Piala Presiden Bulu Tangkis 2022 Resmi Bergulir

Sempat tertunda beberapa kali, Piala Presiden digelar juga

Jakarta, IDN Times - Turnamen Bulu Tangkis Piala Presiden 2022 resmi dibuka pada Senin (1/8/2022). Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, membuka langsung turnamen ini di GOR Nanggala, Jakarta Timur.

Ajang ini akan diikuti pebulu tangkis kelompok umur U-13, U-15, dan U-17. Menpora berharap banyak talenta muda yang terjaring dari sini, demi menjadi penerus para seniornya di Pelatnas Cipayung.

"Mudah-mudahan, dari sini akan terjaring talenta-talenta yang berasal dari berbagai provinsi untuk mengisi Timnas Indonesia, baik putra dan putri," ujar Zainudin dalam pidato pembukaannya pada.

1. Akhirnya digelar setelah dua kali tertunda

Piala Presiden Bulu Tangkis 2022 Resmi BergulirPembukaan Kejuaraan Bulu Tangkis Piala Presiden 2022 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Gelaran Kejuaraan Bulu Tangkis Piala Presiden 2022 akhirnya digelar setelah sempat beberapa kali tertunda. Ajang ini semula rencananya digelar pada Maret 2022.

Tapi, rencana itu urung terlaksana akibat angka penularan COVID-19 di Indonesia kembali meningkat. Pada akhirnya, ajang ini bisa digelar dan diikuti ratusan pebulu tangkis muda dari 30 provinisi.

Baca Juga: Targetkan 104 Emas di ASEAN Para Games, Menpora Kukuhkan 539 Atlet

2. Digelar untuk sambut Hari Kemerdekaan

Piala Presiden Bulu Tangkis 2022 Resmi BergulirKetua umum PP PBSI, Agung Firman sampurna pada pembukaan Kejuaraan Bulu Tangkis Piala Presiden 2022 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna, menegaskan ajang ini bukan hanya untuk menjaring bibit muda, namun jadi salah satu kegiatan PBSI menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2022 mendatang.

"Kami selenggarakan pada Agustus, menyambut perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia. Kemudian, kami mengharapkan bulu tangkis menjadi salah satu olahraga yang dapat menjadi alat pemersatu bangsa," kata Agung dalam kesempatan yang sama.

3. Menpora tanamkan mimpi jadi Olimpian

Piala Presiden Bulu Tangkis 2022 Resmi BergulirPembukaan Kejuaraan Bulu Tangkis Piala Presiden 2022 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Sudah bukan rahasia cabor bulu tangkis punya tradisi emas Olimpiade. Secara konsisten bulu tangkis jadi penyumbang medali emas dari gelaran olahraga terakbar dunia itu bagi Merah-Putih.

Zainudin pun menanamkan semangat dan impian tampil di Olimliade bagi para pebulu tangkis muda yang turun di Kejuaraan Bulu Tangkis Piala Presiden 2022.

"Berlatih, bertanding dengan sungguh-sungguh karena pasti kalian punya tempat untuk tampil di Olimpiade," ujar Zainudin.

Baca Juga: BWF Umumkan Jadwal Bulu Tangkis di Olimpiade Paris 2024

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya