Termasuk Dito Ariotedjo, Berikut 3 Menpora Termuda Indonesia

Dito Ariotedjo bukan yang paling muda sepanjang sejarah

Jakarta, IDN Times - Nama Dito Ariotedjo menjadi sorotan. Keputusan Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengangkat Dito sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menambah panjang daftar anak muda yang masuk dalam jajaran kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf Amin.

Hadirnya Dito bak oase bagi Kementerian Pemuda dan Olahraga. Memang, selama ini seperti ironi buat Kemenpora itu sendiri, karena label "Pemuda" yang disematkan, malah dipimpin oleh figur yang sudah senior bahkan sepuh secara usia.

Sementara, Dito akan menjadi satu dari tiga Menpora termuda Indonesia sepanjang sejarah. Siapa saja mereka? Berikut IDN Times sajikan daftarnya.

Baca Juga: Dito Ariotedjo Segera Cetak Rekor Baru Usai Jadi Menpora

1. Wikana

Termasuk Dito Ariotedjo, Berikut 3 Menpora Termuda IndonesiaGedung Kementerian Pemuda dan Olahraga RI (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Wikana merupakan Menpora pertama dalam sejarah Indonesia. Dulu, jabatan Wikana masih disebut Menteri Negara Urusan Pemuda.

Wikana menjabat dari Juni 1946 sampai Januari 1948 dari empat kabinet berbeda yakni Kabinet Sjahrir II, Kabinet Sjahrir III, Kabinet Amir Sjarifudin I, dan Kabinet Amir Sjarifudin II.

Wikana sekaligus masih menjadi pemegang rekor Menpora termuda RI. Pria kelahiran Sumedang, Jawa Barat pada 18 Oktober 1914 ini diangkat jadi Menpora saat masih 31 tahun 11 hari.

2. Dito Ariotedjo

Termasuk Dito Ariotedjo, Berikut 3 Menpora Termuda IndonesiaDok. IDN Times/Istimewa

Dito menjadi Menpora termuda kedua sepanjang sejarah Indonesia, setelah Wikana. Pria bernama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo ini akan dilantik Jokowi sebagai Menpora menggantikan Zainudin Amali.

Dito lahir di Jakarta pada 25 September 1990. Saat dilantik sebagai Menpora nanti, Dito berusia 32 tahun.

Sebenarnya, Dito bukan kali ini saja berkiprah di dunia kementerian. Sejak April 2022, Dito tercatat jadi salah satu jajaran tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto.

Lulusan Universitas Indonesia dan SMA Negeri 6 Jakarta itu juga memang lekat dengan dunia olahraga. Dia pernah menjabat sebagai Chief de Mission Youth Olympic Games, Ketua PB ISSI Jakarta, dan menjadi salah satu petinggi RANS Sport.

3. Imam Nahrawi

Termasuk Dito Ariotedjo, Berikut 3 Menpora Termuda Indonesia(Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi) ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Imam Nahrawi menjadi Menpora termuda ketiga sepanjang sejarah Indonesia. Nahrawi menjabat sebagai Menpora pada 27 Oktober 2014 dalam jajaran Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla.

Kala itu, Imam berusia 41 tahun. Salah satu peristiwa paling membekas di masa Imam menjabat adalah keputusannya untuk membekukan PSSI.

Masa jabatan Imam juga dihiasi dengan manisnya kesuksesan Asian Games 2018 lalu. Pada 2019, Imam mundur sebagai Menpora setelah tersandung kasus suap.

Baca Juga: 5 Fakta Menpora Baru Dito Ariotedjo, Menteri Termuda Pasca Reformasi

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya