5 Bintang NBA yang Mempunyai Kepemilikan Saham di Klub Sepak Bola

Bukti kecintaan kepada klub idola

Sepak bola dan bola basket merupakan dua olahraga terpopuler di dunia saat ini. Kedua olahraga tersebut seolah-olah saling berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Namun, kenyataannya tidaklah seperti itu. Kedua olahraga ini sebenarnya memiliki keterikatan tersendiri, terutama untuk atlet dan pelaku di dalamnya.

Mungkin kita mengetahui bahwa banyak pebasket NBA yang memiliki klub favorit di sepak bola. Contohnya, Joel Embiid yang merupakan fans Chelsea, Nikola Vucevic yang merupakan fans Juventus, ataupun Luka Doncic yang merupakan fans Real Madrid. Sebetulnya masih banyak lagi pebasket NBA yang memiliki klub favorit di sepak bola.

Dari sekian banyak pebasket NBA yang menjadi fans klub sepak bola, beberapa dari mereka memutuskan untuk berbisnis dengan menanam modal di klub idolanya tersebut. Berikut ini 5 bintang NBA yang mempunyai kepemilikan saham di klub sepakbola. Check this out!

Baca Juga: Perjalanan Karier LeBron James hingga Jadi Raja di NBA

1. LeBron James (Liverpool)

5 Bintang NBA yang Mempunyai Kepemilikan Saham di Klub Sepak Bolathetimes.co.uk

Sejak kecil, LeBron James telah menyukai sepak bola dan Liverpool merupakan klub favoritnya. Berkat kecintaannya terhadap klub Merseyside ini, James akhirnya membeli 2% saham Liverpool pada tahun 2011.

Pada saat itu Lebron membayar 6,5 juta US dollar kepada Fenway Sport Group selaku pemilik saham mayoritas Liverpool. Tak disangka-sangka, kini investasi bintang Los Angeles Lakers ini telah mengalami peningkatan hingga 5x lipat seiring kesuksesan yang diraih Liverpool.

Menurut laporan ESPN pada tahun 2018, nilai saham LeBron telah mencapai 32 juta dollar. Nilai ini diprediksi akan jauh lebih besar pada tahun 2021 mengingat keberhasilan Liverpool meraih juara Liga Champions pada tahun 2019 dan juara liga Inggris tahun 2020.

2. Steve Nash (Real Mallorca dan Vancouver Whitecaps)

5 Bintang NBA yang Mempunyai Kepemilikan Saham di Klub Sepak Bolamarca.com

Dikenal sebagai salah satu point guard terbaik sepanjang masa di NBA, Steve Nash juga ternyata memiliki pengaruh besar di dunia persepakbolaan Amerika Serikat. Pada tahun 2008, Steve Nash dan koleganya, Jeff Mallet, membentuk sebuah klub sepak bola bernama Vancouver Whitecaps.

Kemudian, pada tahun 2011, klub asal Kanada ini resmi bergabung di MLS sebagai salah satu peserta liga sepak bola tertinggi di Amerika Serikat. Hingga kini Steve Nash masih terdaftar sebagai pemilik Vancouver Whitecaps.

Selain memiliki klub di MLS, ternyata Steve Nash juga memiliki klub lain yang berlaga di LaLiga Spanyol, yakni Real Mallorca. Pada tahun 2016 Steve Nash, bersama Robert Sarver yang juga pemilik tim Pheonix Suns di NBA, membeli Real Mallorca dengan harga 23 juta US dollar. Nama Steve Nash pun akhirnya tercantum sebagai anggota board director di klub asal Kepulauan Balearic ini.

3. Magic Johnson (Los Angeles FC)

5 Bintang NBA yang Mempunyai Kepemilikan Saham di Klub Sepak Boladodgerblue.com

Nama selanjutnya ialah legenda Los Angeles Lakers, yakni Magic Johnson. Pada tahun 2018, Magic Johnson bersama partnernya, Mia Hamm Gasciaparra dan Nomar Gasciaparra, membeli 20% kepemilikan saham dari klub Los Angeles FC.

Kala itu ketiganya mengambil alih saham milik Vincent Tan yang juga menjadi pemegang saham mayoritas Cardiff City di Inggris dengan harga 700 juta US dollar. Kini, Los Angeles FC telah dikenal sebagai tim papan atas di MLS dan Magic Johnson juga ikut aktif dalam pengembangan tim dari segi bisnis dan keuangan klub.

4. James Harden (Houston Dynamo)

5 Bintang NBA yang Mempunyai Kepemilikan Saham di Klub Sepak Bolathe18.com

Sebelum bergabung dengan Brooklyn Nets tahun ini, James Harden telah menghabiskan 9 tahun kariernya bersama Houston Rockets. Selama bermain bersama Houston Rockets, Harden selalu menjadi pemain penting dalam tim dan menjadi idola nomor 1 masyarakat Kota Houston.

Untuk menunjukkan timbal balik kecintaannya kepada Kota Houston, Harden yang juga menyukai sepak bola akhirnya membeli 5% kepemilikan saham Houston Dynamo pada tahun 2019 dengan harga 475 juta US dollar. Harden berharap dengan menjadi bagian dari kepemilikan Houston Dynamo, dirinya bisa memberikan kontribusi dalam peningkatan sepak bola di Amerika Serikat, khususnya kota Houston.

5. Kevin Durant (Philadelpia Union)

5 Bintang NBA yang Mempunyai Kepemilikan Saham di Klub Sepak Bola20minutos.es

Sebuah kejutan besar bagi publik sepak bola Amerika Serikat kala Kevin Durant resmi mengakuisisi 5% kepemilikan saham Philadelpia Unions pada tahun 2020 dengan harga 325 juta US dollar. Kevin Durant yang digosipkan akan membeli kepemilikan saham di DC United, malah membeli Philadelpia Union yang tidak ada dalam daftar rencananya kala itu.

Namun, langkah mengejutkan dari bintang Brooklyn Nets ini justru mendapatkan dukungan publik dan dianggap menjadi suatu langkah yang baik bila dilihat dari segi bisnis. Pasalnya, Philadelpia merupakan salah satu kota big market di Amerika Serikat.

Selain itu, pencapaian Philadelpia Union musim lalu menjadi nilai tambah bagi Kevin Durant sebagai pemiliknya. Dengan keuntungan tersebut, tak heran bila Kevin Durant meminta opsi penambahan saham sebesar 5% di masa mendatang.

 

Itulah 5 bintang basket NBA yang mempunyai kepemilikan saham di klub sepak bola. Semoga saja dengan bergabungnya mereka di bisnis ini bisa memberikan kemajuan di dunia sepak bola dan juga mempererat ikatan antara kedua olahraga ini.

Baca Juga: Sambut Duet Baru Brooklyn Nets, James Harden dan Kevin Durant 

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya