Comscore Tracker

5 Pemain Terbaik yang Di-draft Denver Nuggets dalam 30 Tahun Terakhir

Dikembe Mutombo, Carmelo Anthony, hingga Nikola Jokic

Bicara tentang pencarian bakat di NBA, Denver Nuggets bisa disebut sebagai salah satu tim yang memiliki scouting terbaik di NBA. Walaupun tidak pernah menjuarai NBA, Denver Nuggets selalu berhasil menemukan dan mengorbitkan pemain-pemain hebat yang nantinya akan berprestasi.

Terutama dalam 30 tahun terakhir, mereka selalu sukses mendapatkan pemain-pemain besar dari gelaran NBA Draft. Penasaran siapa saja 5 pemain terbaik yang berhasil di-draft Denver Nuggets dalam kurun waktu 30 tahun terakhir? Berikut kami sajikan daftarnya, check this out!

1. Dikembe Mutombo

5 Pemain Terbaik yang Di-draft Denver Nuggets dalam 30 Tahun Terakhirdawsonwineadvisor.com

Center kokoh asal Republik Demokratik Kongo, Dikembe Mutombo, menjadi nama pertama dalam daftar ini. Mutombo di-draft di urutan ke-4 oleh Denver Nuggets pada gelaran NBA Draft tahun 1991. Selama kariernya di NBA, Mutombo dikenal sebagai center yang kokoh dan jago dalam bertahan, terutama dalam melakukan blok.

Hingga saat ini Mutombo masih tercatat sebagai peringkat kedua NBA all-time blocks leaders di bawah Hakeem Olajuwon. Dari total 18 musim berkarier di NBA, Denver Nuggets menjadi salah satu tim terlama yang ia bela dari 6 tim yang pernah dibela Mutombo di NBA.

Walaupun tidak pernah meraih gelar juara NBA, 8 kali keikutsertaannya dalam NBA All-Star Game dan 4 kali penghargaan Defensive Player of the Year menjadi bukti dari kehebatannya. Dengan jasa dan prestasinya tersebut, nomor punggung 55 yang biasa ia kenakan akhirnya dipensiunkan oleh Denver Nuggets dan Atlanta Hawks yang merupakan mantan timnya.

2. Carmelo Anthony

5 Pemain Terbaik yang Di-draft Denver Nuggets dalam 30 Tahun Terakhirsi.com

Kualitas Carmelo Anthony sebagai seorang pebasket sudah tidak diragukan lagi. Kecepatan dan kemampuannya dalam ball handling adalah beberapa hal yang bisa diingat dari seorang Carmelo Anthony. Salah satu masa terbaiknya di NBA ialah kala ia membela Denver Nuggets.

Sejak di-draft di urutan ke-3 pada gelaran NBA Draft 2003, Melo telah menunjukkan kelasnya sebagai seorang superstar. Bersama LeBron James, ia selalu bersaing menjadi yang terbaik dalam kurun waktu belasan tahun. Selama berkarier di NBA, ia sudah 10 kali berpartisipasi dalama ajang NBA All-Star Game.

Tidak hanya itu, ia juga merupakan salah satu pemain langganan yang sering dipanggil oleh Timnas Amerika Serikat. Raihan 3 medali emas dan 1 medali perunggu di Olimpiade hanyalah sebagian prestasi yang berhasil Melo raih bersama Timnas Amerika Serikat. Di umurnya yang telah menginjak 36 tahun, Melo sedang berjuang untuk meraih gelar juara NBA pertama dalam kariernya.

Baca Juga: 5 Peraih Penghargaan NBA Sixth Man of the Year dalam 5 Tahun Terakhir

3. Rudy Gobert

5 Pemain Terbaik yang Di-draft Denver Nuggets dalam 30 Tahun Terakhirinstagram.com/rudygobert27

Rudy Gobert dikenal sebagai salah satu center terbaik yang pernah dimiliki Utah Jazz. Namun, jarang ada yang mengetahui bahwa Rudy Gobert sebenarnya di-draft oleh Denver Nuggets. Pemain berkebangsaan Prancis ini di-draft di urutan ke-27 pada NBA Draft tahun 2013 sebelum akhirnya di-trade ke Utah Jazz.

Kini Gobert dikenal sebagai center yang hebat dalam bertahan, terutama dalam melakukan blok. Dalam beberapa tahun terakhir, prestasi individu Gobert semakin meningkat seiring dengan permainan impresifnya bersama Utah Jazz.

Penghargaan NBA Defensive Player of the Year yang ia raih tahun 2018 dan 2019 serta 2 kali keikutsertaanya di NBA All-Star Game menjadi bukti betapa dominannya Gobert di NBA.

4. Nikola Jokic

5 Pemain Terbaik yang Di-draft Denver Nuggets dalam 30 Tahun Terakhirdenverpost.com

Pada gelaran NBA Draft tahun 2015, Denver Nuggets benar-benar mendapatkan sebuah steal draft di dalam diri seorang Nikola Jokic. Di tahun tersebut, Jokic di-draft di urutan ke-41 oleh Denver Nuggets dan kini Jokic telah menjelma sebagai center komplet dengan  kemampuan playmaking dan shoot three points di samping kemampuan dasarnya sebagai seorang center.

Tidak ada yang menyangka memang bila Nikola Jokic akan menjadi pemain hebat suatu hari nanti. Namun, faktanya Denver Nuggets berhasil menemukan dan mengasah kemampuannya seperti saat ini. Kini pemain berjuluk The Joker ini telah berada di level superstar dan menjadi kandidat pemenang NBA MVP musim ini.

5. Donovan Mitchell

5 Pemain Terbaik yang Di-draft Denver Nuggets dalam 30 Tahun Terakhirfivethirtyeight.com/Getty Images

Sama seperti Rudy Gobert, Donovan Mitchell juga di-draft oleh Denver Nuggets sebelum akhinrnya di-trade ke Utah Jazz. Donovan Mitchell di-draft di urutan ke-13 pada gelaran NBA Draft tahun 2017.

Banyak penggemar NBA mengaku bahwa Donovan Mitchell merupakan aset masa depan NBA. Hingga saat ini, Donovan telah ikut serta dalam dua kali NBA All-Star Game dan menjadi juara NBA Slam Dunk Contest tahun 2018.

Kini bersama Rudy Gobert, Mitchell menjelma pemain penting dan berhasil membawa Utah Jazz tampil luar biasa musim ini. Semoga saja dengan penampilan yang konsisten bersama Utah Jazz musim ini, Donovan Mitchell bisa meraih gelar juara NBA pertamanya.

 

Itulah 5 pemain terbaik yang di-draft oleh Denver Nuggets dalam 30 tahun terakhir penyelenggaraan NBA Draft. Menurutmu, siapa yang terbaik? Adakah lagi yang lebih baik daripada mereka?

Baca Juga: 7 Pemain Undrafted Terbaik dalam 5 Edisi NBA Draft Terakhir

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya