Pertama dalam Sejarah, PBSI Gelar Piala Presiden 2022

Memperebutkan total hadiah hingga 1 Miliar rupiah

Jakarta, IDN Times - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) akan menggelar ajang Piala Presiden 2022. Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah ajang Piala Presiden digelar di cabang olahraga bulu tangkis.

Menurut rencana, Piala Presiden 2022 ini bakal dihelat pada 1-6 Agustus 2022 mendatang. 

Ratusan atlet muda akan turun memperebutkan tiga medali dari ajang ini. Satu piala bergengsi akan diberikan kepada provinsi yang keluar sebagai juara umum.

1. Piala Presiden diikuti 600 lebih atlet muda

Pertama dalam Sejarah, PBSI Gelar Piala Presiden 2022Konferensi pers Kejuaraan Bulu Tangkis Piala Presiden di Pelatnas PBSI Cipayung. (IDN Times/Margith Juita Damanik)

PBSI menyebutkan, akan ada ratusan atlet muda yang turun bertanding di Piala Presiden 2022. Tepatnya sebanyak 620 atlet yang bertanding di 527 pertandingan.

Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna mengatakan, para atlet akan bertanding membawa nama provinsi tempat mereka menjalani pembinaan, bukan membawa nama klub di ajang berskala nasional ini.

Para atlet akan turun berlaga memperebutkan total hadiah 555 juta rupiah. Sementara, provinsi yang masuk tiga besar akan mendapat total hadiah Rp500 juta. Sehingga total hadiah yang disediakan adalah Rp1.055.000.000.

Baca Juga: Kritik Tunggal Putra, Taufik Hidayat dan PBSI Satu Suara

2. Pertandingan Piala Presiden dibagi dalam tiga kategori usia

Pertama dalam Sejarah, PBSI Gelar Piala Presiden 2022Ilustrasi Bulu Tangkis (Instagram.com/bwf.official)

Ada tiga kategori yang akan dipertandingkan di kejuaraan bulu tangkis bertajuk Piala Presiden 2022, yakni kategori U-13, U-15, dan U-17.

Kategori U-13 akan mempertandingkan nomor tunggal putra dan ganda putra. Kategori U-15 akan mempertandingkan nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, dan ganda putri.

Sementara kategori U-17 akan menyuguhkan laga di nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

3. Piala Presiden jadi tajuk kejuaraan bulu tangkis perdana dalam sejarah

Pertama dalam Sejarah, PBSI Gelar Piala Presiden 2022Trofi Kejuaraan Bulu Tangkis Piala Presiden 2022 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Kejuaraan Bulu Tangkis Piala Presiden 2022 hadir pertama kali dalam sejarah bulu tangkis. Pencarian bibit unggul sejak dini untuk menjaga prestasi Indonesia di kancah dunia jadi alasan utama berlangsungnya kegiatan ini.

"PBSI tidak saja menyiarkan turnamen-turnamen berkualitas, tapi kita perlu membangun bibit-bibit baru lebih awal," ujar Agung dalam konferensi pers di Pelatnas PBSI, Senin (25/7/2022).

Ajang ini bisa disaksikan langsung oleh penikmat bulu tangkis secara gratis di GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta Timur.

Baca Juga: Cita-cita Mohammad Ahsan Selagi Masih di Pelatnas PBSI

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya