Comscore Tracker

5 Pemain Terbaik yang Di-draft Golden State Warriors 30 Tahun Terakhir

Deretan pemain top!

Dalam sedekade terakhir penyelenggaraan NBA, Golden State Warriors layak disematkan gelar sebagai yang terbaik. Dari 6 gelar juara NBA yang mereka miliki, 3 di antaranya mereka dapatkan dalam dekade ini.

Belum lagi dominasi mereka di setiap tahunnya yang membuat tim asal San Fransisco, California, ini begitu menakutkan. Salah satu kunci dari keberhasil Warriors terletak dari kegemilangan scouting mereka dalam memilih bakat melalui NBA Draft.

Khususnya dalam 30 tahun terakhir, mereka berhasil menemukan bakat-bakat terbaik yang menjadi legenda dan juga calon legenda dari kompetisi basket paling populer di dunia ini. Lantas siapa sajakah mereka? Berikut kami sajikan daftar 5 pemain terbaik yang di-draft Golden State Warriors dalam 30 edisi terakhir penyelenggaraan NBA Draft, check this out!

1. Vince Carter

5 Pemain Terbaik yang Di-draft Golden State Warriors 30 Tahun TerakhirVince Carter (sportsnet.ca)

Vince Carter merupakan pemain legendaris yang menghabiskan 22 tahun kariernya di NBA. Namun, dari banyaknya tim yang pernah ia bela, Vince Carter belum pernah sama sekali membela tim yang memilihnya di ajang NBA Draft, yakni Golden State Warriors.

Carter di-draft di urutan kelima pada gelaran NBA Draft tahun 1998 oleh Golden State Warriors. Namun setelah di-draft, Carter langsung di-trade ke Toronto Raptors dengan Antawn Jamison yang juga mantan rekan setimnya di North Carolina University.

Walaupun tidak pernah menjuarai NBA, Carter layak menjadi seorang legenda. 8 kali keikutsertaannya dalam NBA All-Star Game, penghargaan NBA Rookie of the Year 1999, dan juara Slam Dunk Contest tahun 2000 adalah segelintir prestasi terbaik yang pernah Carter torehkan selama berkarier di NBA.

2. Gilbert Arenas

5 Pemain Terbaik yang Di-draft Golden State Warriors 30 Tahun TerakhirGilbert Arenas (arizonaalumni.com)

Gilbert Arenas dikenal sebagai pemain yang sangat mentereng kala membela Washington Wizards. Namun, sebelum bergabung bersama Wizards, Gilbert Arenas pernah menghabiskan 2 musim kariernya bersama Golden State Warriors.

Pada gelaran NBA Draft tahun 2001, Gilbert Arenas di-draft di urutan ke-31 oleh Golden State Warriors. Selama membela Warriors, Gilbert Arenas terlihat sebagai pemain yang biasa saja. Namun, setelah ia bergabung bersama Wizards, performa dan statistiknya semakin menggila.

Bersama Wizards, Gilbert Arenas berhasil mendapatkan penghargaan NBA Most Improved Player tahun 2003 serta berhasil mengikuti NBA All-Star Game selama 3 tahun berturut-turut, yakni sejak tahun 2005 hingga 2007.

Baca Juga: 7 Pemain Undrafted Terbaik dalam 5 Edisi NBA Draft Terakhir

3. Stephen Curry 

5 Pemain Terbaik yang Di-draft Golden State Warriors 30 Tahun TerakhirStephen Curry (cbssports.com)

Tidak ada lagi penggemar NBA yang meragukan kehebatan dari Stephen Curry. Kemampuannya dalam shoot 3 points dan ball handling adalah senjata paling ampuh yang dimilikinya.

Sejak di-draft di urutan ke-7 pada NBA Draft tahun 2009, Stephen Curry telah berhasil menyumbangkan 3 gelar juara NBA dan 2 kali gelar runner-up untuk Golden State Warriors. Tidak hanya itu, secara individu, Curry telah berhasil menyabet 2 kali gelar NBA MVP serta telah menjadi langganan NBA All-Star Game sejak tahun 2014.

Belum lagi penghargaan lain seperti NBA Three Point Contest, NBA scoring leader dan NBA steal leader juga telah berhasil Ia dapatkan hingga saat ini.

4. Klay Thompson

5 Pemain Terbaik yang Di-draft Golden State Warriors 30 Tahun TerakhirKlay Thompson (warriorswire.usatoday.com)

Selain Stephen Curry, Warriors juga berhasil menemukan salah satu shooter terbaik di gelaran NBA Draft tahun 2011 dalam diri Klay Thompson. Penampilan ciamiknya kala bermain di NCAA bersama Washington State Cougars menjadi alasan scouting Golden State Warriors memilihnya.

Klay Thompson dan Stephen Curry selalu bahu membahu menjadi penyumbang poin terbanyak bagi Golden State Warriors dari luar area paint. Dengan kombinasi itulah Warriors bisa nampak sangat perkasa dalam sedekade terakhir.

Secara gelar individu, Klay Thompson sudah terlibat dalam 5 kali gelaran NBA All-Star Game serta berhasil menjadi juara NBA Three Point Contest di tahun 2016. Namun, dalam 2 tahun terakhir, Klay Thompson harus absen dari NBA karena cedera. Dari situlah Warriors mulai terlihat tidak stabil karena Stephen Curry benar-benar kehilangan tandem sejatinya.

5. Draymond Green

5 Pemain Terbaik yang Di-draft Golden State Warriors 30 Tahun TerakhirDraymond Green (businessinsider.com)

Golden State Warriors benar-benar mendapatkan steal draft dalam diri Draymond Green yang dipilih di urutan ke-35 pada gelaran NBA Draft tahun 2012. Jika Stephen Curry dan Klay Thompson adalah orang yang bertanggung jawab dalam urusan menyerang, Draymond Green merupakan orang yang bertanggung jawab dalam urusan bertahan dan rebound.

Walaupun selalu dibayang-banyangi oleh kehebatan Steph dan Klay, peran Draymond Green tidak bisa dianggap sepele. Peran terbesar Green bagi Golden State Warriors adalah kepemimpinannya dan motivasi besarnya bagi rekan-rekan setimnya

Selain deretan gelar bagi Warriors dan keikutsertaannya dalam NBA All-Star Game, Green juga dikenal sebagai defender terbaik yang ada di liga. Gelar NBA Defensive Player of the Year di tahun 2017 dan 5 kali masuk NBA All-Defensive Team menjadi bukti dari kehebatannya dalam bertahan.

 

Itulah 5 pemain terbaik yang di-draft oleh Golden State Warriors dalam 30 edisi NBA Draft terakhir. Dalam dua tahun terakhir penampilan Golden State Warriors memang jauh merosot dari sebelumnya. Menurutmu, apakah dengan adanya James Wiseman akan bisa menjadi jaminan kejayaan Warriors di masa yang akan datang?

Baca Juga: Pertama Kalinya, NBA Draft Digelar Secara Virtual

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya