Windy Cantika Aisah Absen di SEA Games 2023, Ini Kata PABSI

Windy kejar poin untuk kualifikasi Olimpiade Paris 2024

Jakarta, IDN Times - Tim nasional Angkat Besi Indonesia akan menurunkan 12 atlet ke ajang SEA Games 2023. Namun, nama Windy Cantika Aisah tidak masuk dalam skuad.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PB Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI), Hadi Wihardja, menjelaskan keputusan tak menurunkan Windy dalam skuad SEA Games. Menurutnya, Windy harus mengejar poin kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

"Ada dua event, SEA Games dan kualifikiasi Olimpiade di Jinju (Korea Selatan). Jadi fokus kita dua, mau gak mau. Siapa yang diturunkan di kualifikiasi Olimpiade, dan siapa yang buat SEA Games," ujar Hadi ditemui usai Rakernas KONI pada Senin (13/3/2023).

1. Windy akan kejar poin kualifikasi Olimpiade

Windy Cantika Aisah Absen di SEA Games 2023, Ini Kata PABSIKepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI), Hadi Wihardja (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Hadi menjelaskan, beberapa wakil Indonesia sudah berhasil mengamankan kuota untuk kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Namun, tidak dengan Windy Cantika Aisah yang biasa turun di nomor 49kg putri.

Akibatnya, Windy tak bisa diturunkan untuk berlaga di SEA Games 2023 karena masih harus bertanding mengumpulkan poin di ajang Kejuaraan Asia yang berlangsung di Jenju, Korea Selatan pada 3-13 Mei 2023 mendatang.

"Jadi yang sudah aman itu baru di kelas 61kg dan 73kg. Nah, 49kg kita belum aman. Makanya Windy gak ikut (SEA Games)," ujar Hadi.

Baca Juga: Indonesia Akan Perjuangkan Angkat Besi Ada di Olimpiade 2028

2. Target di SEA Games

Windy Cantika Aisah Absen di SEA Games 2023, Ini Kata PABSILifter Indonesia Eko Yuli Irawan melambaikan tangan sesuai melakukan angkatan clean and jerk dalam kelas 61 kg Putra Grup A Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo International Forum, Tokyo, Jepang, Minggu (25/7/2021). Eko Yuli berhasil mempersembahkan medali perak dengan total angkatan 302 kg. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Untuk nomor pertandingan 49kg putri, PB PABSI memutuskan menurunkan lifter pelapis, Luluk Diana menggantikan posisi Windy. Di ajang SEA Games 2023, PB PABSI berharap bisa kembali menorehkan catatan manis seperti edisi sebelumnya.

"Untuk SEA Games sendiri kita memang harus mengulang sukses. Yang lalu kita dapat tiga emas. Sekarang kita mau minimal sama, atau lebih baik," ujar Hadi.

Dia menjelaskan PB PABSI sengaja menurunkan skuad utama demi mendulang medali di Kamboja. Termasuk menurunkan lifter senior, Eko Yuli Irawan.

3. Skuad Indonesia di SEA Games 2023

Windy Cantika Aisah Absen di SEA Games 2023, Ini Kata PABSILifter, Nurul Akmal. (ANTARA/INASGOC/Helmi Afandi)

Berikut daftar skuad angkat besi Indonesia yang akan diturunkan ke SEA Games 2023:

Putra :
Muhammad Husni (55 kg)
Eko Yuli Irawan (61 kg)
Muhamad Yasin (67 kg)
Rizki Juniansyah (73 kg)
Rahmat Erwin Abdullah (81 kg)
Muhammad Zul Ilmi (89 kg)

Putri :
Luluk Diana (49 kg)
Juliana Klarisa (55 kg)
Sarrah (59 kg)
Tsabitha Ramadhani (64 kg)
Restu Anggi (64 kg)
Nurul Akmal (+71 kg)

Baca Juga: Windy Cantika Jadi Juara Dunia Junior di Yunani saat Lebaran

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya