Comscore Tracker

Pengakuan Lee Zii Jia Diperdaya Vito di French Open 2022

Vito petik kemenangan usai ladeni permainan Lee Zii Jia

Jakarta, IDN Times - Shesar Hiren Rhustavito memberi kejutan di ajang French Open 2022 usai menaklukkan ranking kedua dunia asal Malaysia, Lee Zii Jia, di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Prancis, Rabu (26/10/2022). Vito memang main sempurna dan mampu menang dua game langsung dalam duel itu, 21-19 dan 21-18.

Lee mengakui tak mampu keluar dari tekanan saat melawan Vito selama 44 menit. Akibat terlalu bernafsu, Lee dipaksa melakukan sejumlah kesalahan yang membuatnya harus tersingkir.

"Saya banyak melakukan kesalahan dan tidak sabar," kata Lee dikutip Berita Harian.

1. Menolak sombong

Pengakuan Lee Zii Jia Diperdaya Vito di French Open 2022Tunggal putra andalan Malaysia, Lee Zii Jia di Indonesia Open 2021. (dok. Humas PP PBSI Indonesia)

Ada anggapan jika Lee kalah karena lengah dan kurang waspada akibat sekarang menempati posisi dua dunia. Pendapat ini langsung ditepis Lee. Status nomor dua dunia, ditegaskan Lee, tak membuatnya jemawa.

"Saya tak berpuas hati dengan pencapaian sekarang, masih berusaha memperbaiki kelemahan karena banyak yang harus ditingkatkan. Saya juga harus meningkatkan level permainan," ujar Lee.

Baca Juga: Ketat, Vito Tembus 16 Besar French Open Usai Kandaskan Lee Zii Jia

2. Vito disiplin saat main

Pengakuan Lee Zii Jia Diperdaya Vito di French Open 2022Shesar Hiren Rhustavito di 16 besar Malaysia Open 2022 (dok. PP PBSI)

Ketika Lee mengaku terbawa permainan, Vito mengungkapkan kuncinya cuma tampil lepas. Vito tak mau status Lee yang merupakan peringkat dua dunia berpengaruh kepadanya. Baginya, yang paling penting adalah mengumpulkan poin dalam pertandingan

"Fokus dan disiplin jadi kunci kemenangan di laga ini. Sebab, poinnya sangat ketat," ujar Vito.

3. Rekor buruk Lee dan diimbangi Vito

Pengakuan Lee Zii Jia Diperdaya Vito di French Open 2022Shesar Hiren Rhustavito di 16 besar Malaysia Open 2022 (dok. PP PBSI)

Kekalahan dari Vito memperpanjang rekor buruk Lee di French Open. Kini, dalam tiga edisi, Lee selalu tersingkir dari turnamen BWF 750 tersebut di babak pertama. Sebelumnya, dia tersingkir lebih dini pada edisi 2019 dan 2021.

Lalu, kekalahan ini juga membuat rekor head to head Lee dengan Vito jadi imbang. Dalam delapan pertemuan, keduanya sama-sama mengemas empat kemenangan.

Baca Juga: Leo/Daniel dan Rinov/Pitha Tantang Unggulan di French Open Hari Ini

Topic:

  • Margith Juita Damanik
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya