Comscore Tracker

Tiongkok Batalkan Turnamen Internasional, Apa Kabar 3 Kejuaraan BWF?

Apakah BWF World Tour Final dan 2 ajang lain tetap digelar?

Jakarta, IDN Times - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) tengah dalam proses menggali informasi lebih lanjut terkait keputusan Tiongkok membatalkan seluruh ajang olahraga internasional di negaranya, termasuk turnamen bergengsi BWF World Tour Final 2020.

"Federasi bulu tangkis dunia (BWF) menyadari terkait arahan yang diumumkan oleh Administrasi Umum Olahraga Tiongkok mengenai pembatasan olahraga internasional untuk sisa tahun 2020," tulis BWF dalam keterangan tertulis yang disiarkan di laman resminya pada Sabtu (11/7/2020).

1. BWF tengah perdalam informasi soal pembatalan turnamen internasional di Tiongkok

Tiongkok Batalkan Turnamen Internasional, Apa Kabar 3 Kejuaraan BWF?BWF. bwfbadminton.com

Pihak BWF tengah melakukan pendalaman mengenai informasi yang tersebar bahwa Tiongkok meniadakan gelaran olahraga internasional.

"BWF berhubungan erat dengan mitra terkait termasuk soal Asosiasi Badminton Tiongkok (CBA) untuk mendapatkan kejelasan lebih lanjut tentang situasi dan bagaimana hal ini memengaruhi kalender turnamen BWF 2020," tulis BWF dalam keterangan tertulisnya.

Belum ada komentar lebih lanjut baik dari BWF mau pun CBA mengenai informasi tersebut.

Baca Juga: Ranking BWF Dibekukan, Ini Posisi 10 Pemain Terbaik Indonesia Saat Ini

2. Nasib BWF World Tour Final belum ada kelanjutannya

Tiongkok Batalkan Turnamen Internasional, Apa Kabar 3 Kejuaraan BWF?Badminton Indonesia

Gelaran BWF World Tour Final selama ini menjadi gelaran bergengsi bagi atlet bulu tangkis dunia. Turnamen ini sekaligus menjadi turnamen puncak dan penutup dari seluruh rangkaian turnamen yang diadakan BWF.

BWF World Tour Final selama ini digelar di Guangzhou, Tiongkok. Pada 2020 ini, gelaran ini direncanakan akan berlangsung pada 16-20 Desember mendatang.

Penyelenggaraannya terbilang sempat diundur imbas pandemik COVID-19 yang masih mewabah secara global.

3. Ada 2 turnamen lain yang berkemungkinan dibatalkan

Tiongkok Batalkan Turnamen Internasional, Apa Kabar 3 Kejuaraan BWF?IDN Times/PBSI

Selain BWF World Tour Final, masih ada dua turnamen bulu tangkis lainnya yang seharusnya digelar di Tiongkok. Kini gelaran China Open 2020 dan Fuzhou China Open 2020 juga terancam batal.

China Open merupakan salah satu turnamen Super 1000 alias Super Series bergengsi milik BWF. Hanya ada tiga turnamen yang bertitel Super Series yakni China Open, All England, dan Indonesia Open.

China Open 2020 semula direncanakan digelar di Changzhou, Tiongkok pada 15-20 September mendatang. Sedangkan gelaran Fuzhou China Open direncanakan digelar pada 3-8 November mendatang.

Diketahui dua gelaran ini masih terdaftar dalam kalender BWF.

Baca Juga: BWF Rilis Update Terbaru Aturan Kualifikasi ke Olimpiade 2020

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya