Skuad Indonesia di Piala Sudirman 2021 Hadirkan Kejutan

Ada pebulu tangkis senior yang posisinya digeser oleh junior

Jakarta, IDN Times - PBSI resmi mengumumkan 20 atlet yang akan memperkuat tim Indonesia untuk ajang kejuaraan beregu campuran, Piala Sudirman, yang digelar mulai 26 September hingga 3 Oktober 2021 mendatang di Vantaa, Finlandia. Terjadi perubahan peta dalam skuad Indonesia di Piala Sudirman.

Skuad Garuda diisi 11 atlet putra dan sembilan putri. Anggotanya sesuai dengan prediksi yang selama ini berseliweran di publik.

1. Ada senior yang tergeser

Skuad Indonesia di Piala Sudirman 2021 Hadirkan KejutanRinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari turut berlaga di SEA Games 2019 (IDN Times/PBSI)

Ada kejutan yang terjadi dalam skuad Indonesia di Piala Sudirman. Ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan tunggal putri Putri Kusuma Wardani masuk ke dalam skuad, menggeser seniornya.

Rinov/Pitha menggeser posisi senior mereka, Hafiz Faizal/Gloria Emmanuel Widjaja yang selama ini jadi pelapis ganda campuran nomor satu Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Sedangkan Putri KW menggeser posisi Ruselli Hartawan.

Namun, dipilihnya Rinov/Pitha dan Putri KW tentu bukan tanpa alasan. Seluruh anggota yang dipilih menurut Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky, sudah merupakan orang-orang terbaik.

"Putri dan Rinov/Pitha sudah membuktikan diri dengan juara Spain Masters kemarin. Secara teknis dan kemampuan juga mereka bagus dan saya rasa sudah siap untuk turun di ajang beregu," ujar Rionny.

Baca Juga: 5 Atlet Ganda Putra Absen dari Piala Sudirman 2021

2. Belum ada kapten untuk tim Indonesia

Skuad Indonesia di Piala Sudirman 2021 Hadirkan KejutanGanda putra Indonesia Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan di Olimpiade Tokyo 2020. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Skuad sudah diumumkan, namun kaptennya belum ditunjuk. Terakhir kali, PBSI menunjuk Hendra Setiawan sebagai kapten di Piala Sudirman 2019 lalu.

Bukan tak mungkin Hendra kembali mengemban tugas tersebut. Hendra dianggap bisa memberikan teladan yang bagus dan menjadi motivator skuad Indonesia.

3. Berikut skuad Indonesia untuk Piala Sudirman 2021

Skuad Indonesia di Piala Sudirman 2021 Hadirkan KejutanIDN Times/PBSI

Berikut daftar lengkap skuad tim Piala Sudirman Indonesia:

Putra:
Anthony Sinisuka Ginting
Jonatan Christie
Shesar Hiren Rhustavito
Marcus Fernaldi Gideon
Kevin Sanjaya Sukamuljo
Mohammad Ahsan
Hendra Setiawan
Fajar Alfian
Muhammad Rian Ardianto
Praveen Jordan
Rinov Rivaldy

Putri:
Gregoria Mariska Tunjung
Putri Kusuma Wardani
Ester Nurumi Tri Wardoyo
Greysia Polii
Apriyani Rahayu
Ribka Sugiarto
Siti Fadia Silva Ramadhanti
Melati Daeva Oktavianti
Pitha Haningtyas Mentari

Baca Juga: Ratu Bulu Tangkis Absen Piala Sudirman, Taiwan Nekat?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya