Pesaing Greysia/Apriyani, Li Yinhui Pensiun karena Masalah Jantung

Li Yinhui dalam masa pengobatan untuk masalah jantungnya

Jakarta, IDN Times - Atlet bulu tangkis ganda putri China, Li Yinhui, memutuskan untuk gantung raket. Rival Greysia Polii/Apriyani Rahayu di perempat final Olimpiade Tokyo 2020 ini pensiun dini karena masalah jantung.

Li Yinhui gantung raket pada usia 24 tahun. Yinhui mengaku tengah melakukan pengobatan pada dirinya secara intensif sejak usai gelaran Olimpiade Tokyo 2020 pada musim panas 2021 lalu.

"Di tahap ini, saya tidak bisa melanjutkan latihan dengan intensitas tinggi dan saya memerlukan pengobatan jangka panjang. Untuk itu, saya memilih untuk meninggalkan bulu tangkis dan timnas China," kata yinhui mengutip BadmintonPlanet.

1. Li Yinhui alami masalah kesehatan jantung

Pesaing Greysia/Apriyani, Li Yinhui Pensiun karena Masalah Jantungbwfworldtour.bwfbadminton.com

Gangguan kesehatan jantung diceritakan Yunhui di media sosial. Melansir dari BadmintonPlanet, Yinhui disebut mengalami kondisi bradycardia. 

Secara umum, detak jantung seseorang akan pelan ketika istirahat. Hal ini menandakan kondisi kesehatan yang baik. Namun, jika terlalu pelan justru menunjukkan ada gangguan jantung yang dialami.

Orang normal akan memiliki detak jantung 60-100 kali per menit ketika istirahat. namun Yinhui hanya memiliki detak jantung 37 kali per menit saat istirahat.

"Ini keputusan yang sulit bagi saya. Beberapa bulan terakhir saya aktif melakukan perawatan. Beberapa tahun lalu, saya mengalami radang paru-paru dan demam selama turnamen," kata Yinhui mengutip BadmintonPlanet.

Yinhui mengaku tak jarang harus mengonsumsi obat ketika jalani pertandingan.

Baca Juga: PBSI Punya Tugas Khusus untuk Greysia Polii Sebelum Pensiun

2. Ganda putri nomor dua China

Pesaing Greysia/Apriyani, Li Yinhui Pensiun karena Masalah JantungDu Yue/Li Yinhui (instagram.com/gallery_of_duli)

Yinhui berpasangan dengan Du Yue sebagai ganda putri nomor dua China. Keduanya menempati peringkat 8 dunia hingga catatan BWF per 18 Januari 2022.

Nama Yue/Yinhui kini tak lagi masuk dalam daftar ranking BWF. Kini, China hanya memiliki pasangan Chen Qingchen/Jia Yifan di peringkat satu dunia dan pasangan Li Wen Mei/Zheng Yu di peringkat 13 dunia sebagai dua ganda putri utamanya.

3. Hadapi Greysia/Apriyani di perempat final Olimpiade Tokyo 2020

Pesaing Greysia/Apriyani, Li Yinhui Pensiun karena Masalah JantungGanda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu bawa pulang medali emas Olimpiade Tokyo 2020. (twitter.com/Tokyo2020)

Di babak perempat final Olimpiade Tokyo 2020, Du yue/Li Yinhui berhadapan dengan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Pertandingan berlangsung sengit.

Jalani rubber game, ganda putri China ini membuat Greysia/Apriyani kewalahan sebelum akhirnya memenangkan pertandingan.

Laga berakhir dengan kemenangan Greysia/Apriyani dengan skor 21-15, 20-22, 21-17.

Siapa sangka, usai Olimpiade Tokyo 2020, Yinhui disibukkan dengan pengobatannya untuk kondisi jantungnya.

"Saya aktif menjalani perawatan setelah Olimpiade Tokyo. Staf dan pelatih banyak membantu. Sampai saat ini, saya tidak bisa latihan dengan intensitas tinggi," ujar Yinhui.

Baca Juga: 9 Potret Greysia Polii Main Bola di GBK, Aksinya Curi Perhatian!

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya