Cari Pengganti Greysia buat Dampingi Apriyani, Pelatih: Sudah Ada Nama

Siapa nama yang cocok gantikan Greysia dampingi Apriyani?

Jakarta, IDN Times – Pelatih ganda putri Indonesia, Eng Hian, telah mempersiapkan pasangan pengganti untuk Apriyani Rahayu. Langkah ini diambil mengingat pasangan Apriyani, Greysia Polii, dikabarkan tak lama lagi akan gantung raket.

Pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu mempersembahkan medali emas pada ajang Olimpiade Tokyo 2020. Medali ini menjadi satu-satunya medali emas kontingen Indonesia dari #Tokyo2020.

“Kalau untuk nama (pengganti greysia) sudah ada, tinggal nanti kita lihat proses beberapa bulan ke depan ini, untuk bisa memilih lebih selektif lagi,” ujar Eng Hian dalam konferensi pers daring, Jumat (6/8/2021).

1. Ini yang dicari dari sosok calon pengganti Greysia Polii

Cari Pengganti Greysia buat Dampingi Apriyani, Pelatih: Sudah Ada NamaPebulutangkis ganda Putri Indonesia Greysia Pollii/Apriyani Rahayu melakukan selebrasi setelah memenangkan pertandingan dan mendapatkan medali emas di Olimpiade Tokyo 2020 pada Senin (2/8/2021). (dok. NOC Indonesia)

Menurut Eng Hian, kemampuan teknis bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan dari calon pengganti Greysia. Ada aspek lain yang lebih dipertimbangkan coach Didi, begitu dia akrab disapa, sebagai calon pendamping peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Apriyani.

“Yang paling saya kedepankan untuk mencari pengganti Greys itu adalah dari tekat, kemauan, mentalitas dia menjadi seorang juara. Itu yang paling penting,” ujarnya.

“Ini yang agak sedikit masalah. Dari sekian banyak (atlet) di Pelatnas itu, yang punya kriteria ini tidak banyak,” sambung dia.

Baca Juga: Posisi Greysia/Apriyani di Peringkat Dunia Usai Juara Olimpiade Tokyo 

2. Eng Hian kesampingkan masalah kemampuan teknis untuk mencari pengganti Greysia

Cari Pengganti Greysia buat Dampingi Apriyani, Pelatih: Sudah Ada NamaPebulutangkis ganda Putri Indonesia Greysia Pollii/Apriyani Rahayu melakukan selebrasi dengah pelatih mereka Eng Hian setelah mengalahkan lawannya ganda putri China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dalam final Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Senin (2/8/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Untuk mendapatkan sosok yang dirasa cukup layak menggantikan posisi Greysia, yang sudah berkiprah panjang mengharumkan nama ganda putri, Eng Hian mengesampingkan masalah kemampuan teknis.

“Kriteria yang paling utama untuk pengganti Greys bukan masalah teknis, teknis itu bisa diajarkan, bisa dilatih,” ujar Eng Hian.

“Kalau secara teknis tidak perlu khawatir. Tugas saya sebagai pelatih untuk ngajarin,” imbuhnya.

3. Nama-nama yang dirasa cocok jadi pengganti Greysia

Cari Pengganti Greysia buat Dampingi Apriyani, Pelatih: Sudah Ada NamaPasangan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto lolos ke babak perempat final SEA Games 2019 (IDN Times/PBSI)

Sebelumnya, dalam bincang daring, Ketua Harian PB Jaya Raya, Imelda Wiguna, sebagai klub yang menaungi Greysia sempat menyebutkan tiga nama yang dirasa pantas untuk menjadi partner main Apriyani Rahayu.

“Aku sih ngeliat, ada satu pasangan dari Djarum yang bagus, itu Ribka (Sugiarto dan Siti Fadia Silva) dengan serangannya, kecepatannya sudah ada, cuma karena pandemi gak sempat bertanding, itu perlu dipupuk,” ujar Imelda dalam pertemuan daring pada Selasa, 3 Agustus 2021.

Selain itu, nama Yulfira Barkah, pemain ganda putri asal klub Mutiara Cardinal Bandung, menjadi nama ketiga yang dirasa Imelda cocok menggantikan Greysia.

Imelda berharap Greysia mau menunda sejenak keinginannya untuk gantung raket. Hal ini disebut Imelda akan berpengaruh pada mental pemain pelapis Greysia.

“Harapan saya, tunggu dulu sampai ada pengganti Greys,” kata Imelda.

Baca Juga: Greysia Polii Diminta Tak Pensiun Dulu

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya