Josh Giddey dan Deretan Pebasket Termuda di NBA 2021/2022

Didominasi rookie non-Amerika Serikat

NBA sering kali disebut sebagai tempat bertemunya para pebasket terbaik dunia. Hal ini cukup beralasan mengingat NBA telah dianggap sebagai liga bola basket terbaik sejak lama. NBA bahkan menjadi mimpi bagi para pebasket profesional dari seluruh dunia.

Musim ini cukup luar biasa. Beberapa pemain muda berbakat hadir untuk bersaing bersama pemain senior. Berikut ini kami sajikan daftar lima pebasket termuda di NBA 2021/2022. Check this out!

1. Joshua Primo

Josh Giddey dan Deretan Pebasket Termuda di NBA 2021/2022Joshua Primo (nba.com)

Joshua Primo tercatat sebagai pebasket termuda yang bermain di NBA 2021/2022. Primo merupakan shooting guard asal Kanada yang lahir pada 24 Desember 2002. Saat ini, usianya baru 18 tahun.

Pada NBA Draft 2021 lalu, Primo terpilih di urutan ke-12 oleh San Antonio Spurs yang menjadi timnya saat ini. Sejauh musim ini, Primo baru mencatatkan tiga penampilan bersama Spurs. Untuk menambah jam terbangnya di kompetisi profesional, Joshua Primo sering kali dikirim untuk bermain di G League bersama tim Austin Toros.

2. Josh Giddey

Josh Giddey dan Deretan Pebasket Termuda di NBA 2021/2022Josh Giddey (nba.com)

Nama selanjutnya ialah Josh Giddey. Pemain ini lahir pada 10 Oktober 2002. Usianya 19 tahun. Sebelum bermain di NBA, Josh Giddey telah merasakan kompetisi profesional di negaranya, Australia, bersama Adelaide 36ers selama semusim.

Pada musim tersebut, Giddey terpilih menjadi NBL Rookie of the Year 2021. Hal tersebutlah yang menjadi alasan Oklahoma City Thunder berani berinvestasi dengan merekrut Giddey. Thunder memilihnya di urutan ke-6 pada NBA Draft 2021.

Sejauh ini, penampilan Giddey memang sangat memukau. Point guard berumur 19 tahun itu mampu menjadi pengatur serangan utama Thunder dan menjadi kandidat kuat peraih NBA Rookie of the Year musim ini.

Baca Juga: Robbie Hummel, Komentator yang Melejitkan Amerika Serikat di Dunia 3x3

3. Jonathan Kuminga

Josh Giddey dan Deretan Pebasket Termuda di NBA 2021/2022Jonathan Kuminga (nba.com)

Terpilih di urutan ke-7 pada gelaran NBA Draft 2021, Jonathan Kuminga menjadi pemain termuda di tim Golden State Warriors musim ini. Pemain kelahiran Republik Demokratik Kongo pada 6 Oktober 2002 ini sebelumnya bermain di tim NBA G League Ignite bersama Jalen Green dan Isaiah Todd. Usianya kini 19 tahun.

Susunan pemain Golden State Warriors musim ini cukup ideal. Mereka mengombinasikan pemain muda dan pemain senior. Namun, karena hal ini jugalah Kuminga masih mendapatkan menit bermain yang minim. Ia beberapa kali dikirim untuk bermain bersama Santa Cruz Warriors di G League.

4. Jaden Springer

Josh Giddey dan Deretan Pebasket Termuda di NBA 2021/2022Jaden Springer (nba.com)

Satu-satunya pemain berkebangsaan Amerika Serikat yang masuk dalam daftar ini ialah Jaden Springer. Ia bermain untuk Philadelphia 76ers. Springer lahir di Charlotte, North Carolina, pada 25 September 2002. Usianya 19 tahun.

Dibandingkan nama-nama lainnya, performa dan penampilan Springer justru menjadi yang paling buruk. Pemain yang dipilih di urutan ke-28 ini baru memainkan satu laga saja bersama Sixers tanpa mencetak poin, assist, maupun rebound. Saat ini, ia lebih sering bermain di G League bersama Delaware Blue Coats.

5. Alperen Sengun

Josh Giddey dan Deretan Pebasket Termuda di NBA 2021/2022Alperen Sengun (nba.com)

Sama seperti Josh Giddey, Alperen Sengun juga menjadi pemain termuda yang masuk ke dalam kandidat kuat pemenang NBA Rookie of the Year. Pemain berkebangsaan Turki ini lahir pada 25 Juli 2002. Usianya 19 tahun. Saat ini, bermain untuk Houston Rockets.

Sebelum bermain di NBA, Sengun sempat bermain di Turki selama 3 musim bersama Bandirma Kirmizi, Teksut Bandirma, dan Besiktas. Hebatnya, musim lalu, pada umurnya yang kala itu baru 18 tahun, Sengun memenangi penghargaan Turkish League MVP 2021.

Walaupun masih terhitung minim pengalaman, tetapi para pemain ini bisa menjadi pembeda bagi NBA yang diisi oleh banyak pemain senior. Mampukah nama-nama di atas berprestasi pada masa depan?

Baca Juga: Kisah Tragis di Balik Kesuksesan Shaun Livingston di NBA

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya