4 Pemain NBA yang Dipanggil Timnas Prancis untuk FIBA World Cup 2023

Beberapa pemain muda tak dipanggil

Per Minggu (9/7/2023), hanya Timnas Prancis, Timnas Spanyol, dan Timnas Amerika Serikat yang telah mengirim skuad final yang terdiri dari 12 nama untuk berlaga di FIBA World Cup 2023. Sedangkan, tim lain masih menyeleksi pemain dengan jumlah yang lebih dari 12 pemain. Bahkan, beberapa di antaranya belum sama sekali merilis nama yang akan tampil di turnamen ini.

Timnas Prancis sendiri menghadirkan nama-nama lama yang didominasi pemain senior. Itu termasuk empat pemain yang berlaga di NBA. Siapa sajakah keempat pemain yang dimaksud? Berikut pemain NBA yang dipanggil Timnas Prancis untuk FIBA World Cup 2023.

1. Nicolas Batum

4 Pemain NBA yang Dipanggil Timnas Prancis untuk FIBA World Cup 2023Nicolas Batum (nba.com)

Nicolas Batum merupakan pemain paling senior di Timnas Prancis saat ini. Pemain yang pada 2022/2023 lalu bermain untuk Los Angeles Clippers ini kembali membela negaranya di turnamen besar. Pasalnya, pemain keturunan Kamerun ini sempat absen pada EuroBasket 2022 lalu.

Meski rata-rata statistiknya menurun selama beberapa musim terakhir, Batum tetap dibutuhkan Vincent Collet, pelatih Timnas Prancis. Kebetulan ia merupakan salah satu pemain penting yang mampu meningkat performa dan kepercayaan diri tim. Selain itu, Batum juga terbilang versatile. Ia bisa bermain apik untuk posisi shooting guard, small forward, dan power forward.

2. Rudy Gobert

4 Pemain NBA yang Dipanggil Timnas Prancis untuk FIBA World Cup 2023Rudy Gobert tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Sama seperti Nicolas Batum, performa Rudy Gobert di Minnesota Timberwolves pun menurun pada 2022/2023. Penurunannya terjadi karena adaptasi yang masih ia lakukan di tim barunya tersebut. Permainannya itu masih di bawah performa apiknya kala bermain untuk Utah Jazz (2013--2022).

Kendati demikian, kehadiran Gobert masih sangat penting untuk Timnas Prancis. Ia menjadi kekuatan utama mereka di posisi center dengan kemampuan luar biasanya dalam bertahan dan dominasi di bawah rimDi skuad Prancis di FIBA World Cup 2023 nanti, Gobert mesti bersaing dengan Moustapha Fall dan Matthias Lessort untuk mendapatkan tempat utama di posisinya.

Baca Juga: 5 Pebasket NBA yang Dipanggil Timnas Spanyol untuk FIBA World Cup 2023

3. Evan Fournier

4 Pemain NBA yang Dipanggil Timnas Prancis untuk FIBA World Cup 2023Evan Fournier tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Bersama Nicolas Batum dan Rudy Gobert, Evan Fournier kerap hadir sebagai kekuatan utama. Di luar performanya, pemain keturunan Aljazair ini memiliki peran penting sebagai wakil kapten di bawah Nicolas Batum. Kehadirannya tentu memberikan semangat bagi rekan setimnya yang lain.

Serupa dengan dua pemain sebelumnya, penampilan Fournier pun menurun, bahkan layak dikatakan sangat merosot. Pada 2021/2022, ia mampu mencetak rata-rata 14,1 poin, 2,6 rebound, dan 2,1 assist per laga untuk New York Knicks. Namun, pada musim ini, Fournier hanya mampu mencatat rata-rata 6,1 poin, 1,8 rebound, dan 1,3 assist per laga untuk tim yang sama. Penampilan buruknya itu juga dipengaruhi cedera yang ia derita.

4. Frank Ntilikina

4 Pemain NBA yang Dipanggil Timnas Prancis untuk FIBA World Cup 2023Frank Ntilikina (nba.com)

Frank Ntilikina tak begitu gemilang kala bermain di NBA. Pemain yang berposisi sebagai point guard ini hanya mencatat rata-rata 2,9 poin, 1,9 rebound, dan 1,3 assist per laga selama musim reguler 2022/2023 bersama Dallas Mavericks. Walaupun begitu, Ntilikina masih memiliki tempat di Timnas Prancis.

Untuk memperebutkan posisinya, Ntilikina harus berusaha keras. Sebab, ia akan bersaing dengan Nando de Colo yang telah biasa menjadi playmaker utama Prancis. Ntilikina mungkin akan menjadi pelapis di FIBA World Cup 2023 nanti.

Timnas Prancis kelihatannya lebih memfokuskan skuad di FIBA World Cup 2023 dengan pemain senior. Sebab, beberapa pemain muda yang berlaga di NBA tak diikutkan ke skuad FIBA World Cup 2023. Sebut saja Victor Wembanyama, Bilal Coulibaly, Killian Hayes, Olivier Sarr, Theo Maledon, Moussa Diabate, dan Ousmane Dieng.

Baca Juga: 5 Negara Unggulan yang Absen pada Gelaran FIBA World Cup 2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya