Rajai Tunggal Putra, Hendrawan: Viktor Axelsen Beruntung!

Hendrawan yakin Lee Zii Jia bisa taklukkan Axelsen

Jakarta, IDN Times - Pelatih tunggal putra Malaysia, Hendrawan, menyebut Viktor Axelsen bisa menguasai sektor tunggal putra dunia saat ini karena faktor keberuntungan.

Hendrawan menegaskan bukan tidak mungkin ada tunggal putra lainnya yang akan menumbangkan ranking satu dunia asal Denmark itu. Salah satu pemain yang dilihatnya potensial mengimbangi Axelsen adalah Lee Zii Jia.

Hendrawan menganalisis letak keberuntungan Axelsen adalah karena jagoan Malaysia itu sempat bersua dengan sederet legenda tunggal putra lainnya.

1. Hendrawan sebut Axelsen beruntung

Rajai Tunggal Putra, Hendrawan: Viktor Axelsen Beruntung!Viktor Axelsen (instagram.com/viktoraxelsen)

Menurut Hendrawan, Axelsen terbilang sosok beruntung di generasi ini. Ini lantaran, Axelsen masih sempat berlaga melawan empat raja tunggal putra dunia yang melegenda pada masanya, yakni Taufik Hidayat (Indonesia), Lin Dan (China), Lee Chong Wei (Malaysia) dan Peter Gade (Denmark).

"Axelsen adalah satu generasi yang termasuk generasi yang diuntungkan, dalam arti waktu top-nya tiga orang dari generasi, Taufik, Lin Dan, Chong Weim, termasuk Peter Gade," ujar Hendrawan ditemui jelang BrightUp Cup 2022 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Kamis (11/10/2022).

2. Lee Zii Jia disebut bisa taklukkan Axelsen

Rajai Tunggal Putra, Hendrawan: Viktor Axelsen Beruntung!Lee Zii Jia (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Axelsen kini seolah menjadi pemain tunggal putra dunia yang sulit dikalahkan. Dominasinya di lapangan membuat posisinya tak tergeser dari puncak rangking dunia.

Meski demikian, Hendrawan menilai banyak tunggal putra dunia yang pada dasarnya mampu mengalahkan Axelsen nantinya. Termasuk Lee Zii Jia.

"Semua orang juga tahu Lee Zii Jia termasuk salah satu orang yang bisa melawan Viktor," ujar Hendrawan.

Berdasarkan catatan head to head, Axelsen menang 5-2 melawan Lee Zii Jia. Keduanya selalu menjalani laga panas saat berduel.

Keduanya terakhir bersua di ajang Indonesia Open 2022 pada Juni 2022. Axelsen kala itu menang rubber game, 19-21, 21-11, 23-21.

3. Catatan pertemuan Axelsen dengan para legenda

Rajai Tunggal Putra, Hendrawan: Viktor Axelsen Beruntung!Viktor Axelsen dan Kento Momota (bwfbadminton.com)

Viktor Axelsen sudah punya catatan pertemuan dengan empat legenda raja tunggal putra dunia. Axelsen pernah bersua dengan Lin Dan dengan catatan pertemuan 6-3 kemenangan untuk Axelsen.

Keduanya pertama kali bertemu pada gelaran Malaysia Open 2012 dengan kemenangan Lin Dan, 21-14, 21-13. Pertemuan terakhir keduanya di gelaran Indonesia Masters 2020 yang dimenangkan Axelsen 21-12, 21-14.

Catatan head to head Axelsen berduel dengan legenda Malaysia, Lee Chong Wei tercatat 3-11. Axelsen hanya memenangkan laga di Dubai World Superseries Finals 2016, Japan Open 2017, dan Dubai World Superseries Finals 2017.

Keduanya terakhir bertemu di Malaysia Open 2018 yang dimenangkan Lee Chong Wei 21-17, 21-9.

Sementara itu, Axelsen hanya sempat satu kali bertemu legenda Indonesia, Taufik Hidayat. Axelsen memenangkan pertandingan Denmark Open 2011 melawan Taufik dengan skor 16-21, 21-9, 21-14.

Axelsen juga sempat bersua dengan legenda senegaranya, Peter Gade pada 2011 lalu. Kala itu, Axelsen kalah rubber game di ajang Denmark Open dengan skor 15-21, 24-22, 12-21.

Baca Juga: Kini Latih Malaysia, Hendrawan: Saya Pasti Kembali ke Indonesia

Baca Juga: Akhirnya Viktor Axelsen Bisa Dikalahkan, Pelakunya Loh Kean Yew

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya