Dito Ariotedjo Segera Cetak Rekor Baru Usai Jadi Menpora

Dito dilantik Jokowi hari ini

Jakarta, IDN Times - Politikus muda Golkar, Dito Ariotedjo, dipastikan mengisi posisi Menteri Pemuda dan Olahraga yang sempat kosong usai ditinggal Zainudin Amali. Dito rencaananya dilantik Presiden Joko Widodo pada Senin (3/4/2023) di Istana Negara.

Kehadiran Dito di kursi kabinet kali ini tentunya menjadi warna baru. Dito memenuhi harapan Jokowi, untuk memiliki sosok Menpora yang masih muda dan berasal dari kalangan millennial. Pun, Dito sebenarnya bisa mencatatkan rekor dengan hadir di kursi kabinet Jokowi. 

1. Mencetak rekor dengan jadi yang termuda

Pria bernama asli Ario Bimo Nandito Ariotedjo, bisa saja mencatatkan rekor baru. Dito mampu menjadi menteri termuda kedua sepanjang sejarah kabinet. Tapi, dia merupakan menteri termuda pasca reformasi.

Sejauh ini, Menpora termuda di Indonesia masih dipegang oleh Wikana. Kebetulan, Wikana menjadi Menpora pula ketika usianya masih 31 tahun 11 hari. Sementara, menteri termuda dipegang Setiadi Reksoprodjo yang menjabat sebagai Menteri Muda Penerangan Indonesia di era Soekarno.

Baca Juga: Jokowi Akan Lantik Dito Ariotedjo sebagai Menpora Hari Ini

2. Lekat dengan politik sejak kuliah

Pria 33 tahun tersebut sebenarnya sudah lekat dengan dunia politik sejak masih berada di bangku kuliah. Ketika masih studi di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI), diapernah menjadi bendahara umum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI dan masuk organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Dito pernah menggelar aksi untuk menggagalkan pembangunan gedung baru DPR. Namun, setelah menggelar aksi, dia melihat perubahan akan lebih mudah diwujudkan dari dalam, ketimbang dari luar sistem.

"Ya sudah, setiap ada demo, akhirnya saya pertemukan langsung sama yang didemo. Kayak DPR, menteri, atau siapa. Dari situ saya baru lebih yakin, untuk mengubah sesuatu itu, lebih baik dalam sistem dari pada teriak di luar," kata Dito kepada IDN Times pada Januari 2019 silam.

Di usia ke-26 tahun, Dito sudah ditunjuk sebagai Ketua Umum Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI). Pelantikan AMPI Periode 2016-2021 dilakukan oleh Ketua Dewan Pembina AMPI yang kala itu dijabat oleh Setya Novanto. Kemudian, Dito bergabung dengan Golkar pada 2016 lalu.

"Waktu itu, saya (masuk AMPI) diajak senior UI. Keluarga sih gak ada (yang aktif di) partai. Dulu modal nekat saja," ujar Dito.

3. Dito dekat dengan olahraga

Jabatan Menpora sebenarnya tak salah diberikan kepada Dito. Selain aktif dalam organisasi dan partai, Dito juga dekat dengan olahraga.

Dia pernah menjadi Chief de Mission Olimpiade Remaja Argentina pada 2018 silam. Kemudian, Dito juga menjadi Ketua Pengurus Provinsi Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (ISSI) DKI Jakarta.

Kini, Dito juga tercatat sebagai seorang pendiri dari RANS Sport bersama Raffi Ahmad dan Rudy Salim. Bahkan, dia masih menjadi Chairman di RANS Nusantara FC.

Baca Juga: Profil Dito Ariotedjo, Menpora Millennial di Kabinet Jokowi

Topik:

  • Satria Permana
  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya