Comscore Tracker

5 Sosok yang Debut Jadi Kepala Pelatih di NBA 2021/2022

Sejauh mana para debutan ini bisa melangkah?

Dibandingkan dengan musim-musim sebelumnya, NBA 2021/2022 mengalami cukup banyak perubahan dari komposisi tim, terutama kepala pelatih. Ada total 8 dari 30 tim yang memutuskan mengganti pelatih untuk menghadapi musim ini.

Uniknya, 5 dari 8 nama pelatih tersebut merupakan pelatih debutan. Mereka baru mencicipi posisi kepala pelatih musim ini. Lantas, siapa sajakah nama-nama tersebut dan tim mana yang menggunakan jasa mereka?

1. Ime Udoka

5 Sosok yang Debut Jadi Kepala Pelatih di NBA 2021/2022Ime Udoka (boston.cbslocal.com)

Nama pertama ialah Ime Udoka. Pada 28 Juni lalu, ia ditunjuk menjadi suksesor Brad Stevens di Boston Celtics. Ime Udoka merupakan pelatih berkebangsaan Nigeria yang pernah membela LA Lakers, San Antonio Spurs, New York Knicks, dan Portland Trail Blazers selama masih aktif bermain.

Karier kepelatihannya dimulai pada 2012 saat ditunjuk menjadi asisten pelatih Gregg Popovich di San Antonio Spurs. Setelah 7 tahun bersama Popovich, Udoka melanjutkan karier kepelatihannya bersama Philadelphia 76ers dan Brooklyn Nets, masing-masing setahun dengan posisi yang sama, sebelum akhirnya menerima tawaran dari Boston Celtics sebagai kepala pelatih pada musim ini.

2. Willie Green

5 Sosok yang Debut Jadi Kepala Pelatih di NBA 2021/2022Willie Green (skysports.com)

Kegagalan Stan van Gundy membawa New Orleans Pelicans lolos playoff musim lalu menjadi alasan tim tersebut menunjuk pelatih baru. Pada 22 Juli lalu, manajemen Pelicans akhirnya menunjuk Willie Green sebagai kepala pelatih.

Sebelum ditunjuk sebagai kepala pelatih musim ini, Willie Green sempat menjadi asisten pelatih Steve Kerr di Golden State Warriors selama 4 tahun dan asisten Monty Williams di Phoenix Suns selama 3 tahun.

Secara pengalaman, Willie Green memang cukup akrab dengan playoff dan final NBA. Saat masih menjadi asisten Steve Kerr, Green juga sempat mendapatkan dua gelar juara NBA. Hal ini mungkin jadi alasan utama Pelicans berani menunjuk Green sebagai kepala pelatih baru.

Baca Juga: Start Ciamik Golden State Warriors di NBA 2021/22

3. Wes Unseld Jr

5 Sosok yang Debut Jadi Kepala Pelatih di NBA 2021/2022Wes Unseld Jr (nba.com)

Penampilan mengecewakan Washington Wizards dalam beberapa musim terakhir membuat Scott Brooks akhirnya dipecat. Sebagai pengganti, Wizards menunjuk Wes Unseld Jr sebagai kepala pelatih pada 17 Juli 2021.

Wes Unseld Jr tidak pernah tercatat sebagai pemain profesional di NBA. Ia lebih fokus untuk meniti karier sebagai pelatih sejak 2005. Sempat menjadi asisten pelatih di Washington Wizards, Golden State Warriors, Orlando Magic dan Denver Nuggets, Wes Unseld Jr akhirnya merasakan jabatan kepala pelatih musim ini.

4. Chauncey Billups

5 Sosok yang Debut Jadi Kepala Pelatih di NBA 2021/2022Chauncey Billups (eurohoops.net)

Di antara nama lain dalalm daftar ini, Chauncey Billups menjadi pelatih debutan dengan pamor tertinggi. Pasalnya, semasa aktif sebagai pemain, prestasi dan performa Billups memang cukup mentereng. Pada awal musim ini, ia ditunjuk sebagai pelatih baru dari Portland Trail Blazers untuk menggantikan Terry Stotts.

Bicara soal pengalaman di dunia kepelatihan, Billups memang belum bicara banyak. Pengalaman 1 tahun menjadi asisten pelatih Tyronn Lue di LA Clippers merupakan satu-satunya pengalaman yang ia miliki. Menarik untuk ditunggu bagaimana sang legenda bisa berkiprah sebagai pelatih.

5. Jamahl Mosley

5 Sosok yang Debut Jadi Kepala Pelatih di NBA 2021/2022Jamahl Mosley (orlandosentinel.com)

Sejak musim lalu, Orlando Magic berencana membangun ulang skuad dengan menukar sejumlah pemain penting dengan banyak hak pilih pada NBA Draft. Perubahan jajaran pelatih juga menjadi agenda dari tim asal Florida ini.

Pada 11 Juli 2021, Orlando Magic menunjuk Jamahl Mosley sebagai kepala pelatih. Mosley memiliki pengalaman yang cukup mumpuni sebagai asisten pelatih dan pengembang pemain di beberapa tim. Denver Nuggets, Cleveland Cavaliers, dan Dallas Mavericks merupakan beberapa tim yang pernah merasakan jasanya.

Itulah lima nama kepala pelatih debutan di NBA 2021/2022. Menarik untuk ditunggu bagaimana pelatih-pelatih ini bisa berkiprah nantinya. Menurutmu, siapakah yang memiliki masa depan lebih cerah?

Baca Juga: Start Terbaik Chicago Bulls dalam Dua Dekade Terakhir di NBA

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya