Comscore Tracker

5 Jebolan Akademi Torino yang Pernah Bermain di Premier League

Dari legenda hingga pemain berkualitas!

Torino merupakan salah satu tim bersejarah di kompetisi Serie A Italia. Tim yang jadi rival sekota Juventus ini memiliki sisten akademi yang cukup baik. Beberapa pemain legenda seperti Fabio Quagliarella, Giuseppe Pancaro hingga Christian Vieri lahir dari tim ini.

Tak hanya punya catatan hebat di Italia, jebolan akademi Torino juga merambah ke liga lain, salah satunya ialah English Premier League. Hingga tahun 2022, total ada lima pemain jebolan akademi Torino yang pernah merumput di EPL. Berikut ini daftar dan ulasannya

1. Benny Carbone

5 Jebolan Akademi Torino yang Pernah Bermain di Premier LeagueBenny Carbone (skysports.com)

Benny Carbone merupakan jebolan akademi Torino pertama yang merumput di English Premier League. Pemain yang berposisi sebagai second striker ini pertama kali datang ke EPL pada tahun 1995 untuk bergabung dengan Sheffield Wednesday.

Tak hanya Sheffield Wednesday, Carbone juga pernah membela Aston Villa, Bradford dan Middlesborugh di EPL. Carbone masih jadi pemain jebolan akademi Torino dengan laga terbanyak di EPL. Total ia mencatatkan  177 penampilan dalam kurun waktu enam musim membela empat klub tersebut.

2. Dino Baggio

5 Jebolan Akademi Torino yang Pernah Bermain di Premier LeagueDino Baggio (twitter.com/serieaffc)

Nama selanjutnya adalah gelandang legendaris timnas Italia, Dino Baggio. Pemain yang pernah membela Juventus, Inter Milan dan Lazio ini berada di tim akademi Torino selama enam tahun, terhitung sejak 1984 hingga promosi pada tahun 1990.

Karier Dino di tanah Ratu Elizabeth ini dimulai pada paruh pertama musim 2003/2004. Pada musim tersebut, Dino bergabung dengan Blackburn Rovers dari Lazio. Akan tetapi, Dino hanya bermain dalam 9 penampilan sebelum kembali ke Italia untuk bergabung dengan Ancona.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Juventus yang Pernah Bermain di EPL

3. Angelo Ogbonna

5 Jebolan Akademi Torino yang Pernah Bermain di Premier LeagueAngelo Ogbonna (skysports.com)

Angelo Ogbonna menjadi satu-satunya pemain jebolan akademi Torino yang merumput bersama tim English Premier League musim 2021/2022. Bek Italia yang memiliki darah Nigeria ini berada di akademi Torino selama empat tahun (2002—2006).

Kariernya di EPL bermula pada tahun 2015 ketika ia bergabung dengan West Ham United dari Juventus. Dalam beberapa musim, Ogbonna selalu tampil sebagai pemain andalan untuk tim berjuluk The Hammers tersebut.

Hingga akhir musim 2021/2022, Ogbonna telah mencatat 174 penampilan dengan kontribusi 8 gol serta 1 assist di kasta tertinggi sepak bola Inggris tersebut.

4. Antonio Barreca

5 Jebolan Akademi Torino yang Pernah Bermain di Premier LeagueAntonio Barecca (skysports.com)

Pada paruh kedua musim 2018/2019, Newcastle United pernah meminjam seorang bek kiri berkebangsaan Italia dari AS Monaco. Dia adalah Antonio Barreca yang pernah menimba ilmu di akademi Torino selama dua belas tahun (2002—2014).

Namun sayang, penampilan Barreca pada saat berseragam The Magpies tak begitu dikenang. Pasalnya, Barreca hanya mencatat satu penampilan dalam enam bulan, itu pun hanya dalam empat menit. Saat ini, Barreca bermain untuk Empoli di Serie B.

5. Moise Kean

5 Jebolan Akademi Torino yang Pernah Bermain di Premier LeagueMoise Kean (skysports.com)

Kebanyakan penggemar sepak bola hanya mengetahui jika Moise Kean berasal dari akademi Juventus. Padahal sebelum bergabung dengan akademi Juventus pada tahun 2011, Moise Kean terlebih dahulu menimba ilmu di tim akademi Torino selama empat tahun.

Hingga musim ini, Moise Kean masih berstatus sebagai pemain Everton meskipun bolak balik dipinjamkan. Striker berkebangsaan Italia ini telah mecatatkan 32 penampilan dalam dua musim, sejak bergabung dengan Everton pada tahun 2019.

 

Meskipun prestasinya saat ini tak sementereng Juventus, namun Torino tetap jadi tim hebat nan legendaris. Pemain-pemain hebat dan gelar juara yang telah mereka miliki adalah bukti nyata dari klub berjuluk Il Toro ini.

Baca Juga: 10 Potret Andrea Belotti, Striker Tajam Italia Andalan Torino

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya