5 Pemain yang Pindah dari EuroLeague ke NBA pada Musim Panas 2023

Impor eks pemain EuroLeague ke NBA masih berjalan!

Jeda awal musim NBA selalu menjadi momen terbaik bagi para tim NBA untuk memperbaiki skuadnya. Oleh karena itu, mereka mendatangkan beberapa pemain baru melalui draft pick, serangkaian trade, dan mendatangkan pemain free agent. Tak hanya pemain dari sesama tim NBA, mereka pun kerap mendatangkan pebasket dari liga lain.

Salah satunya dari tim yang berlaga di EuroLeague. Pada jeda transfer musim panas 2023 ini, terdapat sejumlah pemain yang direkrut tim NBA dari EuroLeague. Siapa sajakah mereka dan bagaimana prospeknya? Berikut ini ulasannya.

1. James Nnaji

5 Pemain yang Pindah dari EuroLeague ke NBA pada Musim Panas 2023James Nnaji (euroleaguebasketball.net)

James Nnaji lebih memilih untuk berkarier di Eropa bersama FC Barcelona terlebih dahulu ketimbang bermain di tim universitas yang berlaga di NCAA. Padahal, center asal Nigeria ini memiliki kesempatan untuk masuk NBA lewat jalur tersebut. Kendati demikian, Nnaji tetap bisa berkarier di NBA.

Pada NBA Draft 2023, Nnaji terpilih di urutan ke-31 oleh Detroit PIstons. Melalui serangkaian trade, ia pun mendapatkan kontrak dari Charlotte Hornets. Jika bisa memenuhi ekspektasi, Nnaji bisa bertahan lama di NBA atau bahkan menjadi pemain bintang.

2. Tristan Vukcevic

5 Pemain yang Pindah dari EuroLeague ke NBA pada Musim Panas 2023Tristan Vukcevic (euroleaguebasketball.net)

Sama seperti James Nnaji, Tristan Vukcevic pun masuk ke NBA lewat jalur NBA Draft. Ia terpilih di urutan ke-42 oleh Washington Wizards, tim NBA yang akhirnya mengontrak Vukcevic. Pilihan Wizards terhadap Vukcevic tampaknya sudah cukup tepat.

Pasalnya, Vukcevic merupakan seorang bigman yang mampu mencetak banyak angka. Hal tersebut cukup terlihat kala ia berlaga di NBA Draft Combine. Namun, saat bermain di EuroLeague bersama Partizan Belgrade pada musim terakhirnya, Vukcevic tak begitu menonjol.

Baca Juga: 5 Pemain NBA yang Masuk All-NBA Second Team 2023, Ada Curry!

3. Sasha Vezenkov

5 Pemain yang Pindah dari EuroLeague ke NBA pada Musim Panas 2023Sasha Vezenkov (euroleaguebasketball.net)

Aleksandar Vezenkov alias memang menarik perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Pemain yang berposisi sebagai power forward ini hadir sebagai tulang punggung bagi Olympiacos Pireus dan Timnas Bulgaria. Pada akhirnya, ia pun mendapatkan EuroLeague MVP 2023.

Sebagai tim NBA yang memiliki hak untuk mengontrak Vezenkov, Sacramento Kings jelas sangat diuntungkan. Mereka pun tak menyia-nyiakan kesempatan ini. Oleh karena itu, kontrak sebesar 20 juta Dollar AS (Rp302 miliar) untuk 3 tahun, akhirnya dilayangkan oleh tim asal California tersebut.

4. Vasilije Micic

5 Pemain yang Pindah dari EuroLeague ke NBA pada Musim Panas 2023Vasilije Micic tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Butuh waktu 9 tahun (2014--2023) untuk Vasilije Micic mencicipi NBA. Penampilan Micic akhirnya menarik minat Oklahoma City Thunder untuk mengontraknya selama 3 tahun. Guard asal Serbia ini mendapatkan gaji sebesar 23,5 juta (Rp347 miliar) Dollar AS untuk kontraknya itu.

Micic sendiri memang tampil gemilang bersama Anadolu Efes dalam 5 tahun terakhir (2018--2023). Ia berhasil meraih beberapa gelar individu, termasuk EuroLeague MVP (2021) dan 2 kali juara EuroLeague (2021 dan 2022). Saat bermain di NBA nanti, Micic diprediksi bisa bersinar bersama Thunder.

5. Dante Exum

5 Pemain yang Pindah dari EuroLeague ke NBA pada Musim Panas 2023Dante Exum (nba.com)

Dante Exum berhasil kembali lagi ke NBA setelah menarik perhatian Dallas Mavericks. Point guard asal Australia ini mendapatkan kontrak setahun dari tim asal Texas tersebut. Kembalinya Exum ke NBA merupakan kerja keras Exum selama 3 tahun (2020--2023) bermain di EuroLeague bersama FC Barcelona dan Partizan Belgrade.

Sebelum bermain di EuroLeague, Exum pernah bermain di NBA setelah dipilih di urutan kelima pada NBA 2014. Sayangnya, karier Exum bersama Utah Jazz dan Cleveland Cavaliers kala itu tak berjalan baik. Ia tampil kurang konsisten dan mengalami penurunan performa akibat cedera panjang. Beruntung baginya, EuroLeague bisa mengembalikan performanya.

 

Pada NBA Draft 2023, Tarik Biberovic yang terakhir kali bermain bersama Fenerbahce Beko pun terpilih di urutan ke-56. Pemain asal Bosnia & Herzegovina itu memiliki kesempatan untuk bermain di NBA. Namun, Memphis Grizzlies lebih suka untuk melihat perkembangan Biberovic dahulu di Eropa. Sedangkan untuk Victor Wembanyama dan Bilal Coulibaly, keduanya terakhir kali bermain di Mets 92, tim yang tak berlaga di EuroLeague 2022/2023.

Baca Juga: 4 Pemenang EuroLeague Best Defender yang Pernah Bermain di NBA

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya