Rifda Irfanaluthfi Sabet Perunggu dari Piala Dunia 2023 Kairo

Capaian Rifda melebihi target

Jakarta, IDN Times - Atlet senam Indonesia, Rifda Irfanaluthfi, menyabet medali perunggu dari ajang Piala Dunia 2023 seri Kairo, Mesir. Posisi ketiga diraih Rifda di nomor floor.

Ketua PB Persani, Ita Yulianti, mengatakan capaian Rifda terbilang melebihi target yang semula ditetapkan. Ini dianggap jadi modal bagus Rifda untuk terus mengumpulkan poin menembus gelaran Olimpiade Paris 2024.

1. Rifda finis di posisi ketiga

Rifda Irfanaluthfi Sabet Perunggu dari Piala Dunia 2023 KairoPesenam putri Indonesia Rifda Irfanaluthfi menyumbang emas kedua bagi Indonesia di cabang olahraga senam artistik SEA Games 2021 Vietnam di Quan Ngua Sports Palace, Hanoi, Vietnam, Senin (16/5/2022). (ANTARA/Zabur Karuru/aww)

Rifda meraih medali perunggu usai finis di posisi ketiga nomor floor putri ajang Piala Dunia Gymnastic 2023 seri Kairo, dengan torehan 12.633 poin.

Rifda menyusul posisi wakil Amerika Serikat, Joscelyn Roberson (13.700 poin) di peringkat pertama, dan Alice D'amato (13.500 poin) di peringkat kedua.

"Di kualifikasi nomor floor, Rifda menempati ranking kedua. Di Final, dia bisa bertahan dan mencapai ranking ketiga, cukup bagus," ujar Ita dihubungi IDN Times, Senin (1/5/2023).

2. Lebihi target yang ditetapkan

Rifda Irfanaluthfi Sabet Perunggu dari Piala Dunia 2023 KairoRifda Irfanalutfi, atlet senam lantai asal Indonesia (instagram.com/rifda_irfanaluthfi)

Membawa pulang medali ke Tanah Air, capaian Rifda disebut Persani melebihi target yang semula ditetapkan. PB Persani memang tak pasang target meraih medali di ajang ini.

"Sebetulnya target itu selalu ada, tapi kalau emas sih belum. Target kita paling tidak masuk final," ujar Ita.

Rifda juga turun di nomor Vault, namun tak berhasil membawa medali. Rifda terhenti di posisi keempat dengan catatan 12.983 poin.

Posisi pertama diraih wakil Amerika Serikat, Roberson Joscelyn (13.983 poin), disusul wakil Italia Asia D'Amato (13.600 poin) di posisi kedua, dan wakil Panama Hillary Heron (13.599 poin) di posisi ketiga.

Baca Juga: Mimpi Rifda Irfanaluthfi Jadi Pesenam Indonesia Pertama di Olimpiade

3. Dibiayai Kemenpora

Rifda Irfanaluthfi Sabet Perunggu dari Piala Dunia 2023 Kairoinstagram.com/rifda_irfanaluthfi

Ita mengatakan Rifda berangkat ke ajang Piala Dunia Gymnastic 2023 seri Kairo sepenuhnya dengan biaya dari pemerintah. Ita mengucapkan terima kasihnya kepada Kemenpora yang sudah memberi kesempatan untuk Rifda turun bertanding.

"PB berusaha untuk mendapatkan swakelola dari kemenpora dan alhamdulillah dikasih jadi semuanya dibiayai oleh Kemenpora. Alhamdulilah hasilnya tidak mengecewakan," ujar dia.

Selanjutnya, Rifda direncanakan turun bertanding ke ajang Kejuaraan Asia 2023 pada Juni 2023 di Singapura, dan juga ajang Kejuaraan Dunia 2023 di Belgia pada September 2023.

Baca Juga: Curhat Soal Penanganan Cedera, Rifda Irfanaluthfi Colek Jokowi 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya