Test Event Digelar Demi Matangkan Piala Dunia Basket 2023

Test event digelar setelah stadion siap dipakai

Jakarta, IDN Times - Sebelum Piala Dunia Basket 2023 digelar, rencananya akan dilaksanakan test event terlebih dulu. Test event tersebut dilaksanakan atas berbagai alasan, dan tentunya demi menyukseskan penyelenggaraan Piala Dunia Basket yang dilangsungkan pada 25 Agustus hingga 10 September 2023 mendatang.

Dengan venue baru, Indoor Multifunction Stadium, tentunya diperlukan uji coba demi menegaskan kelayakannya. Selain itu, test event juga digelar agar pihak panitia bisa mengevaluasi kekurangan dan memperbaikinya di game day nanti.

"Menuju Agustus, banyak hal yang harus diantisipasi, mematangkan koordinasi, hingga persiapan yang matang," ujar Ketua Panitia Pelaksana Piala Dunia Basket 2023, Budisatrio Djiwandono, di kantor Kemenpora, Selasa (17/1/2023).

1. Tak undang Timnas dalam test event

Test Event Digelar Demi Matangkan Piala Dunia Basket 2023Ketua Panitia Pelaksana FIBA Basketball World Cup 2023, Budisatrio Djiwandono menyampaikan laporan terbaru soal perkembangan persiapan pelaksanaan Piala Dunia Basket 2023 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Budisatrio menyatakan tak akan mengundang Tim Nasional dari berbagai negara dalam test event. Nantinya, digelar turnamen mini yang melibatkan klub-klub dari negara tetangga.

"Bukan timnas, tapi klub dari negara-negara tetangga. Tapi, masih dalam rancangan," kata Budisatrio.

Baca Juga: Setahun Jelang Piala Dunia Basket FIBA, Menanti Aksi Bintang Dunia

2. FIBA bakal cek kesiapan ke Indonesia

Test Event Digelar Demi Matangkan Piala Dunia Basket 2023Latihan Timnas Basket Indonesia jelang FIBA Asia Cup 2022. (IDN Times/Sandy Firdaus)

FIBA juga dijadwalkan kembali datang ke Indonesia memantau kesiapan penyelenggaraan perhelatan akbar basket tersebut. Terdekat, FIBA akan hadir di Indonesia pada 8 Februari 2023 mendatang.

Tentunya, mereka ingin melihat fasilitas yang rencananya dipakai di Piala Dunia nanti. Kemudian, FIBA mau mendapatkan perkembangan terkini tentang persiapan Indonesia selaku tuan rumah.

3. Undian digelar April 2023

Test Event Digelar Demi Matangkan Piala Dunia Basket 2023Lebonan lawan Yordania di FIBA Asia Cup 2022. (Dok, FIBA Asia)

Undian Piala Dunia Basket digelar pada April 2023 nanti di Filipina. Lewat undian itu, ditentukan pula tim mana saja yang akan main di Indonesia. Sejauh ini, baru Kanada yang memastikan diri main di Indonesia.

Tapi, Budisatrio menjelaskan kalau nantinya ada satu atau dua negara papan atas lainnya yang akan main di Jakarta.

"Drawing digelar April nanti, di Manila," ujar Budisatrio.

Baca Juga: Kualifikasi FIBA World Cup 2023: Timnas Basket Indonesia Keok!

Baca Juga: Kalah Telak, Indonesia Gagal ke Piala Dunia Basket 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya