5 Pebasket NBA yang Dipanggil Timnas Spanyol untuk FIBA World Cup 2023

Pemain NBA selalu ada di tim langganan juara!

Meski performanya di klub tak menonjol, pebasket Spanyol yang bermain di NBA tetap jadi pemain penting kala bermain di tim nasional. Mereka selalu dibutuhkan sebagai kekuatan utama tim. Terkadang, pemain-pemain NBA ini menjadi kunci, bahkan pahlawan bagi Negeri Matador.

Untuk FIBA World Cup 2023 mendatang, Sergio Scariolo (pelatih Spanyol) membawa lima pemain NBA ke skuad Spanyol. Siapa sajakah pemain tersebut dan bagaimana perannya di tim nasional? Berikut inilah jawabannya. 

1. Santi Aldama

5 Pebasket NBA yang Dipanggil Timnas Spanyol untuk FIBA World Cup 2023Santi Aldama (nba.com)

Santi Aldama menjadi satu-satunya pebasket Spanyol yang mengalami peningkatan performa signifikan selama musim 2022/2023. Permainannya cukup hebat bersama Memphis Grizzlies hingga mencapai babak playoff. Meski perannya hanya sebagai pemain pelapis, Aldama membuktikan bahwa dirinya adalah seorang pemain berharga.

Santi Aldama merupakan seorang power forward. Namun, bersama Timnas Spanyol nanti, Aldama tampaknya akan lebih sering berperan sebagai center. Ia akan ditempatkan sebagai pelapis dari Willy Hernangomez.

2. Usman Garuba

5 Pebasket NBA yang Dipanggil Timnas Spanyol untuk FIBA World Cup 2023Usman Garuba (fiba.basketball)

Sama seperti Santi Aldama, Usman Garuba pun merupakan seorang power forward muda yang menjadi masa depan Timnas Spanyol. Jika dibandingkan, Garuba sebetulnya lebih bersinar ketimbang Aldama ketika bermain di timnas. Oleh karena itu, Garuba selalu menjadi langganan untuk posisi power forward.

Akan tetapi, kiprah Garuba bersama Houston Rockets tak terlalu bagus musim lalu. Garuba hanya mencatat rata-rata 3 poin, 4,1 rebound, dan 0,9 assist dari 75 laga yang ia mainkan. Tak heran Rockets menukarnya ke Atlanta Hawks. Namun, per Senin (10/7/2023), hak milik Garuba ada di Oklahoma City Thunder.

Baca Juga: Hoops Indonesia Rilis Merchandise FIBA World Cup 2023, Buatan Lokal!

3. Ricky Rubio

5 Pebasket NBA yang Dipanggil Timnas Spanyol untuk FIBA World Cup 2023Ricky Rubio (nba.com)

Dari tahun ke tahun, Ricky Rubio selalu hadir sebagai playmaker utama Timnas Spanyol. Ia hanya absen kala mengalami cedera, seperti saat terjadi di gelaran EuroBasket 2022. Kali ini, ia siap memimpin negaranya di posisi point guard.

Ricky Rubio adalah pemain yang sangat gemilang dan terkenal cerdas. Sejak berkarier di NBA pada 2011, Rubio selalu tampil elegan dari satu tim ke tim lain. Pada musim 2022/2023 lalu, Rubio bermain untuk Cleveland Cavaliers.

4. Willy Hernangomez

5 Pebasket NBA yang Dipanggil Timnas Spanyol untuk FIBA World Cup 2023Willy Hernangomez tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Penampilan Willy Hernangomez bersama New Orlenas Pelicans disebut kurang memuaskan pada musim ini. Willy hanya hadir sebagai pelapis di posisi center di tim asal Louisiana ini. Namun, penampilan kurang memuaskan tersebut sepertinya akan hilang kala Willy bermain di Timnas Spanyol.

Pemain berusia 29 tahun ini merupakan center utama di negaranya. Bahkan, pada EuroBasket 2022 lalu, Willy menunjukkan kelasnya dengan menyabet gelar EuroBasket MVP 2022. Hal itulah yang ingin Willy ulang ketika bermain di FIBA World Cup 2023.

5. Juan Hernangomez

5 Pebasket NBA yang Dipanggil Timnas Spanyol untuk FIBA World Cup 2023Juan Hernangomez tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Meski gagal menampilkan permainan terbaik bersama Toronto Raptors musim ini, Juancho Hernangomez tetap menjadi pemain penting di negaranya. Bersama sang kakak, Willy Hernangomez, Juan selalu membuat frontcourt Timnas Spanyol tampak aman. Willy dan Juan dipandang sebagai regenerasi dari Paul Gasol dan Marc Gasol di Timnas Spanyol.

Kombinasi Willy dan Juan terbukti kala Spanyol menjadi EuroBasket 2022. Dengan memanggil Juan ke skuad Spanyol untuk FIBA World Cup 2023, Sergio Scariolo berharap jika kesuksesan Spanyol di EuroBasket 2022 bisa terulang di FIBA World Cup 2023. Kehadiran Juan Hernangomez di turnamen ini layak dinantikan.

 

Timnas Spanyol merupakan salah satu negara unggulan yang akan tampil di FIBA World Cup 2023 mendatang. Mereka merupakan tim langganan juara yang layak untuk disaksikan. Kiprah Spanyol di grup G bersama Pantai Gading, Brasil, dan Iran, bisa ditonton secara langsung oleh penggemar bola basket Tanah Air. Pasalnya, pertandingan grup G FIBA World Cup 2023 nanti akan digelar di Indonesia.

Baca Juga: 10 Fakta Juan Hernangomez, Pebasket yang Jadi Tokoh Utama Film Hustle

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya