5 Alumnus Gonzaga University Terbaik yang Bermain di NBA Saat Ini

Gonzaga yang berkembang cepat

Gonzaga Bulldogs dari Gonzaga University merupakan salah satu tim bola basket universitas unggulan di NCAA. Mereka juga menyumbang cukup banyak pemain ke NBA dalam beberapa tahun terakhir. Padahal, sebelum tahun 2000-an, hanya ada dua pemain NBA yang berasal dari tim Gonzaga Bulldogs, yakni John Stockton dan Mike Champion.

Ada setidaknya lima nama alumnus Gonzaga Bulldogs terbaik yang bermain di NBA 2021/2022. Siapa saja mereka?

1. Jalen Suggs

5 Alumnus Gonzaga University Terbaik yang Bermain di NBA Saat IniJalen Suggs (nba.com)

Jalen Suggs merupakan salah satu pemain unggulan yang berasal dari NBA Draft 2021. Ia terpilih pada urutan kelima oleh Orlando Magic yang masih jadi timnya saat ini. Sebelum bermain di NBA, Jalen Suggs sempat kuliah di Gonzaga University selama setahun.

Walaupun dirinya gagal menjadi finalis NBA Rookie of the Year atau sekedar memenangi satu gelar NBA Rookie of the Month, Jalen Suggs mampu tampil cukup baik untuk Orlando Magic pada 2021/2022. Ia mencatatkan rata-rata 11,7 poin, 3,5 rebound, dan 4,3 assist per game yang membuatnya menjadi salah satu pemain penting di tim asal Florida tersebut.

2. Domantas Sabonis

5 Alumnus Gonzaga University Terbaik yang Bermain di NBA Saat IniDomantas Sabonis berseragam Gonzaga Bulldogs (instagram.com/dsabonis11)

Domantas Sabonis menjadi satu-satunya alumnus Gonzaga Bulldogs aktif di NBA yang pernah mengikuti NBA All-Star Game. Power forward asal Lithuania ini pernah mengikuti NBA All-Star Game sebanyak dua kali pada 2020 dan 2021.

Sabonis menghabiskan 2 tahun bersama Gonzaga Bulldogs pada 2014—2016. Padahal ia pernah bermain secara profesional di Unicaja Malaga di Spanyol. Pada NBA Draft 2016, Sabonis terpilih di urutan ke-11 oleh Orlando Magic sebelum ditukar ke Oklahoma City Thunder.

Baca Juga: 5 Alumnus Villanova University Terbaik yang Kini Bermain di NBA

3. Rui Hachimura

5 Alumnus Gonzaga University Terbaik yang Bermain di NBA Saat IniRui Hachimura (rappler.com)

Hingga NBA Draft 2021, Rui Hachimura masih menjadi pebasket Jepang dengan urutan draf tertinggi. Pemain yang lahir di prefektur Toyama ini terpilih pada urutan ke-9 oleh Washington Wizards pada NBA Draft 2019.

Hachimura juga masih menjadi bagian dari Washington Wizards, tim yang membantunya masuk ke dalam NBA All-Rookie Second Team 2020. Sebelum terjun ke NBA, Hachimura bermain cukup lama untuk Gonzaga Bulldogs.

Ia tercatat berada di tim tersebut selama 3 tahun. Hachimura pernah satu tim dengan Zach Collins, Killian Tillie, dan Brandon Clarke.

4. Brandon Clarke

5 Alumnus Gonzaga University Terbaik yang Bermain di NBA Saat IniBrandon Clarke (nba.com)

Brandon Clarke merupakan satu dari sekian banyak pemain yang jadi kekuatan utama tim muda Memphis Grizzlies pada 2021/2022 ini. Pada NBA Draft 2019, Clarke terpilih di urutan ke-21 oleh Oklahoma City Thunder sebelum ditukar ke Memphis Grizzlies.

Pada musim pertamanya di NBA, ia tampil sangat gemilang. Clarke mampu masuk ke dalam NBA All-Rookie First Team 2020 bersama Ja Morant, Zion Williamson, dan Kendrick Nunn. Sebelum berkarier profesional di NBA, ia pernah kuliah di dua tempat berbeda.

Kali pertama, Clarke bermain untuk San Jose Spartans dari San Jose State University, terhitung pada 2015—2017. Pada 2018, Clarke pindah ke Gonzaga University dan membela Gonzaga Bulldogs selama semusim.

5. Kelly Olynyk

5 Alumnus Gonzaga University Terbaik yang Bermain di NBA Saat IniKelly Olynyk (nba.com)

Nama yang terakhir ialah Kelly Olynyk, power forward berkebangsaan Kanada yang saat ini bermain untuk Detroit Pistons. Olynyk cukup lama di Gonzaga Bulldogs. Ia bermain pada 2009—2013.

Pemain Kanada ini dipilih di urutan ke-13 oleh Dallas Mavericks dan langsung ditukar ke Boston Celtics dengan Lucas Nogueira dan dua second round picks pada NBA Draft 2013. Olynyk memang tumbuh sebagai pemain yang biasa saja. Prestasi individu terbaiknya di NBA ialah terpilih jadi bagian NBA All-Rookie Second Team 2014.

Selain lima nama di atas, Corey Kispert, Zach Collins, dan Killian Tillie juga tercatat sebagai alumni Gonzaga yang saat ini bermain di NBA. Pada NBA Draft 2022 mendatang, terdapat nama Chet Holmgren yang digadang-gadang sebagai pemain unggulan. Menarik untuk dinanti tim manakah yang akan mendapatkan jasanya nanti.

Baca Juga: 5 Alumnus University of Michigan Terbaik yang Bermain di NBA Saat ini

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya