5 Alumnus Marquette University yang Bermain di NBA Saat Ini

Tiga di antaranya gagal terpilih pada NBA Draft

Marquette Golden Eagles merupakan nama tim bola basket Marquette University yang berlokasi di Milwaukee, Wincosin, Amerika Serikat. Bicara soal kiprah tim ini di NCAA, Marquette mengalami performa yang tak stabil.

Mereka tak selalu mengikuti ajang NCAA Divisi I tiap tahunnya. Hingga 2022, mereka baru menjadi juara pada NCAA 1977. Meski begitu, alumnusnya cukup berkualitas.

Lantas, siapa saja alumnus Marquette University yang bermain di NBA saat ini? Simak ulasannya berikut ini!

1. Wesley Matthews

5 Alumnus Marquette University yang Bermain di NBA Saat IniWesley Matthews (nba.com)

Alumnus Marqutte Golden Eagles tertua yang saat ini masih aktif bermain di NBA adalah Wesley Matthews. Shooting guard berusia 35 tahun ini berada di tim Golden Eagles selama 4 tahun, yakni dari 2005 hingga ikut serta pada NBA Draft 2009.

Sayangnya, Matthews gagal terpilih pada gelaran tersebut. Beruntung baginya karena Utah Jazz memberikan kontrak yang membuat napas karier Matthews di NBA bisa bertahan hingga sekarang. Sejak 2021, Matthews merupakan bagian dari Milwaukee Bucks.

2. Jimmy Butler

5 Alumnus Marquette University yang Bermain di NBA Saat IniJimmy Butler (nba.com)

Jimmy Butler menjadi pemain paling mentereng di antara nama lain dalam daftar ini. Keikutsertaannya dalam 8 NBA All-Star Game, 4 kali masuk All-NBA Third Team, 5 kali masuk NBA All-Defensive Second Team, dan menjadi pemenang NBA Most Improved Player 2018 menjadi alasannya.

Sebelum berkarier di NBA, Jimmy Butler pernah bermain untuk Marquette Golden Eagles selama 3 tahun. Momen tersebut terjadi dari 2008 hingga terpilih di urutan ke-30 pada NBA Draft 2011 oleh Chicago Bulls.

Baca Juga: 5 Alumnus Vanderbilt University yang Bermain di NBA Saat Ini

3. Jae Crowder

5 Alumnus Marquette University yang Bermain di NBA Saat IniJae Crowder (nba.com)

Setahun setelah Jimmy Butler ikut serta dalam NBA Draft, Jae Crowder melanjutkan jejak Marquette Golden Eagles di ajang NBA Draft. Ia terpilih di urutan ke-34 oleh Cleveland Cavaliers sebelum ditukar ke Dallas Mavericks.

Saat masih berada di bangku kuliah, pemain yang kini membela Phoenix Suns ini cukup sering berpindah-pindah tim. Marquette University yang ditempatinya selama 2 tahun (2010—2012) merupakan universitas terakhir yang ia tempati sebelum masuk NBA.

4. Juan Toscano-Anderson

5 Alumnus Marquette University yang Bermain di NBA Saat IniJuan Toscano-Anderson (nba.com)

Juan Toscano-Anderson merupakan pebasket asal Meksiko pertama yang menjadi juara di NBA. Ia sukses menjadi juara pada 2022 bersama Golden State Warriors, tim yang ia bela selama 2 tahun.

Musim depan, ia akan bermain untuk Los Angeles Lakers. Jauh sebelum itu, Toscano-Anderson pernah membela Marquette Golden Eagles sealama 4 tahun (2011—2015). Sayangnya, ia gagal terpilih dan akhirnya memulai karier profesionalnya di Meksiko bersama Soles de Mexicali.

5. Sam Hauser

5 Alumnus Marquette University yang Bermain di NBA Saat IniSam Hauser (nba.com)

Sama seperti Wesley Matthews dan Juan Toscano-Anderson, Sam Hauser juga gagal terpilih pada gelaran NBA Draft. Pemain yang berposisi sebagai small forward ini gagal terpilih pada NBA Draft 2021 sebelum mendapatkan kontrak dari Boston Celtics yang jadi timnya sekarang.

Saat masih kuliah, Sam Hauser pernah membela dua tim berbeda, yakni Marquette Golden Eagles dan Virginia Cavaliers. Saat membela Golden Eagles, Hauser menetap selama 3 tahun, tepatnya pada 2016—2019.

Jimmy Butler masih jadi satu-satunya alumnus Marquette Golden Eagles yang sukses berprestasi secara individu di NBA hingga sekarang. Akankah ada pemain NBA yang menyamai prestasi tersebut?

Baca Juga: 5 Alumnus Auburn University yang Bermain di NBA Saat Ini

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya