di pertandingan," ujar Didi.

Baca Juga: 4 Pemain Muda Indonesia di Piala Sudirman 2021

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya