Comscore Tracker

5 Pebasket Non-USA yang Sukses Raih Gelar NBA Rookie of the Year

Kekuatan pendatang di kompetisi NBA semakin menggila!

Setiap akhir musim penyelanggaraan regular season, pihak NBA selalu memberikan berbagai penghargaan individu bagi pebasket yang mampu tampil bersinar di musim tersebut. NBA MVP, NBA Defensive Player of the Year dan NBA Most Improved Player adalah beberapa di antaranya.

Namun, gelar-gelar tersebut rasanya akan sulit untuk diraih seorang rookie atau pemain pendatang baru NBA. Satu-satunya gelar yang pasti didapatkan oleh pemain rookie ialah gelar NBA Rookie of the Year.

Ada sebuah fakta menarik mengenai penghargaan satu ini. Sejak pertama kali diadakan di tahun 1952, hanya ada 5 pemain non-Amerika Serikat yang berhasil meraih gelar ini. Lalu, siapa sajakah pebasket asing yang berhasil meraih penghargaan NBA Rookie of the Year tersebut?

Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya.

1. Pau Gasol

5 Pebasket Non-USA yang Sukses Raih Gelar NBA Rookie of the Yearpotret Pau Gasol (cbssports.com)

Legenda Los Angeles Lakers, Pau Gasol menjadi pemain asing pertama yang berhasil meraih gelar NBA Rookie of the Year. Pau Gasol merupakan center berkebangsaan Spanyol yang memiliki segudang prestasi ketika bermain di NBA.

Kran gelarnya dimulai saat ia meraih gelar NBA Rookie of the Year di tahun 2002, saat ia masih berseragam Memphis Grizzlies. Di musim tersebut, Pau Gasol berhasil mencetak rataan 17.6 PPG, 8.9 RPG dan 2,7 APG. Angka tersebut berhasil membuatnya menang telak dari pesaing terdekat, yakni Richard Jefferson dan Andrei Kirilenko.

2. Andrew Wiggins

5 Pebasket Non-USA yang Sukses Raih Gelar NBA Rookie of the Yearpotret Andrew Wiggins (usatoday.com)

Setelah menunggu sangat lama, gelar NBA Rookie of the Year akhirnya kembali kepada pemain non-Amerika Serikat, tepatnya pada tahun 2015. Kali ini penghargaan tersebut didapatkan oleh Andrew Wiggins yang juga menjadi pick pertama dalam gelaran NBA Draft 2014.

Permainan Wiggins di musim pertamanya bersama Minnesota Timberwolves memang sangat luar biasa. Small Forward asal Kanada ini mampu mencatatkan rataan 16.9 PPG, 4.6 RPG dan 2.1 APG yang membuatnya unggul dari Nikola Mirotic yang menjadi pesaing terdekat.

Baca Juga: 5 Rookie Terbaik NBA yang Memimpin Catatan Impresif di Musim 2020/21

3. Karl-Anthony Towns 

5 Pebasket Non-USA yang Sukses Raih Gelar NBA Rookie of the Yearpotret Karl Anthony Towns (chatsports.com)

Setahun setelah kemenangan Andrew Wiggins, penghargaan NBA Rookie of the Year 2016 kembali menjadi milik pemain pick pertama yang di-draft Minnesota Timberwolves. Dia adalah Karl Anthony Towns, center berkebangsaan Republik Dominika yang mempunyai kemapuan shoot 3 angka dan cukup dominan di bawah rim.

Dengan torehan 18.3 PPG, 10.5 RPG dan 2 APG, Anthony Towns akhirnya mampu mengungguli Kristaps Porzingis dan Nikola Jokic dalam persaingan gelar NBA Rookie of the Year 2016 dengan jumlah 650 suara. 

4. Ben Simmons 

5 Pebasket Non-USA yang Sukses Raih Gelar NBA Rookie of the Yearpotret Ben Simmons (cbssports.com)

Sejatinya Ben Simmons merupakan pemain yang di-draft pada tahun 2016. Namun, di tahun tersebut, Ben Simmons mengalami cedera panjang sehingga tak sekalipun bermain di musim 2016/2017. Debutnya di NBA baru terlaksana di tahun berikutnya atau tepatnya di musim 2017/2018.

Kendati absen cukup lama, pria asal Australia ini mampu menunjukan kualitasnya sebagai calon pemain bintang. Dengan catatan 15.8 PPG, 8.1 RPG dan 8.2 APG, Ben Simmos akhirnya berhasil dinobatkan sebagai NBA Rookie of the Year 2018; hanya unggul tipis dari Donovan Mitchell dan Jayson Tatum.

5. Luka Doncic

5 Pebasket Non-USA yang Sukses Raih Gelar NBA Rookie of the Yearpotret Luka Doncic (dallasnews.com)

Pada tahun 2019, penghargaan NBA Rookie of the Year jatuh kepada Luka Doncic yang saat ini menjadi tulang punggung dari tim Dallas Mavericks. Di tahun tersebut, Doncic hanya unggul tipis dari Trae Young dengan rataan statistik 21.2 PPG, 7.8 RPG dan 6 APG.

Banyak pihak memprediksi jika penghargaan NBA Rookie of the Year merupakan pembuka keran gelar Doncic di NBA untuk masa depan. Pasalnya, pemain berkebangsaan Slovenia ini telah menjelma sebagai pemain hebat dan telah menjadi langganan NBA All-Star sejak memasuki tahun sophomore.

Itulah 5 pemain non-Amerika Serikat yang pernah mendapatkan gelar NBA Rookie of the Year. Pada gelaran NBA Draft 2021 lalu, terdapat beberapa nama pemain asing yang layak ditunggu penampilannya seperti Josh Giddey, Jonathan Kuminga dan Alperen Sengun. Namun pertanyaannya, apakah pemain-pemain asing ini akan bisa menjadi pemenang NBA Rookie of the Year tahun depan?

Baca Juga: 5 Peraih Penghargaan NBA Rookie of The Year dalam 5 Tahun Terakhir

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang skripsinya udah di-acc. Horeee!!!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya