Ranking BWF: Mayoritas Atlet Indonesia Naik Peringkat

Perhitungan usai gelaran Indonesia Open 2023

Jakarta, IDN Times - Sejumlah pebulu tangkis Indonesia kompak naik peringkat dalam ranking Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) pekan ini. Dari tiap sektor, ada atlet tepok bulu yang sukses memperbaiki catatan ranking-nya.

Catatan peringkat ini diperbaharui usai gelaran Indonesia Open 2023 yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, pekan lalu. Namun, dalam gelaran Super 1000 tersebut, tak satu pun wakil Indonesia keluar sebagai juara.

1. Jonatan Christie naik peringkat

Ranking BWF: Mayoritas Atlet Indonesia Naik PeringkatJonatan Christie di Malaysia Masters 2023 (dok. PP PBSI)

Dari sektor tunggal putra, kabar gembira datang dari Jonatan Christie. Pekan ini, Jonatan kembali menempati ranking lima besar dunia.

Jonatan melewati Shi Yu Qi (China) dan Chou Tien Chen (Taiwan). Jonatan naik dua peringkatkan dan mengantongi 709.921 poin dari 16 turnamen yang sudah diikutinya.

Wakil Indonesia dengan ranking tertinggi di tunggal putra adalah Anthony Sinisuka Ginting. Juara Singapore Open 2023 itu menempati peringkat dua dunia dengan mengantongi 89.811 poin dari 17 turnamen yang sudah diikuti hingga pekan ini.

Baca Juga: Update Ranking Dunia BWF Terbaru, 10 Pemain Indonesia Naik Peringkat!

2. Gregoria tempati ranking terbaik sepanjang karier

Ranking BWF: Mayoritas Atlet Indonesia Naik PeringkatGregoria Mariska Tunjung di babak pertama Indonesia Open 2023. (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Grgeoria Mariska Tunjung pekan ini menorehkan prestasi pribadi. Gregoria menempati peringkat delapan tunggal putri dunia. Posisi ini jadi ranking tertinggi Gregoria sepanjang kariernya.

Prestasi Gregoria disusul tunggal putri muda, Putri Kusuma Wardani yang berhasil naik dua peringkat pekan ini. Putri KW kini menempati ranking 37 dunia menggeser Si Yu Jin (Korea Selatan) dan Riko Gunji (Jepang).

Baca Juga: Ranking BWF: Fajar/Rian Resmi Jadi Nomor 1 Dunia

3. Pergerakan tipis ganda putra

Ranking BWF: Mayoritas Atlet Indonesia Naik PeringkatLeo Rolly Carnando/Daniel Marthin menembus semifinal Malaysia Masters 2023 (dok. PP PBSI)

Pergerakan tipis ditunjukkan wakil ganda putra Indonesia. Dalam jajaran 10 besar dunia, dua wakil Merah-Putih naik peringkat pekan ini.

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan naik satu peringkat dan menempati ranking tujuh dunia. Capaian mereka diikuti pasangan muda, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang pindah posisi tipis dari ranking 10 ke sembilan dunia.

Dominasi ganda putra Indonesia masih kental terasa. Ranking satu dunia saat ini masih ditempati pasangan Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

4. Pasangan ganda putri muda meroket

Ranking BWF: Mayoritas Atlet Indonesia Naik PeringkatMeilysa Trias Puspita Sari/Rachel Allessya Rose dalam Simulasi Piala Uber 2020 (Dok.IDN Times/PBSI)

Kabar gembira datang dari ganda putri Indonesia. Pasangan muda, Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose meroket usai mentas di Indonesia Open 2023.

Meilysa/Rachel naik tujuh peringkat dan kini menempati ranking 35 dunia. Di ajang Indonesia Open 2023, keduanya terhenti di babak 16 besar usai kalah melawan pasangan China, Zhang Shu Xian/Zheng Yu dalam dua gim langsung 21-18, 21-8.

5. Rinov/Pitha naik ranking

Ranking BWF: Mayoritas Atlet Indonesia Naik PeringkatRinov Rinaldy/Pitha Haningtyas Mentari di Indonesia Open 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Di sektor ganda campuran, pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas, Mentari juga turut memperbaiki catatan ranking.

Rinov/Pitha bergeser naik dari ranking 15 ke ranking 14 dunia usai terhenti di perempat final Indonesia Open 2023.

Rinov/Pitha terus mendekati peringkat rekan sepelatnas mereka, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati yang menempati ranking 12 dunia.

Baca Juga: Gregoria Mariska Ranking 10 Besar Dunia, Akhiri Penantian 14 Tahun

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya