Comscore Tracker

5 Pebasket Afrika Terbaik yang Pernah Bermain di NBA 

Bakat-bakat hebat asal Benua Hitam

Walaupun NBA sangat identik dengan Amerika Serikat, namun pebasket luar Amerika Serikat juga memiliki kesempatan yang sama untuk berkarier di kompetisi ini. Para pebasket asal Eropa, Amerika Selatan dan Afrika adalah beberapa wilayah yang menjadi penyumbang terbanyak pemain yang berlaga di NBA, selain Amerika Serikat.

Terutama untuk para pebasket Afrika yang terkenal dengan posturnya yang tinggi besar dan banyak bermain di posisi frontcourts, seperti center dan power forward. Lantas siapa sajakah pebasket asal Afrika terbaik yang pernah bermain di sepanjang sejarah NBA. Berikut kami sajikan daftar lima pebasket Afrika terbaik yang pernah bermain di NBA. Check this out!

1. Hakeem Olajuwon

5 Pebasket Afrika Terbaik yang Pernah Bermain di NBA rocketswire.usatoday.com

Tidak diragukan lagi jika seorang Hakeem Olajuwon merupakan salah satu pebasket terbaik yang pernah bermain di NBA. Olajuwon yang berasal dari Nigeria, pertama kali datang ke Amerika Serikat di tahun 1981 untuk bergabung dengan tim bola basket Houston Cougar. Selepas lulus dari universitas, Hakeem mengikuti NBA Draft 1984 dan di-draft di urutan pertama oleh Houston Rockets.

Bersama Houston Rockets, Olajuwon berhasil membawa  membawa tim asal Texas ini ke masa kejayaannya dengan memberikan 2 gelar juara NBA di tahun 1994 dan 1995 selama kurun waktu 17 tahun. Tidak hanya membawa kejayaan bagi timnya, Olajuwon juga berhasil menorehkan prestasi individu bagi dirinya, dengan berhasil menyabet gelar MVP di tahun 1994 dan menjadi peringkat pertama NBA All-time Blocks Leaders hingga saat ini.

Akhirnya di tahun 2002, Hakeem Olajuwon memutuskan untuk pensiun sebagai pemain. Karena jasa besarnya untuk Houston Rockets, nomor punggung 34 milik Olajuwon kala bermain di Houston Rockets akhirnya dipensiunkan.  

2. Dikembe Mutombo

5 Pebasket Afrika Terbaik yang Pernah Bermain di NBA dawsonwineadvisor.com

Peringkat dua NBA All-time Blocks Leaders, Dikembe Mutombo merupakan center yang berasal dari Republik Demokratik Kongo. Selama 18 tahun bermain di NBA, total ada 6 tim yang pernah dibela oleh Mutombo. Denver Nuggets dan Atlanta Hawks menjadi tim yang terlama yang Ia bela.

Banyak sekali gelar individu yang berhasil Mutombo raih selama bermain di NBA, termasuk 8 kali partisipasinya sebagai bagian dari tim NBA Allstar Game. Mutombo pensiun di tahun 2009 bersama Houston Rockets. Dan nomor punggung 55 yang biasa Ia kenakan, akhirnya dipensiunkan oleh dua mantan timnya yakni, Denver Nuggets dan Atlanta Hawks.

Baca Juga: 5 Pasang Pebasket Kembar yang Pernah Bermain di NBA

3. Joel Embiid

5 Pebasket Afrika Terbaik yang Pernah Bermain di NBA inquirer.com

Joel Embiid merupakan pebasket asal Kamerun yang kini menjadi andalan dari Philadelphia 76ers. Embiid datang ke Amerika Serikat sejak SMA sebelum akhirnya bergabung dengan  Kansas Jayhawks di tim universitas.

Di NBA Draft tahun 2014, Embiid di-draft di urutan kedua oleh Philadelphia 76ers. Namun awal karirnya di NBA sempat terganggu, karena Embiid mengalami cedera panjang yang membuat dirinya baru memulai musim pertamanya di tahun 2016. Meskipun demikian, Embiid tetap menunjukkan kemampuan hebatnya sebagai center yang serba bisa.

Total 3 dari 5 kali kesempatan gelaran Allstar Game sudah Ia ikuti sepanjang karirnya. Kini Embiid sedang berfokus membawa timnya, Philadelphia 76ers untuk masuk babak playoff NBA musim 2020/2021.

4. Pascal Siakam

5 Pebasket Afrika Terbaik yang Pernah Bermain di NBA sportsnet.ca

Selain Joel Embiid, pemain bintang Toronto Raptors, Pascal Siakam juga merupakan pebasket NBA yang berasal dari Kamerun. Siakam di-draft di urutan 27 oleh Toronto Raptors di NBA Draft tahun 2016. Setelah didraft Raptors, Siakam tidak langsung bermain di tim utama, namun dia harus bermain di G-League terlebih dahulu di tahun pertamanya karena kalah saing.

Dengan semangatnya yang hebat, Siakam berhasil kembali ke roster utama tim Toronto Raptors dan berhasil membawa tim asal Kanada ini juara NBA di tahun 2019. Kini Pascal Siakam telah menjadi salah satu pemain andalan di Toronto Raptors, selepas kepergian Kawhi Leonard yang pindah ke LA Clippers di tahun 2020.

5. Serge Ibaka

5 Pebasket Afrika Terbaik yang Pernah Bermain di NBA bleacherreport.com

Rekan satu tim Kawhi Leonard di LA Clippers, Serge Ibaka, juga menjadi salah satu pebasket asal Afrika terbaik yang pernah bermain di NBA. Serge Ibaka lahir di kota Brazzaville, Republik Demokratik Kongo pada tahun 1989. Namun di umur 9 tahun, Ibaka bersama keluarganya pindah ke Spanyol saat Perang Kongo Kedua berkecamuk di tahun 1998. Hal tersebutlah yang mengakibatkan Serge Ibaka juga mempunyai kewarganegaraan Spanyol dan juga membela timnas basket Spanyol.

Selama karirnya di NBA, Serge Ibaka sudah berhasil menjadi juara sebanyak satu kali bersama Toronto Raptors di tahun 2019. Selain itu, Ibaka juga berhasil meraih gelar NBA Blocks Leaders dua tahun berturut-turut yakni, di tahun 2012 dan 2013.

Tidak sampai di situ, Ibaka juga termasuk kedalam jajaran NBA All-time Block Leaders di urutan 26 hingga saat ini. Dan kemungkinan posisi Ibaka akan terus meningkat seiring karirnya di NBA yang masih aktif dan masih berada di umur yang produktif.

Semoga saja ke depannya akan lebih banyak bakat-bakat hebat yang lahir dari benua satu ini. Bagaimana menurutmu? Adakah pemain favoritmu?

Baca Juga: NBA: LeBron James Sandingkan Trio Nets dengan Trio Warriors 

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya