Deretan Pemain yang Memimpin Torehan Statistik di EuroBasket 2022

Beberapa merupakan pemain NBA

FIBA EuroBasket 2022 resmi berakhir dengan Spanyol sebagai juara. Dalam laga final di Berlin Arena, Berlin, Jerman, Senin (19/9/2022), Spanyol sukses menundukkan Prancis. Hasil ini membawa mereka mendapatkan gelar keempat dalam sejarah keikutsertaan mereka di EuroBasket.

Pada laga yang sama, Willy Hernangomez keluar sebagai EuroBasket MVP. Namun, Hernangomez tak memimpin satu pun perolehan statistik di turnamen antarnegara Eropa tersebut.

Lantas, siapa sajakah pemain yang sukses jadi pemuncak perolehan statistik? Inilah deretan pemain yang memimpin torehan statistik di EuroBasket 2022.

1. Meski gagal membawa Yunani juara, Giannis Antetokounmpo sukses menjadi pemain dengan rata-rata poin tertinggi (29,3 poin)

Deretan Pemain yang Memimpin Torehan Statistik di EuroBasket 2022Giannis Antetokounmpo tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

2. Tulang punggung Bulgaria pada EuroBasket 2022, Aleksandar Vezenkov, sukses mengoleksi rata-rata 12,2 rebound per game 

Deretan Pemain yang Memimpin Torehan Statistik di EuroBasket 2022Aleksander Vezenkov saat membela Timnas Bulgaria. (instagram.com/sashavezenkov)

3. Rekan senegara Vezenkov, Dee Bost, juga berhasil memimpin perolehan statistik dalam hal assist, yakni 8,4 assist per game

Deretan Pemain yang Memimpin Torehan Statistik di EuroBasket 2022Dee Bost tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

4. Pemain andalan Ukraina pada EuroBasket 2022, Sviatoslav Mykhailiuk, sukses membukukan rata-rata 2,2 steal per game 

Deretan Pemain yang Memimpin Torehan Statistik di EuroBasket 2022Sviatoslav Mykhailiuk tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

5. Untuk urusan blok per game, Jusuf Nurkic menjadi penguasanya. Center Bosnia-Herzegovina ini sukses menorehkan dua blok per game

Deretan Pemain yang Memimpin Torehan Statistik di EuroBasket 2022Jusuf Nurkic tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Baca Juga: Spanyol Juara EuroBasket 2022, Willy Hernangomez MVP!

6. Johannes Thiemann yang membawa Jerman meraih peringkat tiga mencatatkan persentase free throw tertinggi dengan 96,4 persen

Deretan Pemain yang Memimpin Torehan Statistik di EuroBasket 2022Johannes Thiemann tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

7. Bigman veteran Republik Ceko, Jan Vesely, menjadi pemain dengan persentase field goal tertinggi, yakni sebesar 68,5 persen 

Deretan Pemain yang Memimpin Torehan Statistik di EuroBasket 2022Jan Vesely tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

8. Selain memimpin rata-rata rebound per game, Aleksandar Vezekov juga jadi pemain dengan rata-rata menit tertinggi, yakni 37,1 menit per game 

Deretan Pemain yang Memimpin Torehan Statistik di EuroBasket 2022Aleksandar Vezenkov tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

9. Pemain dengan jumlah turnover terbanyak justru jatuh kepada Luka Doncic yang rata-rata kehilangan 4,3 bola per game

Deretan Pemain yang Memimpin Torehan Statistik di EuroBasket 2022Luka Doncic tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

10. Miralem Halilovic dari Bosnia-Herzegovina menjadi pemain paling kotor di EuroBasket 2022. Ia mencatat rata-rata 3,8 personal foul per game 

Deretan Pemain yang Memimpin Torehan Statistik di EuroBasket 2022Miralem Halilovic tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Meski tak ada satu pun pemain Spanyol yang bertengger sebagai pemimpin statistik, mereka sukses menjadi juara. EuroBasket selanjutnya akan digelar pada 2025 dengan empat tuan rumah, yakni Polandia, Latvia, Siprus, dan Finlandia.

Baca Juga: 10 Potret Andreas Obst, Shooter Jitu Andalan Jerman di EuroBasket 2022

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya