12 Pebasket yang Dibawa Timnas Amerika Serikat ke FIBA World Cup 2023

Rata-rata pemain muda

Timnas Amerika Serikat di bawah asuhan Steve Kerr telah merilis 12 nama yang akan berlaga di FIBA World Cup 2023. Nama-nama ini lebih banyak diisi pemain-pemain debutan. Sebab, kebanyakan pemain senior menolak untuk berlaga di FIBA World Cup dan lebih memilih fokus untuk NBA 2023/2024.

Kendati demikian, Amerika Serikat selalu ditakuti dan menjadi unggulan juara di tiap turnamen bola basket. Dua belas pemain ini pun diisi sejumlah nama potensial yang siap menggebrak dunia. Siapa sajakah pebasket yang dibawa Timnas Amerika Serikat ke FIBA World Cup 2023?

1. Jalen Brunson

12 Pebasket yang Dibawa Timnas Amerika Serikat ke FIBA World Cup 2023Jalen Brunson (nba.com)

Jalen Brunson baru bersinar dalam 2 musim terakhir (2021--2023). Bahkan, pada 2022/2023 bersama New York Knicks, ia masuk ke dalam kandidat NBA Most Improved Player. Oleh karena itu, Steve Kerr ingin membawa Brunson sebagai salah satu point guard ke FIBA World Cup 2023.

2. Tyrese Haliburton

12 Pebasket yang Dibawa Timnas Amerika Serikat ke FIBA World Cup 2023Tyrese Haliburton (nba.com)

Permainan Tyrese Haliburton selama 3 tahun (2020--2023) di NBA memang mengesankan. Ia selalu hadir sebagai salah satu pemain penting, terutama di posisi point guard. Haliburton merupakan pemain serbabisa dan anggota NBA All-Star 2023. Kehadiran pemain Indiana Pacers ini tentu akan memberikan dampak besar bagi Timnas Amerika Serikat.

3.  Anthony Edwards

12 Pebasket yang Dibawa Timnas Amerika Serikat ke FIBA World Cup 2023Anthony Edwards (nba.com)

Pick pertama pada NBA Draft 2020, Anthony Edwards, akan menghuni salah satu tempat di posisi shooting guard. Ia merupakan sosok pemain eksplosif yang permainannya sangat menghibur. Pemain Minnesota Timberwolves ini sangat layak menjadi pemain inti Amerika Serikat di FIBA World Cup 2023.

4. Austin Reaves

12 Pebasket yang Dibawa Timnas Amerika Serikat ke FIBA World Cup 2023Austin Reaves (nba.com)

Sebelum mendapatkan panggilan dari Timnas Amerika Serikat, Austin Reaves sebetulnya akan membela Timnas Jerman. Namun, permainannya bersama Los Angeles Lakers pada 2022/2023 lalu berhasil menarik minat Steve Kerr. Reaves dianggap opsi yang bagus untuk posisi shooting guard.

5. Josh Hart

12 Pebasket yang Dibawa Timnas Amerika Serikat ke FIBA World Cup 2023Josh Hart (nba.com)

Untuk menambah opsi penembak jarak jauh yang ampuh, Steve Kerr membawa Josh Hart. Pemain yang kini bermain untuk New York Knicks ini memiliki presentasi di atas 50 persen untuk tembakan 3 poin. Hal itu jelas sangat gemilang bagi pemain versatile seperti Josh Hart. Apalagi ia juga pandai bertahan di area perimeter.

6.  Brandon Ingram

12 Pebasket yang Dibawa Timnas Amerika Serikat ke FIBA World Cup 2023Brandon Ingram (nba.com)

Pada Olimpiade 2020, Brandon Ingram hampir membela Timnas Amerika Serikat. Namun, ia dicoret Gregg Popovich untuk 12 nama terakhir. Oleh karena itu, Ingram kembali ke Timnas Amerika Serikat untuk bermain di FIBA World Cup. Pemain New Orleans Pelicans ini diprediksi akan menjadi pemain kunci Negeri Paman Sam nanti.

Baca Juga: 4 Pemain NBA yang Dipanggil Timnas Prancis untuk FIBA World Cup 2023

7.  Mikal Bridges

12 Pebasket yang Dibawa Timnas Amerika Serikat ke FIBA World Cup 2023Mikal Bridges (nba.com)

Mikal Bridges memang sangat layak dibawa ke FIBA World Cup 2023. Penampilannya setelah pindah ke Brooklyn Nets berhasil menarik perhatian banyak pihak. Sebab, ia menjelma sebagai salah satu pemain terbaik di NBA, terutama untuk posisi small forward.

8. Cameron Johnson

12 Pebasket yang Dibawa Timnas Amerika Serikat ke FIBA World Cup 2023Cameron Johnson (nba.com)

Selain Mikal Bridges, Cameron Johnson juga dibawa Steve Kerr dari Brooklyn Nets. Johnson menarik perhatian saat pindah ke Brooklyn. Torehan statistiknya kala itu meningkat pesat. Namun, pada FIBA World Cup 2023 nanti, Johnson tampaknya harus bekerja keras untuk mendapatkan tempat utama.

9. Paolo Banchero

12 Pebasket yang Dibawa Timnas Amerika Serikat ke FIBA World Cup 2023Paolo Banchero (nba.com)

Paolo Banchero akhirnya memutuskan untuk membela Timnas Amerika Serikat di kancah internasional. Padahal, awalnya ia digadang-gadang akan membela Timnas Italia. Namun, tawaran dari Steve Kerr untuk membela tanah kelahiran memang sulit ditolak bintang muda Orlando Magic ini. Banchero sendiri merupakan Rookie of the Year 2023. Ia baru membangun kariernya di NBA.

10. Bobby Portis

12 Pebasket yang Dibawa Timnas Amerika Serikat ke FIBA World Cup 2023Bobby Portis (nba.com)

Bobby Portis telah berkomitmen untuk membela Timnas Amerika Serikat. FIBA World Cup 2023 akhirnya menjadi turnamen pertama sang pemain bersama tim senior Amerika Serikat. Permainan gemilangnya di Milwaukee Bucks adalah harapan besar yang diinginkan Steve Kerr di FIBA World Cup nanti.

11. Jaren Jackson Jr

12 Pebasket yang Dibawa Timnas Amerika Serikat ke FIBA World Cup 2023Jaren Jackson Jr (nba.com)

Steve Kerr juga memikirkan opsi untuk bermain bertahan. Oleh karena itu, Timnas Amerika Serikat membawa Jaren Jackson Jr, pemain yang menjadi pemenang NBA Defensive Player of the Year 2023. Selain karena kemampuannya dalam bertahan, permainan Jackson Jr memang sangat mentereng bersama Memphis Grizzlies.

12. Walker Kessler

12 Pebasket yang Dibawa Timnas Amerika Serikat ke FIBA World Cup 2023Walker Kessler (nba.com)

Selain Jaren Jackson Jr, Steve Kerr juga membawa Walker Kessler sebagai opsi center yang hebat dalam bertahan. Pemain muda Utah Jazz ini cukup gemilang pada musim pertamanya di NBA 2022/2023. Bermain di FIBA World Cup 2023 bisa menjadi pengalaman besar bagi Kessler.

Dua belas pemain di atas memang bukan yang terbaik di NBA. Namun, mereka akan cukup menakutkan dan bisa diandalkan untuk membawa trofi FIBA World Cup 2023 ke Negeri Paman Sam. Lantas, apa komentarmu tentang roster Timnas Amerika Serikat di FIBA World Cup 2023 ini? 

Baca Juga: 5 Pebasket NBA yang Dipanggil Timnas Spanyol untuk FIBA World Cup 2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya