5 Pemain Terbaik yang di-Draft Miami Heat dalam 30 Tahun Terakhir

Dwayne Wade menjadi yang terbaik!

Walaupun baru berdiri pada tahun 1988, namun secara prestasi Miami Heat bisa disebut sebagai yang terbaik di NBA. Hingga sejauh ini, mereka telah mengoleksi 3 gelar juara yang mana lebih baik ketimbang Milwaukee Bucks, Washington Wizards, ataupun Atlanta Hawks yang notabene lebih tua ketimbang Miami Heat.

Masa keemasan mereka dimulai sejak tahun 2005. Ketepatan dalam melakukan trade dan draft menjadi kunci Miami Heat bisa bersinar seperti sekarang.

Dalam 30 tahun terakhir, tercatat ada 5 pemain hebat yang berhasil di-draft oleh tim asal Florida ini. Siapa sajakah mereka? Check this out!

1. Steve Smith

5 Pemain Terbaik yang di-Draft Miami Heat dalam 30 Tahun TerakhirSteve Smith (celebritynetworth.com)

Nama yang pertama ialah Steve Smith yang saat ini berprofesi sebagai announcer tim Atlanta Hawks. Pada gelaran NBA Draft tahun 1991, Steve Smith di-draft oleh Miami Heat pada urutan kelima. Sebelum berkelana ke tim NBA lain, Smith sempat membela Miami Heat selama 4 musim.

Secara statistik, Steve Smith berhasil tampil cukup baik bersama Miami Heat. Namun tidak sehebat kala Ia membela Atlanta Hawks dan juga Portland Trail Blazers. Selama berkarier di NBA, Smith pernah ikut serta dalam NBA All-Star di tahun 1998 dan juga pernah menjadi juara NBA di tahun 2003, bersama San Antonio Spurs.

Pada tahun 2005, Steve Smith bergabung kembali bersama Miami Heat, sebelum memutuskan untuk pensiun di tim yang men-draftnya tersebut.  

2. Caron Butler

5 Pemain Terbaik yang di-Draft Miami Heat dalam 30 Tahun TerakhirCaron Butler (opencourt-basketball.com)

Sama seperti Steve Smith, Caron Butler juga tidak lama membela Miami Heat. Di-draft di urutan ke-10 pada gelaran NBA Draft tahun 2002, Caron Butler hanya bermain selama dua musim dengan rataan 12,5 PPG, 5 RPG dan 1,1 APG sebagai seorang small forward.

Masuk NBA All-Rookie First Team 2003 menjadi prestasi tertinggi yang berhasil diraih Caron Butler selama berseragam Miami Heat. Namun setelah keluar dari Miami Heat di tahun 2004, Butler berhasil 2 kali masuk NBA All-Star dan juga mencicipi gelar juara NBA di tahun 2011 bersama Dallas Mavericks.

Butler pensiun di tahun 2016 bersama Sacramento Kings. Sejak tahun 2020, Butler kembali lagi membela Miami Heat, tetapi dengan status yang berbeda yakni sebagai asisten pelatih.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik yang Di-draft Golden State Warriors 30 Tahun Terakhir

3. Dwayne Wade

5 Pemain Terbaik yang di-Draft Miami Heat dalam 30 Tahun TerakhirDwayne Wade (hoopshabit.com)

Dwayne Wade bisa disebut sebagai dalang dari kesuksesan Miami Heat selama ini. Wade yang di-draft di urutan ke-5 pada NBA Draft tahun 2003 ini, terlibat langsung dalam 3 gelar juara NBA yang dimenangkan oleh Miami Heat, yakni pada tahun 2006, 2012 dan 2013.

Dari 16 tahun kariernya di NBA, Wade menghabiskan 14 tahun berkarier untuk Miami Heat. Selain torehan 3 gelar juara NBA, Wade juga berhasil meraih gelar NBA Finals MVP di tahun 2006, NBA Scoring Champion di tahun 2009 dan 13 kali ikut serta dalam NBA All-Star Game selama aktif bermain.

Berkat dedikasi besarnya terhadap Miami Heat, nomor punggung 3 yang digunakan Wade selama berkarier akhirnya dipensiunkan pada tahun 2020.

4. Bojan Bogdanovic

5 Pemain Terbaik yang di-Draft Miami Heat dalam 30 Tahun Terakhireurohoops.net

Tak banyak yang mengetahui jika pemain bintang Utah Jazz, Bojan Bogdanovic ternyata di-draft oleh Miami Heat. Pemain berkebangsaan Kroasia ini di-draft di urutan ke-31 pada gelaran NBA Draft tahun 2011, sebelum akhirnya di-trade ke Brooklyn Nets. Namun setelah di-trade, Bojan tidak langsung bermain di NBA, melainkan menghabiskan kontraknya terlebih dahulu bersama Fenerbahce Ulker di Turki.

Barulah pada tahun 2015, ia turun ke NBA dan terpilih sebagai bagian dari NBA All-Rookie Second Team di tahun yang sama. Gelar tersebutlah yang menjadi satu-satunya gelar yang baru didapatkan oleh Bojan selama berkarier di NBA.

5. Bam Adebayo

5 Pemain Terbaik yang di-Draft Miami Heat dalam 30 Tahun TerakhirBam Adebayo (newsone.com)

Saat ini, Bam Adebayo dikenal sebagai center yang hebat dan kuat dalam bertahan. Dua kali masuk NBA All-Defensive Second Team dan ikut serta dalam NBA All-Star 2020 merupakan bukti dari kehebatan pemain yang baru berusia 23 tahun ini.

Bam Adebayo yang di-draft di urutan ke-14 pada gelaran NBA Draft 2017 dianggap sebagai aset besar yang harus dipertahankan oleh Miami Heat. Karena banyak pihak yang menilai, jika Bam akan bisa memimpin Miami Heat layaknya Alonzo Mourning ataupun Dwayne Wade di masa yang akan datang.

 

Itulah 5 pemain terbaik yang di-draft oleh Miami Heat dalam 30 edisi NBA Draft terakhir. Menurutmu, apakah pemilihan draft yang jitu adalah kekuatan besar dari manajemen Miami Heat?

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik yang di-Draft LA Lakers 30 Tahun Terakhir 

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya