Deron Williams dan Draft Terbaik Utah Jazz 30 Tahun Terakhir

Siapa yang terbaik menurutmu?

Dari sejarahnya, Utah Jazz bukanlah tim yang sarat prestasi. Sejak berdiri pada 1974, prestasi mereka mentok menjadi juara Wilayah Barat tanpa sekalipun menjadi juara NBA.

Bahkan, pada zaman kejayaan mereka, ketika John Stockton dan Karl Malone masih aktif bermain, Utah Jazz belum bisa menjadi juara NBA. Kendati demikian, Utah Jazz punya rekam jejak cukup baik dalam ajang NBA Draft. Beberapa pemain yang mereka pilih memiliki karier yang baik. Ada juga yang berlabel pemain bintang.

Berikut ini kami sajikan lima pemain terbaik yang dipilih Utah Jazz lewat NBA Draft dalam kurun waktu 30 tahun terakhir. Check this out!

1. Andrei Kirilenko

Deron Williams dan Draft Terbaik Utah Jazz 30 Tahun TerakhirAndrei Kirilenko (usatoday.com)

Hingga saat ini Andrei Kirilenko masih dianggap sebagai pebasket berkebangsaan Rusia terbaik dalam sejarah. Beruntung bagi Utah Jazz, yang pada gelaran NBA Draft 1999 berhasil mendapatkan Kirilenko di urutan 24.

Walaupun dipilih pada 1999, Kirilenko pertama kali bermain di NBA pada 2001. Dalam 13 tahun kariernya di NBA, Kirilenko menghabiskan 10 musim bermain untuk Utah Jazz. Di tim inilah masa kejayaan Kirilenko di NBA tercipta.

Kirilenko sempat menjadi bagian dari NBA All-Star 2004, NBA All-Defensive First Team 2006, NBA Block Leader 2005, dan NBA All-Defensive Second Team 2004 dan 2005. Selain Utah Jazz, Brooklyn Nets dan Minnesota Timberwolves juga pernah ia bela di NBA.

2. Mo Williams

Deron Williams dan Draft Terbaik Utah Jazz 30 Tahun TerakhirMo Williams (nba.com)

Sama seperti Andrei Kirilenko, Mo Williams juga tercatat hanya sekali bermain dalam NBA All-Star Game. Pada gelaran NBA Draft 2003, ia dipilih oleh Utah Jazz pada urutan ke-47 dan bermain selama 1 musim untuk tim ini.

Sulitnya berkembang bersama Utah Jazz membuat Mo Williams memilih untuk berkelana ke banyak tim NBA, termasuk Milwaukee Bucks dan Cleveland Cavaliers, yang menjadi tim terbaik selama kariernya. Mo Williams juga tercatat pernah menjadi juara NBA, yakni pada 2016 bersama Cleveland Cavaliers.

Baca Juga: 5 'Steal Draft' Terbaik di 5 Edisi Terakhir Gelaran NBA Draft

3. Deron Williams

Deron Williams dan Draft Terbaik Utah Jazz 30 Tahun TerakhirDeron Williams (nba.com)

Deron Williams pernah menjadi point guard hebat dan diandalkan oleh timnas Amerika Serikat di ajang internasional. Pada Olimpiade Beijing 2008 dan London 2012, Williams berhasil membawa timnas Amerika Serikat menjadi juara dan meraih medali emas.

Di NBA, catatannya juga cukup baik. Pemain yang dipilih Utah Jazz pada urutan ke-3 NBA Draft 2005 ini tercatat 3 kali masuk NBA All-Star Game, 2 kali All-NBA Second Team, dan 1 kali NBA All-Rookie First Team 2006.

4. Paul Millsap

Deron Williams dan Draft Terbaik Utah Jazz 30 Tahun TerakhirPaul Millsap (milehighsports.com)

Pada gelaran NBA Draft 2006, Utah Jazz berhasil mendapatkan salah satu steal draft dalam diri Paul Millsap. Pemain yang berposisi sebagai power forward ini dipilih pada urutan ke-47. Ia sempat bermain selama 7 musim untuk Utah Jazz.

Namun, masa kejayaannya di NBA baru tercipta ketika Millsap bergabung ke Atlanta Hawks pada 2013. Dalam kurun waktu 5 musim, Paul Millsap berhasil mengikuti empat kali NBA All-Star Game dan tergabung dalam NBA All-Defensive Second Team 2016.

5. Gordon Hayward

Deron Williams dan Draft Terbaik Utah Jazz 30 Tahun TerakhirGordon Hayward (si.com)

Gordon Hayward pernah menjadi pentolan dan pemain tumpuan Utah Jazz. Hayward yang dipilih Utah Jazz pada urutan ke-9 NBA Draft 2010 tercatat bermain selama 7 musim dengan rataan 15,7 PPG, 4,5 RPG, dan 3,5 APG sebagai seorang small forward.

Satu-satunya NBA All-Star Game yang pernah ia ikuti juga terjadi saat ia membela Utah Jazz, tepatnya pada 2017. Cedera parah yang pernah ia alami kala baru pindah ke Boston Celtics diduga menjadi penyebab utama turunnya performa Gordon Hayward.

Sama seperti zaman Karl Malone dan John Stockton, kini Utah Jazz juga memiliki duet hebat dalam diri Donovan Mitchell dan Rudy Gobert. Pertanyaannya, mampukah kedua pemain ini mewujudkan mimpi Utah Jazz untuk menjadi juara NBA?

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik yang Dipilih Toronto Raptors via NBA Draft

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya