7 Pemain Eropa yang Terpilih pada NBA Draft 2023, Prancis Mendominasi

Beberapa belum mendapatkan kepastian kontrak

Pebasket asal Eropa tak hanya menjadi pelengkap di tim NBA. Pada masa modern ini, pebasket asal Eropa cukup membanjiri dan mendominasi NBA dengan bakat yang luar biasa. Giannis Antetokounmpo, Domantas Sabonis, Luka Doncic, Rudy Gobert, Lauri Markkanen, dan Nikola Jokic menjadi beberapa pebasket Eropa yang mampu bersinar.

Pada NBA Draft 2023 yang digelar pada Jumat (23/6/2023), pebasket asal Eropa datang dengan jumlah yang tak sedikit. Dari 58 pick yang tersedia, 7 di antaranya diisi oleh pemain asal Eropa. Bahkan, pick pertama pada NBA Draft 2023 berasal dari Benua Biru.

Lalu, siapa sajakah tujuh pemain Eropa yang terpilih pada NBA Draft 2023? Berikut inilah daftar dan ulasannya.

1. Victor Wembanyama

7 Pemain Eropa yang Terpilih pada NBA Draft 2023, Prancis MendominasiVictor Wembanyama (nba.com)

Pick pertama pada NBA Draft 2023 jatuh kepada Victor Wembanyama dari Prancis. Pemain yang berposisi sebagai center ini merupakan pebasket serbabisa yang terbilang komplet. Wembanyama memiliki kemampuan hebat, baik dalam menyerang maupun bertahan. Meski memiliki tinggi 226 cm, Wembanyama terbukti hebat dalam mencetak tiga angka. Tak heran San Antonio Spurs mengambil mantan pemain Metropolitans 92 ini sebagai first pick.

2. Bilal Coulibaly

7 Pemain Eropa yang Terpilih pada NBA Draft 2023, Prancis MendominasiAdam Silver dan Bilal Coulibaly (nba.com)

Mantan rekan setim Victor Wembanyama di Metropolitans 92, Bilal Coulibaly, juga masuk dalam pick teratas. Small forward berkebangsaan Prancis ini terpilih di urutan ketujuh oleh Indiana Pacers. Akan tetapi, ia ditukar ke Washington Wizards, persis saat NBA Draft 2023 berjalan. Bilal Coulibaly sendiri memiliki atribut yang cukup menonjol dari segi bertahan dan dribel yang mantap.

3.Tristan Vukcevic

7 Pemain Eropa yang Terpilih pada NBA Draft 2023, Prancis MendominasiTristan Vukcevic (euroleaguebasketball.net)

Tristan Vukcevic merupakan power forward berkebangsaan Serbia yang memiliki pengalaman bermain di EuroLeague. Vukcevic pernah bermain di Real Madrid Baloncesto dan Partizan Belgrade sebelum terpilih di urutan ke-42 oleh Washington Wizards pada NBA Draft 2023. Dari segi permainan, sosok Vukcevic merupakan bigman yang solid dalam menyerang dan kuat dalam melakukan rebound.

Baca Juga: Rapor 5 NBA Draft Pick Tertinggi Atlanta Hawks pada 2022/2023

4. Rayan Rupert

7 Pemain Eropa yang Terpilih pada NBA Draft 2023, Prancis MendominasiRayan Rupert (nba.com)

Cukup banyak pebasket asal Prancis yang terpilih pada NBA Draft 2023. Dari sekian nama, Rayan Rupert yang terakhir kali bermain di New Zealand Breaker terpilih di urutan ke-43 oleh Portland Trail Blazers. Namun sayang, Rayan Rupert belum tentu mendapatkan kontrak profesional di NBA. Kemampuannya sebagai seorang shooting guard akan dibuktikan terlebih dahulu pada ajang Summer League.

5. Sidy Cissoko

7 Pemain Eropa yang Terpilih pada NBA Draft 2023, Prancis MendominasiSidy Cissoko (ignite.gleague.nba.com)

Pemain asal Prancis lain yang terpilih pada NBA Draft 2023 adalah Sidy Cissoko, guard yang terakhir bermain untuk G-League Ignite. Sama seperti Rayan Rupert, Cissoko pun belum mendapatkan kontrak profesional dari San Antonio Spurs, tim yang memilihnya di urutan ke-44. Bicara soal prospek, Cissoko dinilai sebagai pemain yang kreatif dalam memberi umpan dan mencetak tembakan jarak jauh.

6. Toumani Camara

7 Pemain Eropa yang Terpilih pada NBA Draft 2023, Prancis MendominasiToumani Camara (nba.com)

Toumani Camara adalah forward berkebangsaan Belgia yang terpilih di urutan ke-52 oleh Phoenix Suns. Ia pun belum mendapatkan kontrak profesional dari tim asal Arizona tersebut. Sebelum berkarier di NBA, Camara merupakan bagian dari tim kampus, Dayton Flyers. Toumani Camara sendiri dikenal cukup solid dan dominan di bawah rim.

7.Tarik Biberovic

7 Pemain Eropa yang Terpilih pada NBA Draft 2023, Prancis MendominasiTarik Biberovic (euroleaguebasketball.net)

Pemain Eropa terakhir yang terpilih pada NBA Draft 2023 adalah Tarik Biberovic. Small forward asal Bosnia & Herzegovina ini terpilih di urutan ke-56 oleh Memphis Grizzlies. Namun, ia tak akan langsung bermain di NBA karena masih terikat kontrak dengan Fenerbahce Beko. Biberovic sendiri memiliki keunggulan dalam menembak.

 

Pemain-pemain asal Eropa ini tentu diharapkan bisa berkarier lama dan cemerlang di NBA. Namun, 4 dari 7 pemain Eropa dalam daftar ini belum mendapatkan kontrak profesional. Semoga saja mereka bisa mencicipi bermain di kompetisi bola basket yang dianggap sebagai yang terbaik di dunia ini.

Baca Juga: 6 Draft Pick Pertama pada NBA Draft 2023, Victor Wembanyama Teratas!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya