10 Potret Ivica Zubac, Center Tangguh LA Clippers asal Kroasia

Jagoan di bawah rim LA Clippers! 

Negara pecahan Yugoslavia jadi salah satu penghasil pebasket berkelas di Eropa, salah satunya adalah negara Kroasia. Meski lebih dikenal karena sepak bola, kualitas pebasket asal Kroasia juga tak diragukan. Banyak pemain basket berkelas asal Kroasia yang merumput di NBA, sebut saja Bojan Bogdanovic, Dario Saric, dan Toni Kukoc.

Timnas bola basket Kroasia pun saat ini memiliki seorang center tangguh dalam diri Ivica Zubac. Pemain yang kini bermain untuk LA Clippers tersebut punya kualitas hebat sebagai seorang pemain di bawah rim.

Mengenal sosok Ivica Zubac lebih dekat, intip sederet fakta menariknya berikut, yuk!

1. Ivica Zubac lahir di kota Mostar, Bosnia & Herzegovina, pada 18 Maret 1997. Saat ini usianya telah menginjak 25 tahun 

10 Potret Ivica Zubac, Center Tangguh LA Clippers asal KroasiaPotret Ivica Zubac (instagram.com/ivicazubac)

2. Kota Mostar merupakan wilayah perbatasan timur negara Kroasia. Oleh karena itu, ia lebih memilih untuk membela Timnas Kroasia 

10 Potret Ivica Zubac, Center Tangguh LA Clippers asal KroasiaIvica Zubac saat membela Timnas Kroasia (instagram.com/ivicazubac)

3. Saat ini, Ivica Zubac menjadi andalan di posisi center Timnas Kroasia. Ia pernah mengantarkan negaranya jadi juara kedua FIBA World Cup U19

10 Potret Ivica Zubac, Center Tangguh LA Clippers asal KroasiaIvica Zubac saat membela Timnas Kroasia pada FIBA European U-18 (instagram.com/ivicazubac)

4. Karier profesionalnya sebagai pebasket dimulai ketika ia bergabung dengan tim Zrinjevac di Kroasia pada 2013 

10 Potret Ivica Zubac, Center Tangguh LA Clippers asal KroasiaIvica Zubac saat membela Cibona (instagram.com/ivicazubac)

5. Ia juga pernah membela Cibona (2014—2016) dan KK Mega Leks (2016) sebelum memulai kariernya di NBA

10 Potret Ivica Zubac, Center Tangguh LA Clippers asal KroasiaIvica Zubac saat berseragam Mega Leks (instagram.com/ivicazubac)

Baca Juga: 5 Center Terbaik NBA pada 2021/2022, Ada MVP!

6. Pada gelaran NBA Draft 2016, Ivica Zubac dipilih di urutan ke-32 oleh Los Angeles Lakers, tim yang ia bela selama 3 tahun 

10 Potret Ivica Zubac, Center Tangguh LA Clippers asal KroasiaIvica Zubac saat berseragam LA Lakers (instagram.com/ivicazubac)

7. Sayangnya, ia lebih sering bermain di G-League untuk South Bay Lakers. Ia hanya bermain penuh selama semusim di NBA pada 2019 

10 Potret Ivica Zubac, Center Tangguh LA Clippers asal KroasiaIvica Zubac saat berseragam LA Lakers (instagram.com/ivicazubac)

8. Melalui proses trade dengan Mike Muscala, Ivica Zubac akhirnya pindah ke LA Clippers pada tahun 2019 

10 Potret Ivica Zubac, Center Tangguh LA Clippers asal KroasiaIvica Zubac dalam sesi latihan LA Clippers (instagram.com/ivicazubac)

9. Dengan progresi penampilan yang menjanjikan, kini Zubac menjelma sebagai center tangguh andalan tim LA Clippers

10 Potret Ivica Zubac, Center Tangguh LA Clippers asal KroasiaIVica Zubac saat berseragam LA Clippers (instagram.com/ivicazubac)

10. Penampilan terbaik Zubac di NBA terjadi pada musim 2021/2022 dengan rata-rata 10,3 poin, 6,5 rebound, dan 1,6 assist per game

10 Potret Ivica Zubac, Center Tangguh LA Clippers asal KroasiaIvica Zubac dan Mateo Kovacic (instagram.com/ivicazubac)

Jika dibandingkan dengan center dari 29 tim NBA lainnya, Ivica Zubac memang masih kalah kualitas dari banyak nama. Meski begitu, jika mampu tampil konsisten bukan tak mungkin jika Zubac akan melesat menjadi center elit, seperti Rudy Gobert, Karl Anthony Towns, Joel Embiid, atau Nikola Jokic.

Baca Juga: Rekrut John Wall Bukti Los Angeles Clippers Serius Bidik Gelar Juara?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya